Pelatihan Guru PAUD dalam Pembuatan Media Buku Flanel Terintegrasi Kosakata Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.31851/wdk.v7i2.16853Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi mitra. Permasalahan tersebut diantaranya TK Shalahuddin selaku mitra masih sangat jarang memberikan pembelajaran Bahasa Inggris awal bagi anak didik, dikarenakan sekolah tersebut tidak memiliki media pembelajaran yang terintegrasi Bahasa Inggris. Pembelajaran Bahasa Inggris hanya diberikan melalui kegiatan bernyanyi tanpa didukung dengan media pembelajaran atau alat peraga. Untuk mengatasi permasalahan mitra, maka tim pengabdian memberikan solusi yaitu (1) memberikan ketersediaan media pembelajaran yang terintegrasi kosakata Bahasa Inggris bagi anak usia dini berupa buku flanel, sehingga dapat dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar terutama dalam pembelajaran Bahasa Inggris awal dan (2) memberikan pelatihan pembuatan media buku flanel yang terintegrasi kosakata Bahasa Inggris kepada guru-guru di sekolah mitra. Hasil dari pelaksanaan kegiatan berupa pelatihan ini menunjukkan 100% guru-guru PAUD di sekolah mitra dapat membuat buku flanel terintegrasi kosakata Bahasa Inggris, sesuai dengan langkah-langkah yang dicontohkan oleh tim pengabdian, dan menghasilkan produk akhir berupa buku flanel terintegrasi kosakata Bahasa Inggris sama dengan contoh produk buku flanel dari tim pengabdian. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara, menunjukkan antusiasme peserta sangat tinggi dalam mengikuti pelatihan ini, begitu juga dengan anak-anak yang antusias dan tertarik belajar kosakata Bahasa Inggris menggunakan buku flanel terintergrasi kosakata Bahasa Inggris.
References
Diniyah, F. (2017). Persepsi Orang Tua Dan Guru Mengenai Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini di TK ABA Karangmalang Yogyakarta. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2).
Handayani, S. (2016). Pentingnya Kemampuan Berbahasa Inggris Sebagai Dalam Menyongsong ASEAN Community 2015. Jurnal Profesi Pendidik, 3(1), 102-106.
Lia, N. F. A. (2021). Paikem Model Pembelajaran Alternatif Bagi Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood and Character Education, 1(1), 19-34.
Siregar, A. (2017). Pelatihan Tutor PAUD Dalam Pembuatan Media Buku Flanel Berbahasa Inggris. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).
Siregar, A., Dewi, R. S., & Harisma, R. (2018). Pengajaran Anak Usia Dini Melalui Buku Flanel Terintegrasi Dalam Bahasa Inggris. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 5(1).
Tutupoly, J. F., Siswati, S., & Widodo, P. B. (2013). Efektivitas metode multisensori terhadap kecakapan mengingat kosakata bahasa inggris pada siswa kelas i sekolah dasar (studi eksperimental di SD Negeri Tembalang Semarang). Jurnal Psikologi, 12(2), 100-202.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Misrita Misrita, Bahing Bahing, Kartika Ananda, Christi Givency, Agel Atalarik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works