Pendampingan Pembelajaran Daring Bagi Santri Pondok Pesantren Nurul Huda Tanah Merah
DOI:
https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i1.5486Keywords:
Pendampingan Belajar, Pembelajaran Daring, Santri PesantrenAbstract
World Health Organization (WHO) telah mengumumkan virus corona atau covid-19 sebagai pandemi, yaitu keadaan dimana populasi di seluruh dunia memiliki peluang dapat terjangkit atau terkena infeksi. Keadaan ini tentunya juga berdampak pada perekonomian Indonesia yang secara langsung juga berdampak pada dunia pendidikan di Indonesia. Mengingat pandemi ini adalah suatu musibah yang mendadak sehingga mengakibatkan kebijakan atau keputusan yang diambil secara cepat tanpa adanya persiapan yang matang membuat guru, santri, dan orang tua merasa kebijakan tersebut kurang efektif terutama bagi sebagian santri yang teknik pembelajarannya tidak terbiasa dengan daring. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan mempersiapkan dari kalangan santri pondok pesatren yang notabennya jauh dari rumah juga dapat melaksanakan pembelajaran secara daring dikarenakan bayaknya tenaga pengajar yang berasal dari luar daerah. Kegiatan ini melibatkan 50 santri tingkat SMA. Metode pelaksanaannya dengan cara deskriptif kualitatif. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan banyak santri yang mampu belajar online dengan media zoom, teams, maupun google meet. Kekurangannya banyak santri yang kurang mampu mengoprasionalkan computer.
References
Ahmad, H., Mulyadi, A., Oklianda, A., Putra, D. D., & Warmi, A. (2021). Student Responses during Online Learning in the Covid-19 Pandemic Period. In J. Phys. Conf. Ser..
Bakhri, Syaeful., Aziz, Abdul., Sarinah, Ririn. (2020). Pengetahuan dan Motivasi Untuk Menumbuhkan Minat Berinvestasi Pada Mahasiswa. Value: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 15(2), 60-73.
Dwi,N.P.(2013).Konstruksi Sosial Peserta Didikpada Lembaga Bimbingan Non-Formal. Jurnal Paradigma, 1,7-15.
Mabruri, R. A. (2016). Pengaruh Reward Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa KelasIV SD Muhammadiyah Piyaman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 64-72.
Pangestika, R. R., & Ratnaningsih, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Kemampuan Public Speaking Mahasiswa PGSD. EDUKASI : Jurnal Pendidikan, 10, 31-40.
Rosaria, D., & Novika, H. (2017). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bagi AnakUsia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) Di Desa Semangat Dalam Rt.31 handil Bhakti. Jurnal Al-Ikhlas, 2 (2).
Santoso, A., & Rusmawati, Y. (2019). Pendampingan Belajar Siswa di Rumah Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar di Desa Guci Karanggeneng Lamongan. Abdimas Berdaya: Jurnal
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works