Penguatan Peran Ibu Sebagai Penggerak Literasi Keluarga Melalui Pembuatan Buku Cerita Bergambar Digital di Desa Pengasinan Bogor

Authors

  • Hilma Erfiani Baroroh Program Studi Sastra Inggris, Universitas Terbuka
  • Widyasari Program Studi Sastra Inggris, Universitas Terbuka
  • Vica Ananta Kusuma Program Studi Sastra Inggris, Universitas Terbuka
  • Enggar Mulyajati Program Studi Sastra Inggris, Universitas Terbuka
  • Ardik Ardianto Program Studi Sastra Inggris, Universitas Terbuka
  • Agus Riyanto Program Studi Sastra Inggris, Universitas Terbuka
  • Afriani Program Studi Sastra Inggris, Universitas Terbuka

Abstract

Literasi keluarga merupakan faktor penting dalam membentuk generasi yang cerdas dan berdaya saing. Di Desa Pengasinan, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, peran ibu sebagai penggerak literasi keluarga sangat krusial dalam meningkatkan kemampuan literasi anak-anak di keluarga. Meski sebagian besar ibu di desa ini memiliki pendidikan yang cukup baik, pemahaman tentang literasi keluarga, mencakup baca-tulis, numerasi, digital, dan budaya masih terbatas. Hal ini memengaruhi kualitas literasi anak-anak di desa tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, dilakukan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan penguatan peran ibu sebagai penggerak literasi keluarga. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan keterampilan kepada ibu-ibu PKK di Desa Pengasinan mengenai pentingnya literasi keluarga dan cara mengajarkan literasi kepada anak melalui aktivitas sehari-hari yang menyenangkan. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan metode interaktif dan aplikatif, seperti pembuatan buku dongeng interaktif. Dampak dari kegiatan pemberdayaan ini terlihat dari beberapa segi, yaitu: (1) aspek sosial, terjalinnya hubungan yang lebih erat antara ibu-ibu kader PKK dan masyarakat; (2) aspek ekonomi, berupa peningkatan kualitas pendidikan anak yang mendukung potensi ekonomi keluarga; dan (3) aspek pendidikan, berupa pengetahuan dan keterampilan baru bagi ibu-ibu dalam mendidik anak. Hasil signifikan dari kegiatan ini adalah terciptanya buku kumpulan cerita bergambar yang menarik dibaca oleh anak-anak.

References

Abidin, Y. (2015). Literasi dalam pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Astuti, Y. D., & Zamroni, M. (2022). Perempuan Kritis Bermedia (Pelatihan Literasi Televisi bagi Ibu-Ibu Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga di Yogyakarta). Journal of Community Development & Empowerment, 3(3), 39–55. https://doi.org/10.29303/jcommdev.v3i3.24

Badan Pusat Statistik. (2021). Statistik pendidikan Indonesia 2021. Jakarta: BPS.

BPS Kabupaten Bogor. (2022). Profil desa dan kelurahan di Kabupaten Bogor. Badan Pusat Statistik Kabupaten Bogor.

Comber, B., & Simpson, A. (2001). Negotiating critical literacies in classrooms. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.

Fahmi, I., & Hidayat, R. (2020). Pengaruh literasi keluarga terhadap pembelajaran anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 125–135. https://doi.org/10.21009/JPUD.092.07

Halliday, M. A. K. (1985). An introduction to functional grammar. London: Edward Arnold.

Hannon, P. (2003). Family literacy programmes. In N. Hall, J. Larson, & J. Marsh (Eds.), Handbook of Early Childhood Literacy (pp. 99–111). London: SAGE.

Harste, J. C., & Burke, C. L. (1988). Creating classrooms for authors: The reading-writing connection. Portsmouth, NH: Heinemann.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Panduan gerakan literasi keluarga. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kraaykamp, G., & van Eijck, K. (2010). The intergenerational reproduction of cultural capital: A threefold perspective. Social Forces, 89(1), 209–231. https://doi.org/10.1353/sof.2010.0072

OECD. (2019). Education at a glance 2019: OECD indicators. Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/69096873-en

Purwaningsih, T., & Nurhidayati, N. (2021). Pengaruh literasi keluarga terhadap minat baca anak. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 87–99. https://doi.org/10.21831/jpk.v12i1.34457

Rahmat Rahmat, Eliarni S.T Rantenay, Syamsul Bahri Dg.Parani, & Erwan Sastrawan. (2023). Upaya Meningkatkan Literasi Membaca Melalui Pojok Baca Untuk Mengantisipasi Buta Huruf Bagi Anak-Anak Di Desa Doda. OPTIMAL Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 3(2), 121–132. https://doi.org/10.55606/optimal.v3i2.1408

Sulistyo, G. H. (2012). Literasi dan pendidikan anak usia dini. Jakarta: Prenada Media.

Tudge, J. R. H., Mokrova, I., Hatfield, B. E., & Karnik, R. B. (2009). The use and misuse of Bronfenbrenner’s bioecological theory of human development. Journal of Family Theory & Review, 1(4), 198–210. https://doi.org/10.1111/j.1756-2589.2009.00026.x

UNESCO. (2005). EFA Global Monitoring Report: The Quality Imperative. Paris: UNESCO Publishing.

UNESCO. (2020). Global literacy report. Diakses dari https://www.unesco.org.

Werthi, K. T. (2024). Penguatan Literasi Digital di Era Digital Ekonomi Sebagai Program Penguatan Peran Perempuan Sebagai Penopang Ekonomi Keluarga. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5. https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7560

Published

2024-12-10