Penguatan Ekosistem Pembelajaran Digital Dimasa Pandemi Covid-19 Menggunakan Aplikasi Edmodo
DOI:
https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i1.5455Keywords:
Ekosistem, Pembelajaran Digital, Covid-19, EdmodoAbstract
Pandemi Covid-19 telah merubah hampir semua bidang kehidupan masyarakat tidak terkecuali bidang pendidikan. Namun layaknya bidang lainnya, pendidikan segera berbenah dan menata diri menuju sebuah ekosistem bernama ekosistem digital. Sebagai sebuah aplikasi, Edmodo bisa menjadi sebuah pilihan untuk membantu mewujudkan hal tersebut. Tujuan dari tulisan dan pengabdian ini adalah memberikan gambaran bagaimana Edmodo dapat membantu proses belajar mengajar ditengah kondisi pandemi ini. Kegiatan ini berupa penyuluhan yang dilakukan pada guru di SMK Negeri Batu Marta, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggunakan liflet, infokus dan spiker. Hasil dari kegiatan ini adalah pengetahuan dan aplikasi 15 guru (75%) tentang penggunaan aplikasi Edmodo menunjukkan baik. Pengetahuan yang baik. Pengetahuan aplikasi yang baik diharapkan dapat membantu para guru memberikan pengajaran yang optimal ditengah pandemiReferences
Agustina, N., & Ratnawati, S. (2017). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika, Vol. 8.
Alqahtani, A. S. (2019). The use of edmodo: Its impact on learning and students’ attitudes toward it. Journal of Information Technology Education: Research, 18. https://doi.org/10.28945/4389
Cambridge. (2016). Cambridge Dictionary.
Haris Budiman. (2014). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(I).
Perhumas. (2020). Digital Ecosystem Suatu Keniscayaan – PERHUMAS. Diambil 1 Maret 2021, dari https://www.perhumas.or.id/digital-ecosystem-suatu-keniscayaan/
Purnawarman, P., Susilawati, & Sundayana, W. (2016). The use of Edmodo in teaching writing in a blended learning setting. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 5(2). https://doi.org/10.17509/ijal.v5i2.1348
Sani, R. R., Utomo, D. W., & Kurniawan, D. (2020). Penerapan Edmodo bagi Guru dan Murid SMK Karya Bhakti Brebes sebagai Media Belajar Tambahan. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.33633/ja.v3i2.92
Sarie, F. N. (2020). Optimalisasi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Melalui Aplikasi Edmodo Bagi Siswa Sekolah Dasar. Tunas Nusantara. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1497
Suhandiah, S., Sudarmaningtyas, P., & Ayuningtyas, A. (2019). Pelatihan E-Learning Bagi Guru Untuk Optimalisasi Pembelajaran Generasi Z. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.3470
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works