Menyediakan Ruang Aman: Pelatihan Anti Bullying dan Pengelolaan Konflik untuk Siswa

Authors

  • Freddi Sarman Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi
  • Nelyahardi Nelyahardi Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi
  • Rasimin Rasimin Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jamb
  • Dinny Rahmayanty Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi
  • Affan Yusra Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31851/wdk.v7i2.16850

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menyediakan ruang aman bagi siswa melalui pelatihan anti-bullying dan pengelolaan konflik. Tujuan kegiatan ini meliputi: (1) meningkatkan kesadaran dan pemahaman siswa tentang bullying, (2) membangun keterampilan dalam mencegah serta melakukan intervensi terhadap kasus bullying, (3) mengembangkan keterampilan pengelolaan konflik di antara siswa untuk membantu mereka menyelesaikan perselisihan secara konstruktif dan tanpa kekerasan, serta (4) menciptakan ruang belajar yang mendukung, di mana setiap siswa merasa dihargai dan dihormati. Metode yang digunakan bersifat interaktif, dengan tahapan-tahapan yang meliputi survei pendahuluan, pemaparan konsep, pelatihan pengelolaan konflik, simulasi role-playing, diskusi kelompok, evaluasi dan tindak lanjut, serta pengembangan berkelanjutan. subjek kegiatan ini adalah siswa SMPN 53 kerinci. Hasil kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman siswa tentang bullying dan keterampilan mereka dalam menangani konflik, sehingga diharapkan dapat menciptakan lingkungan sekolah yang lebih harmonis dan bebas dari kekerasan.

References

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes.

Alqi, M. S., Masruroh, D. R., Malihati, F., & Alimin, M. (2022`). Pengelolaan Konflik Studi kasus Kepala Madrasah Tsanawiah Negeri 2 Jember. Jurnal Hukum Al Fuady, 01-10.

Ananta, A., & Suhardianto. (2022). Pendampingan Penanganan Perundungan di UPT SDN Negeri Y Gresik melalui Media Video dan Buku Cerita. Jurnal Abdimas PHB, 351-358.

Aulia, L. R., Kholisoh, N., Rahma, V. Z., & Rostika, D. (2024). Pentingnya Pendidikan Empati Untuk Mengurangi Kasus Bullying Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya (MORFOLOGI), 71-79.

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. W.H. Freeman.

Diener, A., Oishi, S., & Tay, L. (2018). Advances in subjective well-being research. Nature Human Behaviour, 1-30.

Ertinawati, Y., Nurjamilah, A. S., & Rachman, I. F. (2023). Inovasi Penanganan Bullying di Sekolah berbasis Aplikasi Digital di Era Society 5.0. Jurnal PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat), 693-701.

Gang, K. H., & Han, M.-R. (2015). The Effect of Cinema Therapy Program on Anger for Adolescents with School Violence Assault. Korean Journal of Local Government & Administration Studies, 177-197.

Grahari, F. O., Kusnadi, S. K., Aisyah, Y. L., & Ristanti, E. (2023). Preventif Bullying pada Anak di Sekolah Dasar Islam Darut Taqwa. Prosiding PKM-CSR (hal. 2655-3570). PKM-CSR.

Hidayat, M., Aulia, Syah, F., & Rizaldi, A. R. (2022). Edukasi Pencegahan Perundungan pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 45 Biringbalang Kabupaten Talakar. Global Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 56-64.

Khasanah, I. (2013). Program “SAHABAT” Sebagai Salah Satu Program Alternatif Penanganan Bullying Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 364-371.

Nadya, F., Malilah, E., & Wilodati. (2020). Kemampuan Resolusi Konflik Interpersonal dan Urgensinya pada Siswa. Sosietas Jurnal Pendidikan Sosiologi, 775-790.

Pardamean, A., & Uinsu 17, B.-C. (2024). Peran Guru BK dalam Mengatasi Konflik Interpersonal Siswa di Lingkungan Sekolah SMP SWASTA Eria Medan. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 1026-1034.

Sekolah Relawan (2024). Diakses pada tanggal 03 Februari 2024 dari https://sekolahrelawan.org/artikel/kasus-bullying-di-sekolah-meningkat-kpai-sebut-ada-2355-kasus-pelanggaran-perlindungan-anak-selama-2023.

Wahidin , A., & Fitriani, T. (2023). Strategi Mengelola Konflik Siswa oleh Guru BK sebagai Upaya Mengelola Manajemen Konflik di Mts S YPK Cijulang. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 589-594.

Downloads

Published

2024-10-22