Pengembangan Minat dan Kepercayaan Diri Siswa SMK dalam Kegiatan Sketching dan Describing Bangunan Sederhana

Authors

  • Suzzana Winda Artha Mustika Universitas Katolik Musi Charitas
  • A. Bayu Adi Pratama B Universitas Katolik Musi Charitas
  • Anastasia Ronauli Hasibuan Universitas Katolik Musi Charitas
  • Ira Irzawati Universitas Katolik Musi Charitas
  • Theresia Widyastuti Universitas Katolik Musi Charitas

DOI:

https://doi.org/10.31851/wdk.v7i2.17793

Abstract

Misi utama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah membekali siswanya agar berkompeten pada bidang sesuai dengan kejuruannya. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini digagas guna mengembangkan minat dan kepercayaan diri para siswa dalam kegiatan sketching dan describing bangunan sederhana berupa rumah panggung yang diharapkan dapat berkontribusi dalam menunjang peningkatan pengetahuan para siswa mengenai sketching bangunan sederhana dan mempertajam kemampuan berbahasa Inggris mereka dengan mendeskripsikan bangunan tersebut dalam bahasa Inggris. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu para siswa dalam meningkatkan minat dan kepercayaan diri mereka untuk menuangkan ide pada kegiatan sketching dan mempresentasikan sketch bangunan sederhana yang dibuat dalam bahasa Inggris. Sebanyak dua puluh satu siswa SMK jurusan Desain Visual Komunikasi turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Adapun kegiatan ini dilaksanakan dalam enam fase, yaitu: pre-test, pemaparan materi, tanya jawab, praktek, post-test, dan feedback siswa melalui kuisioner. Hasil tes dan kuisioner menunjukkan bahwa kegiatan ini membantu para siswa dalam meningkatkan kemampuan mereka membuat sketsa dan mempresentasikan rumah panggung sederhana dengan berbahasa Inggris serta meningkatkan minat dan kepercayaan diri mereka dalam belajar.

References

Anggraeni, R., Harmayanthi, V., Y., & Nurhasanah (2021). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 268-274. SMK Kharisma Nusantara dan Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Kusuma Negara.

Dharmawan, G., & Wijoyo, W., H., A. (2022). Sinkronisasi Pasar Tenaga Kerja: Analisis Peran SMK pada Perkembangan Pasar Tenaga Kerja di Indonesia. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 5(2), 97-108.

Ghufron, M. N. & Risnawati, R. (2012). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Hakim, T. (2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Indriyani, N., & Usriyah, L. (2022). Pentingnya Belajar Bahasa Inggris di Sekolah. Sabilarrasyad: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 39-45.

Muhibbin, S. (2005). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nurcahyo, M. (2022). Kajian Peran Sketsa dalam Proses Kreatif dan Pendidikan Desain (Kasus Pengalaman Belajar Desain di Era Digital). Lintas Ruang: Jurnal Pengetahuan & Perancangan Desain Interior, 10(2), 86-97.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128-135.

Prana, I., S., Suryadi, Suryadi, A. Pengembangan Keahlian Desain Game bagi Siswa SMA dan SMK di Cimahi Tecnopark. FINDER: Journal of Visual Communication Design. 2(2), 1-10.

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ricardo & Meilani, R., I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 188-201.

Santika, A., Simanjuntak, E., R., Amalia, R., & Kurniasari, S., R. (2023). Peran Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan dalam Memposisikan Lulusan Siswanya Mencari Pekerjaan. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengembangan Kependidikan, 14(1), 84-94.

Slamet & Sagirani, T. (2024). Peningkatan Kesiapan Kerja Siswa SMK melalui Pengembangan Soft Skills di SMKN 1 Sambeng Lamongan. Tekmulogi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 79-90.

Downloads

Published

2025-01-17