Menyediakan Ruang Aman: Pelatihan Anti Bullying dan Pengelolaan Konflik untuk Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31851/wdk.v7i2.16850Abstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menyediakan ruang aman bagi siswa melalui pelatihan anti-bullying dan pengelolaan konflik. Tujuan kegiatan ini meliputi: (1) meningkatkan kesadaran dan pemahaman siswa tentang bullying, (2) membangun keterampilan dalam mencegah serta melakukan intervensi terhadap kasus bullying, (3) mengembangkan keterampilan pengelolaan konflik di antara siswa untuk membantu mereka menyelesaikan perselisihan secara konstruktif dan tanpa kekerasan, serta (4) menciptakan ruang belajar yang mendukung, di mana setiap siswa merasa dihargai dan dihormati. Metode yang digunakan bersifat interaktif, dengan tahapan-tahapan yang meliputi survei pendahuluan, pemaparan konsep, pelatihan pengelolaan konflik, simulasi role-playing, diskusi kelompok, evaluasi dan tindak lanjut, serta pengembangan berkelanjutan. subjek kegiatan ini adalah siswa SMPN 53 kerinci. Hasil kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman siswa tentang bullying dan keterampilan mereka dalam menangani konflik, sehingga diharapkan dapat menciptakan lingkungan sekolah yang lebih harmonis dan bebas dari kekerasan.
References
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes.
Alqi, M. S., Masruroh, D. R., Malihati, F., & Alimin, M. (2022`). Pengelolaan Konflik Studi kasus Kepala Madrasah Tsanawiah Negeri 2 Jember. Jurnal Hukum Al Fuady, 01-10.
Ananta, A., & Suhardianto. (2022). Pendampingan Penanganan Perundungan di UPT SDN Negeri Y Gresik melalui Media Video dan Buku Cerita. Jurnal Abdimas PHB, 351-358.
Aulia, L. R., Kholisoh, N., Rahma, V. Z., & Rostika, D. (2024). Pentingnya Pendidikan Empati Untuk Mengurangi Kasus Bullying Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya (MORFOLOGI), 71-79.
Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. W.H. Freeman.
Diener, A., Oishi, S., & Tay, L. (2018). Advances in subjective well-being research. Nature Human Behaviour, 1-30.
Ertinawati, Y., Nurjamilah, A. S., & Rachman, I. F. (2023). Inovasi Penanganan Bullying di Sekolah berbasis Aplikasi Digital di Era Society 5.0. Jurnal PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat), 693-701.
Gang, K. H., & Han, M.-R. (2015). The Effect of Cinema Therapy Program on Anger for Adolescents with School Violence Assault. Korean Journal of Local Government & Administration Studies, 177-197.
Grahari, F. O., Kusnadi, S. K., Aisyah, Y. L., & Ristanti, E. (2023). Preventif Bullying pada Anak di Sekolah Dasar Islam Darut Taqwa. Prosiding PKM-CSR (hal. 2655-3570). PKM-CSR.
Hidayat, M., Aulia, Syah, F., & Rizaldi, A. R. (2022). Edukasi Pencegahan Perundungan pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 45 Biringbalang Kabupaten Talakar. Global Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 56-64.
Khasanah, I. (2013). Program “SAHABAT” Sebagai Salah Satu Program Alternatif Penanganan Bullying Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 364-371.
Nadya, F., Malilah, E., & Wilodati. (2020). Kemampuan Resolusi Konflik Interpersonal dan Urgensinya pada Siswa. Sosietas Jurnal Pendidikan Sosiologi, 775-790.
Pardamean, A., & Uinsu 17, B.-C. (2024). Peran Guru BK dalam Mengatasi Konflik Interpersonal Siswa di Lingkungan Sekolah SMP SWASTA Eria Medan. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 1026-1034.
Sekolah Relawan (2024). Diakses pada tanggal 03 Februari 2024 dari https://sekolahrelawan.org/artikel/kasus-bullying-di-sekolah-meningkat-kpai-sebut-ada-2355-kasus-pelanggaran-perlindungan-anak-selama-2023.
Wahidin , A., & Fitriani, T. (2023). Strategi Mengelola Konflik Siswa oleh Guru BK sebagai Upaya Mengelola Manajemen Konflik di Mts S YPK Cijulang. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 589-594.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Freddi Sarman, Nelyahardi Nelyahardi, Rasimin Rasimin, Dinny Rahmayanty, Affan Yusra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works