Pelatihan Guru PAUD dalam Pembuatan Media Buku Flanel Terintegrasi Kosakata Bahasa Inggris

Authors

  • Misrita Misrita Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Pascasarjana, Universitas Palangka Raya
  • Bahing Bahing Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Pascasarjana, Universitas Palangka Raya
  • Kartika Ananda Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Palangka Raya
  • Christi Givency Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Pascasarjana, Universitas Palangka Raya
  • Agel Atalarik Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Pascasarjana, Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.31851/wdk.v7i2.16853

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi mitra. Permasalahan tersebut diantaranya TK Shalahuddin selaku mitra masih sangat jarang memberikan pembelajaran Bahasa Inggris awal bagi anak didik, dikarenakan sekolah tersebut tidak memiliki media pembelajaran yang terintegrasi Bahasa Inggris. Pembelajaran Bahasa Inggris hanya diberikan melalui kegiatan bernyanyi tanpa didukung dengan media pembelajaran atau alat peraga. Untuk mengatasi permasalahan mitra, maka tim pengabdian memberikan solusi yaitu (1) memberikan ketersediaan media pembelajaran yang terintegrasi kosakata Bahasa Inggris bagi anak usia dini berupa buku flanel, sehingga dapat dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar terutama dalam pembelajaran Bahasa Inggris awal dan (2) memberikan pelatihan pembuatan media buku flanel yang terintegrasi kosakata Bahasa Inggris kepada guru-guru di sekolah mitra. Hasil dari pelaksanaan kegiatan berupa pelatihan ini menunjukkan 100% guru-guru PAUD di sekolah mitra dapat membuat buku flanel terintegrasi kosakata Bahasa Inggris, sesuai dengan langkah-langkah yang dicontohkan oleh tim pengabdian, dan menghasilkan produk akhir berupa buku flanel terintegrasi kosakata Bahasa Inggris sama dengan contoh produk buku flanel dari tim pengabdian. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara, menunjukkan antusiasme peserta sangat tinggi dalam mengikuti pelatihan ini, begitu juga dengan anak-anak yang antusias dan tertarik belajar kosakata Bahasa Inggris menggunakan buku flanel terintergrasi kosakata Bahasa Inggris.

References

Diniyah, F. (2017). Persepsi Orang Tua Dan Guru Mengenai Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini di TK ABA Karangmalang Yogyakarta. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2).

Handayani, S. (2016). Pentingnya Kemampuan Berbahasa Inggris Sebagai Dalam Menyongsong ASEAN Community 2015. Jurnal Profesi Pendidik, 3(1), 102-106.

Lia, N. F. A. (2021). Paikem Model Pembelajaran Alternatif Bagi Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood and Character Education, 1(1), 19-34.

Siregar, A. (2017). Pelatihan Tutor PAUD Dalam Pembuatan Media Buku Flanel Berbahasa Inggris. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Siregar, A., Dewi, R. S., & Harisma, R. (2018). Pengajaran Anak Usia Dini Melalui Buku Flanel Terintegrasi Dalam Bahasa Inggris. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 5(1).

Tutupoly, J. F., Siswati, S., & Widodo, P. B. (2013). Efektivitas metode multisensori terhadap kecakapan mengingat kosakata bahasa inggris pada siswa kelas i sekolah dasar (studi eksperimental di SD Negeri Tembalang Semarang). Jurnal Psikologi, 12(2), 100-202.

Downloads

Published

2024-10-23