Manajemen Aktualisasi Diri Selama Masa New Normal Di SMA DEK Kota Padang

Authors

  • Helma Helma
  • Fuadillah Putra
  • Yasrial Chandra

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i1.5321

Keywords:

Aktualisasi Diri, New Normal, Siswa

Abstract

Manajemen kecerdasan dan aktualisasi diri merupakan suatu kompetensi yang leh seorang individu dalam menghadapi masa pandemic seperti saat sekarang ini, baik baik seorang peserta didik, pendidik, pekerja kantoran dan lainnya. Hal ini dikarenakan dengan adanya kekampuan dalam mengatur diri sehingga dimasa pandemic ini seorang individu masih data berkarya denga berbagai maam protocol Kesehatan yang ketat. Dengan ulasan dan analisis situasi tentang pentingnya pemahaman atau sutdi interaktif tentang menejemen kecerdasan dan aktualisasi diri  dimasa new normal oleh peserta didik penting diberikan, sehingga tujuan dari Pendidikan yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang baik dapat terwujud

References

Goble, F. G. (1994). Mazhab Ketiga Psikologi Humanistik Abraham Maslow, Penerjemah Drs. A. Supratiknya (Yogyakarta: Kanisius, 1994).

Herts, K. L., Wallis, E., & Maslow, G. (2014). College freshmen with chronic illness: A comparison with healthy first-year students. Journal of College Student Development, 55(5), 475-480.

McLeod, S. (2007). Maslow's hierarchy of needs. Simply psychology, 1, 1-8.

Mukhayatun, U., Sugiyo, S., & Tadjri, I. (2014). Model Program Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Sekolah Menengah Pertama (Studi Pada Smp Negeri 6 Rembang). Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1).

Oktarosada, D. (2017). Implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran pendidikan agama islam di kelas X: Studi kasus di SMK Muhammadiyah 2 kalirejo (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Perbowosari, H. (2016). Peran Kecerdasan Emosional Dalam Pendidikan Karakter. Prosiding Nasional.

Susanto, H., & Akmal, H. (2018). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Mobile Smartphone Sebagai Media Pengenalan Sejarah Lokal Masa Revolusi Fisik Di Kalimantan Selatan Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 6(2), 197-206.

Syaharuddin, S. (2020). Menimbang Peran Teknologi dan Guru dalam Pembelajaran di Era COVID-19. Menimbang Peran Teknologi dan Guru dalam Pembelajaran di Era COVID-19.

Syaharuddin, S., Rahman, A. M., & Fitriyani, R. (2020). Utilization Of Social Community as Learning Resources On Social Studies. The Kalimantan Social Studies Journal, 1 (1), 18–24.

Triana, L. (2011). Pola Penerapan Pendidikan Karakter Siswa di SMA Negeri 3 Pati (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang (UNNES)).

Triyono, T., Febriani, R. D., Hidayat, H., & Putri, B. N. D. (2019). Pelatihan Penggunaan Teknologi Informasi Kepada Guru Bimbingan Dan Konseling. WAHANA DEDIKASI, 2(1).

Downloads

Published

2021-05-31