PELATIHAN PENULISAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU SMA PATRA MANDIRI I PALEMBANG

Authors

  • Dessy Wardiah Universitas PGRI Palembang
  • Liza Murniviyanti Universitas PGRI Palembang
  • Hetilaniar Hetilaniar Universitas PGRI Palembang
  • Dian Nuzulia Armariena Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v1i2.2262

Abstract

ABSTRAK

 

Pelatihan ini bertujuan agar para guru-guru SMA Patra Mandiri I Palembang dapat membuat proposal penelitian tindakan kelas.  Pelatihan ini dilakukan di SMA Patra Mandiri I Palembang dengan jumlah peserta sebanyak 35 orang.  Kegiatan pelatihan ini merupakan pelatihan singkat yang dilakukan sebanyak satu kali pertemuan.  Metode yang digunakan adalah metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan praktek yang dibimbing/dipandu oleh tim PkM.  Hasil yang diperoleh adalah bahwa para guru SMA Patra Mandiri I Palembang dapat membuat proposal penelitian tindakan kelas.

 

Kata Kunci: penelitian tindakan kelas.

 

ABSTRACT

The aim of the workshop was to  accomplished  a  classroom reaction research proposal for the teachers in  SMA Patra Mandiri I Palembang. These workshop was performed in SMA Patra Mandiri I Palembang with 35 participants.  The short workshop was performed in one meeting. The materials were delivered by the lecture method, discussion method and practice method. The workshop  result was the teachers can design a classroom reaction research proposal.

 

Keyword: classroom reaction research

References

Dharma, Surya. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional

Jaedun, Amat. 2008. Prinsip-prinsip Penelitian Tindakan. Makalah Pelatihan PTK Bagi Guru Di Propinsi DIY. Lembaga Penelitian UNY. 2008.

Rahdiyanta, Dwi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas (Pengertian, Prinsip, Dan Karakteristik Ptk). Makalah disampaikan pada Seminar Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SMK yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta pada tanggal 12 Juli 2012.

Sukanti. 2008. Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. VI. No. 1. Tahun 2008.

Tim Unesa, 2013. Modul PLPG Pendidikan Ekonomi. Konsorsium Sertifikasi Guru

Widayati, Ani. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93

Downloads

Published

2018-11-28