Penguatan Ekosistem Pembelajaran Digital Dimasa Pandemi Covid-19 Menggunakan Aplikasi Edmodo

Authors

  • Suryati Suryati FKIP, Universitas PGRI Palembang
  • Sri Wahyuningsih FKIP, Universitas PGRI Palembang
  • Ramanata Disurya FKIP, Universitas PGRI Palembang
  • Ermini Ermini FKIP, Universitas PGRI Palembang
  • Layang Sardana FKIP, Universitas PGRI Palembang
  • Sri Husnulwati FKIP, Universitas PGRI Palembang
  • Jumroh Jumroh FKIP, Universitas PGRI Palembang
  • M. Najib FKIP, Universitas PGRI Palembang
  • Sukardi Sukardi FKIP, Universitas PGRI Palembang
  • Yenny Puspita FKIP, Universitas PGRI Palembang
  • Siti Rukiyah FKIP, Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i1.5455

Keywords:

Ekosistem, Pembelajaran Digital, Covid-19, Edmodo

Abstract

Pandemi Covid-19 telah merubah hampir semua bidang kehidupan masyarakat tidak terkecuali bidang pendidikan. Namun layaknya bidang lainnya, pendidikan segera berbenah dan menata diri menuju sebuah ekosistem bernama ekosistem digital. Sebagai sebuah aplikasi, Edmodo bisa menjadi sebuah pilihan untuk membantu mewujudkan hal tersebut. Tujuan dari tulisan dan pengabdian ini adalah memberikan gambaran bagaimana Edmodo dapat membantu proses belajar mengajar ditengah kondisi pandemi ini. Kegiatan ini berupa penyuluhan yang dilakukan pada guru di SMK Negeri Batu Marta, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggunakan liflet, infokus dan spiker. Hasil dari kegiatan ini adalah pengetahuan dan aplikasi 15 guru (75%) tentang penggunaan aplikasi Edmodo menunjukkan baik. Pengetahuan yang baik. Pengetahuan aplikasi yang baik diharapkan dapat membantu para guru memberikan pengajaran yang optimal ditengah pandemi

References

Agustina, N., & Ratnawati, S. (2017). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika, Vol. 8.

Alqahtani, A. S. (2019). The use of edmodo: Its impact on learning and students’ attitudes toward it. Journal of Information Technology Education: Research, 18. https://doi.org/10.28945/4389

Cambridge. (2016). Cambridge Dictionary.

Haris Budiman. (2014). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(I).

Perhumas. (2020). Digital Ecosystem Suatu Keniscayaan – PERHUMAS. Diambil 1 Maret 2021, dari https://www.perhumas.or.id/digital-ecosystem-suatu-keniscayaan/

Purnawarman, P., Susilawati, & Sundayana, W. (2016). The use of Edmodo in teaching writing in a blended learning setting. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 5(2). https://doi.org/10.17509/ijal.v5i2.1348

Sani, R. R., Utomo, D. W., & Kurniawan, D. (2020). Penerapan Edmodo bagi Guru dan Murid SMK Karya Bhakti Brebes sebagai Media Belajar Tambahan. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.33633/ja.v3i2.92

Sarie, F. N. (2020). Optimalisasi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Melalui Aplikasi Edmodo Bagi Siswa Sekolah Dasar. Tunas Nusantara. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1497

Suhandiah, S., Sudarmaningtyas, P., & Ayuningtyas, A. (2019). Pelatihan E-Learning Bagi Guru Untuk Optimalisasi Pembelajaran Generasi Z. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.3470

Downloads

Published

2021-05-31