Manajemen Aktualisasi Diri Selama Masa New Normal Di SMA DEK Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i1.5321Keywords:
Aktualisasi Diri, New Normal, SiswaAbstract
Manajemen kecerdasan dan aktualisasi diri merupakan suatu kompetensi yang leh seorang individu dalam menghadapi masa pandemic seperti saat sekarang ini, baik baik seorang peserta didik, pendidik, pekerja kantoran dan lainnya. Hal ini dikarenakan dengan adanya kekampuan dalam mengatur diri sehingga dimasa pandemic ini seorang individu masih data berkarya denga berbagai maam protocol Kesehatan yang ketat. Dengan ulasan dan analisis situasi tentang pentingnya pemahaman atau sutdi interaktif tentang menejemen kecerdasan dan aktualisasi diri dimasa new normal oleh peserta didik penting diberikan, sehingga tujuan dari Pendidikan yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang baik dapat terwujud
References
Goble, F. G. (1994). Mazhab Ketiga Psikologi Humanistik Abraham Maslow, Penerjemah Drs. A. Supratiknya (Yogyakarta: Kanisius, 1994).
Herts, K. L., Wallis, E., & Maslow, G. (2014). College freshmen with chronic illness: A comparison with healthy first-year students. Journal of College Student Development, 55(5), 475-480.
McLeod, S. (2007). Maslow's hierarchy of needs. Simply psychology, 1, 1-8.
Mukhayatun, U., Sugiyo, S., & Tadjri, I. (2014). Model Program Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Sekolah Menengah Pertama (Studi Pada Smp Negeri 6 Rembang). Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1).
Oktarosada, D. (2017). Implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran pendidikan agama islam di kelas X: Studi kasus di SMK Muhammadiyah 2 kalirejo (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Perbowosari, H. (2016). Peran Kecerdasan Emosional Dalam Pendidikan Karakter. Prosiding Nasional.
Susanto, H., & Akmal, H. (2018). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Mobile Smartphone Sebagai Media Pengenalan Sejarah Lokal Masa Revolusi Fisik Di Kalimantan Selatan Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 6(2), 197-206.
Syaharuddin, S. (2020). Menimbang Peran Teknologi dan Guru dalam Pembelajaran di Era COVID-19. Menimbang Peran Teknologi dan Guru dalam Pembelajaran di Era COVID-19.
Syaharuddin, S., Rahman, A. M., & Fitriyani, R. (2020). Utilization Of Social Community as Learning Resources On Social Studies. The Kalimantan Social Studies Journal, 1 (1), 18–24.
Triana, L. (2011). Pola Penerapan Pendidikan Karakter Siswa di SMA Negeri 3 Pati (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang (UNNES)).
Triyono, T., Febriani, R. D., Hidayat, H., & Putri, B. N. D. (2019). Pelatihan Penggunaan Teknologi Informasi Kepada Guru Bimbingan Dan Konseling. WAHANA DEDIKASI, 2(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works