KUPAS TUNTAS PENELITIAN PENGEMBANGAN MODEL BORG & GALL
DOI:
https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i1.5340Keywords:
Daring, Penelitian Pengembangan, Borg and GallAbstract
Pandemi COVID-19 membuat perubahan yang sangat signifikkan, setiap universitas melakukan sistem online / daring (dalam jaringan). Aplikasi yang banyak juga banyak digunakan saat daring (dalam jaringan) adalah google meet. Selain tidak berbayar pengguna dapat menggunakannya dalam waktu yang lama. Pengabdian ini dilakukan kepada mahasiswa untuk memberikan wawasan yang luas pada penelitian pengembangan Borg and Gall, diharapkan dapat mengaktualisasikan kemampuannya untuk meningkatkan produktifitas dalam tugas akhir skripsi pada penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan merupakan salah satu jenis penelitian yang dapat menjadi penghubung atau pemutus kesenjangan antara penelitian dasar dengan penelitian terapan. Model ini bersifat kualitatif survey dengan metode lecturing, yaitu menyampaikan ide dan gagasan serta wawasan yang dimiliki masing-masing pemateri kepada para peserta webinar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara melalui Google Form dan Whatsapp kepada 14 belas mahasiswa Universitas Riau yang melakukan Kuliah Metodologi Penelitian. Hasil menunjukkan bahwa mahasiswa antusias mengikuti pembelajaran daring (dalam jaringan) serta ingin melaksanakan penelitian pengembangan.
References
Effendi, H., & Hendriyani, Y. (2018). Pengembangan Model Blended Learning Interaktif dengan Prosedur Borg and Gall.
Hera, T., Rochayati, R., Diah, N., Elvandari, E., & Nurdin, N. (2018). Pelatihan tari lenggang patah sembilan dalam konteks pementasan tari pada siswa-siswi smp negeri 30 kota palembang. Wahana dedikasi, 1(2).
Indonesia, R. (2012). UU RI Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Kemendikbud. (2020). Buku-Pedoman-PKM-2020.
Latief, M. A. (2009). Penelitian pengembangan. Karya Dosen Fakultas Sastra UM.
Ramadhani, E., & Putri, R. D. (2019). Pelaksanaan konseling pada anak jalanan. Wahana dedikasi, 2(1).
Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D.
Yasa, G. A. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Online Mata Kuliah Micro Teaching dengan Model Borg & Gall pada Program S1 Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Agama Hindu Singaraja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Ganesha, 1(1), 207120.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works