Kolaborasi Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Proses Belajar Mengajar Pada Masa New Normal

Authors

  • Fitria Kasih
  • Suryadi Suryadi STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Triyono Triyono

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i1.5252

Abstract

Banyaknya permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran daring pada new normal menjadi dasar pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini. PkM ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada guru-guru di SMK dan SMA DEK agar mampu menciptakan kerjasama atau kolaborasi dalam proses pembelajaran pada masa new normal sehingga dengan terciptanya kerjasama maka akan terbentuk iklim belajar yang baik dan efektif sehingga tujuan sekolah bisa tercapai. Pelaksanaan PkM ini dilaksanakan secara daring mengunakan platform Google Meet. Kegiatan PkM ini diikuti oleh Guru SMK dan SMA DEK sebanyak 23 orang Guru. Kegiatan ini merupakan dialog interaktif dengan Guru SMA dan SMK DEK. Metode yang digunakan dalam PkM ini yaitu memaparkan materi (ceramah), diskusi dan tanya jawab, serta pemaparan masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran. Proses dialog interaktif dipandu langsung oleh TIM PkM. Hasil yang diperoleh adalah bahwa para Guru sangat antusias, serius dan dapat mengaplikasikan bentuk kolaborasi dengan peserta didik dalam proses pembelajaran.

 Kata kunci: Kolaborasi, Pembelajaran, Guru

References

Apriyanto, M., Oklianda, A., Putra, D. D., & Warmi, A. (2021, February). Student Responses During Online Learning in the Covid-19 Pandemic Period. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1764, No. 1, p. 012125). IOP Publishing.

Abdulsyani. 1994. Sosiologi Skematika, Teori, dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara

Nofrion. 2020. Kolaborasi dalam Pembelajaran. Artikel. Osf.io

Nurlizawati, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Teman Sebaya di SMAN 1 Pasaman. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(1), 33-41.

Pratiwi, I. A. (2015). Pengembangan Model Kolaborasi Jigsaw Role Playing Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Bekerjasama Siswa Kelas V Sd Pada Pelajaran Ips. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(2), 107630.

Prayogi, R. D. (2020). Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Manajemen Pendidikan, 14(2).

Sihabussalam, S. (2020). Diskursus Islam dan Sains dalam Peradaban Masyarakat Menuju Kaum Wasathiyah. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, 2, 35-39.

Subiyakto, B., & Abbas, E. W. (2020). Strategi Pembelajaran IPS: Konsep dan Aplikasi.

Yulianti, H., Iwan, C. D., & Millah, S. (2018). Penerapan Metode Giving Question And Getting Answer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 6(2), 197-216.

Downloads

Published

2021-06-04