Pengembangan Program Layanan Bimbingan Karir pada Peserta Didik SMK Akpelni Semarang
Abstract
Program layanan bimbingan karir sangat penting bagi perkembangan siswa terutama siswa SMK. Pengembangan program ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan dan pemahaman karir pada peserta didik. Dengan adanya program bimbingan karir siswa lebih terarah dalam merencanakan karir dan lebih bisa percaya diri dengan melihat potensi pada diri siswa. Program ini dilakukan dengan menggunakan lima tahapan 1) perijinan, 2) Analisis Kebutuhan, 3) Pelaksanaan, 4) Monitoring, dan 5) Evaluasi. Hasil dari pelaksanaan pengembangan program laynan bimbingan karir ini memberikan dampak positif pada siswa dalam perencanaan karir. Siswa bisa memahami potensi pada dirinya dan siswa dapat mengembangkan skill. Bimbingan karir tidak hanya sekedar memberikan respon kepada masalah-masalah yang muncul, akan tetapi juga membantu memperoleh pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diperlukan dalam pekerjaan.
References
Abubakar, Siti Rahmaniar. (2021). Pelaksanaan Bimbingan Karir Bagi Siswa SMA Sebagai Persiapan Awal Memasuki Dunia Kerja. Vol. 1. No. 34.
D. Lissa Ahlun Nisa., & T. Esti Budiningsih. (2019). “Perlukah Perencanaan karir pada Siswa SMA? StudiKorelasi Konsep Diri dan Perencanaan Karir Siswa SMA Negeri 1 Sulang”, Intuisi Jurnal Psikologi Ilmiah.
Istia’dah, F. N. L., Imaddudin, A., Arumsari, C., Nugraha, A., Sulistiana, D., & Sugiana, G. (2018). PROGRAM BIMBINGAN KARIR PADA SISWA KELAS XII SMK ASSAABIQ SINGAPARNA. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 31–40. https://doi.org/10.35568/abdimas.v1i1.237
Sari, A. K., Yusuf, A. M., Iswari, M., & Afdal, A. (2021). Analisis Teori Karir Krumboltz: Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1). https://doi.org/10.23887/jjbk.v12i1.33429
Supriatna, M. (2009). Layanan Bimbingan Karir di Sekolah Menengah. Bandung: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Pendidikan Indonesia.
Sukardi Ketut Dewa. (2008). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Menik Tetha Agustina, Puspita Puji Rahayu, Pratama Irwin Talenta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works