KUPAS TUNTAS PENELITIAN PENGEMBANGAN MODEL BORG & GALL

Authors

  • Dede Dwiansyah Putra Universitas PGRI Palembang
  • Ardo Okilanda Universitas PGRI Palembang
  • Arisman Arisman Universitas PGRI Palembang
  • Muhsana El Cintami Lanos Universitas PGRI Palembang
  • Siti Ayu Risma Putri Universitas PGRI Palembang
  • Mutiara Fajar Universitas PGRI Palembang
  • Hikmah Lestari Universitas PGRI Palembang
  • Sugar Wanto Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i1.5340

Keywords:

Daring, Penelitian Pengembangan, Borg and Gall

Abstract

Pandemi COVID-19 membuat perubahan yang sangat signifikkan, setiap universitas melakukan sistem online / daring (dalam jaringan). Aplikasi yang banyak juga banyak digunakan saat daring (dalam jaringan) adalah google meet. Selain tidak berbayar pengguna dapat menggunakannya dalam waktu yang lama. Pengabdian ini dilakukan kepada mahasiswa untuk memberikan wawasan yang luas pada penelitian pengembangan Borg and Gall, diharapkan dapat mengaktualisasikan kemampuannya untuk meningkatkan produktifitas dalam tugas akhir skripsi pada penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan merupakan salah satu jenis penelitian yang dapat menjadi penghubung atau pemutus kesenjangan antara penelitian dasar dengan penelitian terapan. Model ini bersifat kualitatif survey dengan metode lecturing, yaitu menyampaikan ide dan gagasan serta wawasan yang dimiliki masing-masing pemateri kepada para peserta webinar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara melalui Google Form dan Whatsapp kepada 14 belas mahasiswa Universitas Riau yang melakukan Kuliah Metodologi Penelitian. Hasil menunjukkan bahwa mahasiswa antusias mengikuti pembelajaran daring (dalam jaringan) serta ingin melaksanakan penelitian pengembangan.

References

Effendi, H., & Hendriyani, Y. (2018). Pengembangan Model Blended Learning Interaktif dengan Prosedur Borg and Gall.

Hera, T., Rochayati, R., Diah, N., Elvandari, E., & Nurdin, N. (2018). Pelatihan tari lenggang patah sembilan dalam konteks pementasan tari pada siswa-siswi smp negeri 30 kota palembang. Wahana dedikasi, 1(2).

Indonesia, R. (2012). UU RI Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Kemendikbud. (2020). Buku-Pedoman-PKM-2020.

Latief, M. A. (2009). Penelitian pengembangan. Karya Dosen Fakultas Sastra UM.

Ramadhani, E., & Putri, R. D. (2019). Pelaksanaan konseling pada anak jalanan. Wahana dedikasi, 2(1).

Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D.

Yasa, G. A. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Online Mata Kuliah Micro Teaching dengan Model Borg & Gall pada Program S1 Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Agama Hindu Singaraja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Ganesha, 1(1), 207120.

Downloads

Published

2020-05-28