PELATIHAN PELATIH FISIK LEVEL I NASIONAL OKU

Authors

  • Ardo Okilanda scopus ID Author: 5721661740, Universitas PGRI Palembang
  • Bayu Iswana
  • Sugar Wanto

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i2.5330

Keywords:

pelatih fisik, oku, olahraga

Abstract

Ruang lingkup olahraga prestasi didukung oleh beberapa faktor penentu. Faktor penentu yang dimaksud salah satunya adalah sumber daya manusia, baik atlet maupun pelatih. Keberhasilan pembinaan prestasi disebuah daerah dapat dilihat dari pencapaian prestasi pada ajang pekan olahraga nasional (PON). Tahun 2020 Indonesia akan menyelenggarakan pekan olalahraga nasional yang ke 19 yang dijadwalkan di provinsi PAPUA. Pengurus KONI Kabupaten Ogan Komering Ulu telah melaksanakan program yang sangat baik dalam rangka menyiapkan sumberdaya manusia yakni melakukan Penaratan Pelatih Fisik Level 1 Nasional  untuk dapat membawa menjadi tuan rumah pada PORPROV pada tahun 2021. Instrumen tes praktik dan teori dengan subjek berjumlah 40 orang. Hasil tes dari kedua komponen tes teori dan praktik dengan keberhasilan 90% dengan jumlan kelulusan 38 orang dan 2 orang tidak lulus. Dilaksanakannya pelatihan pelatih fisik dapat meningkatkan prestasi olahraga pada daerah selanjutnya kedepan semoga bisa meningkatkan kapasitas kemampuan pelaih fisik pada level II

References

Hera, T., Rochayati, R., Diah, N., Elvandari, E., & Nurdin, N. (2018). Pelatihan tari lenggang patah sembilan dalam konteks pementasan tari pada siswa-siswi smp negeri 30 kota palembang. Wahana dedikasi, 1(2).

INDONESIA, P. R. (2007). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

Johansyah Lubis ( 2013).Panduan Praktis penyusunan Program Latihan. Jakarta. Rajawali pers.

Junaidi, I. A., Nasrullah, N., Imansyah, F., Bayu, I. M. A., Manullang, J. G., Handayani, W., & Asriansyah, A. (2018). Pelatihan pencegahan dan perawatan cidera dalam berolahraga. Wahana dedikasi, 1(2).

Suharjana (2013). Kebugaran Jasmani. Yogyakarta . Jogja Global Media.

Sukadiyanto & Muluk, D. (2011). Pengantar teori dan metodologi melatih fisik. Bandung: Lubuk Agung.

Syafruddin (2011). Ilmu kepelatihan olahraga teori dan aplikasi dalam pembinaan olahraga. Padang. Unp Prees.

Downloads

Published

2021-03-08