Pembelajaran Berbasis Vidio IPA Materi Ciri-ciri Makhluk Hidup di Kelas III SD Negeri Paya Kulbi Melalui Metode PJBL dalam Meningkatkan Sikap Keterampilan Pembelajaran IPA Siswa
Abstract
Pembelajaran merupakan interaksi yang terjadi pada siswa dan guru serta sumber bahan ajar di lingkungan pembelajaran. Mengajar adalah upayamembantu siswa memperoleh pengetahuan melaluiproses pembelajaran, serta mengembangkanketerampilan dan kebiasaan, serta mampu membentuksikap dan rasa percaya diri pada siswa. pembelajaranberbasis video membuat guru dapat menyampaikanpengetahuan dan keterampilan dengan menggunakanvideo yang menggabungkan komponen audio dan visual. Dengan metode PJBL yang merupakanpembelajaran inovatif yang berpusat pada siswasehingga guru hanya ditetapkan sebagai motivator dan fasilitator. Penelitian ini memiliki tujuan agar peningkatan keterampilan siswa melalui pembelajaranberbasis video dengan metode PJBL (Project Based Learning) pada pembelajaran IPA materi ciri-cirimakhluk hidup diketahui. Penelitian kualitatifdeskriptif digunakan, dengan tujuan mendefinisikansuatu masalah untuk mengarahkan penyelidikan dan pemeriksaan mendalam terhadap konteks sosial yang diteliti. Tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitianmenunjukan bahwa penerapan pembelajaran berbasisvideo dengan menggunakan metode PJBL efektif untukdigunakan dalam pembelajaran IPA materi ciri-cirimakhluk hidup. Siswa menunjukkan kerja tim yang sangat baik, menyelesaikan prosedur PJBL secaraberurutan, dan menyerahkan kertas yang merincitindakan mereka.
References
Ananda, S., & Rahman, M. A. (2021). Pentingnya Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 123-135.
Azis, Z., Panggabean, S., Sumardi, H., Matematika, P. P., Muhammadiyah, U., Utara, S., Matematika, P. P., Bengkulu, U., Education, R. M., Matematika, H. B., & Pendahuluan, I. (2021). Efektivitas Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Negeri 1 Pahae Jae. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 2(1), 19–24. https://doi.org/10.30596/jmes.v2i1.6751
Katrunnada, K., & Sari, S. M. (2024). FACTORS OF LACK OF READING ABILITY AMONG SEVERELY IMPROVED STUDENTS IN CLASS V OF PAYA KULBI STATE PRIMARY SCHOOL. Sensei International Journal of Education and Linguistic, 4(1), 45–52.
Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.
Sari, S. M., Getsempena, B. B., & Aceh, B. (2023). Pembelajaran IPA Berbasis TPACK Upaya Peningkatan Kualitas Guru Di SDN Kuta Rentang Aceh Besar. Journal of International Multidisciplinary Research Pembelajaran, 2(1), 169–174.
Widiyanti, A., & Supardi, S. (2020). Peran Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterlibatan Siswa dalam Proses Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(3), 147-158.
Yuniarti, R. (2022). Kesalahan Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik Dalam Menyelesaikan Soal Statistika Deskriptif Dan Statistika Inferensial. Jurnal Pembelajaran IPA Matematika Dan Statistika, 8(1), 46.
Zainuddin, Z. (2021). Metode Pembelajaran Aktif dan Kreatif untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 30-40.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Katrunnada Nada, Siti Mayang Sari, Lili Kasmini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works