Pelatihan Atletik Dasar Bagi Guru-Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Desa Empat Balai Kecamatan Kuok

Authors

  • Raffly Henjilito Scopus ID Author: 57214072395, Universitas Islam Riau
  • Rices Jatra
  • Dupri Dupri
  • Zulkifli Zulkifli
  • Rizki Aridho

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i1.5507

Keywords:

Atletik Dasar, Guru Pendidikan Jasmani, Sekolah Dasar

Abstract

Pelatihan atletik dasar merupakan salah satu upaya untuk menyebarluaskan cara mengajar atletik bagi para guru-guru penjas sekolah dasar yang selama ini sudah mengajar tetapi dengan menggunakan cara pendekatan ke arah prestasi. Sehingga para siswa cenderung kurang tertarik dan materinya sangat terbatas, kegiatan ini juga merupakan salah satu usaha memperkaya bahan pembelajaran yang disajikan dalam bentuk modifikasi yang dimana tampilannya dalam model yang bervariasi. Kegiatan pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan di Desa Empat Balai Kecematan Kuok, antusias para guru yang mengikuti pelatihan atletik dasar bagi guru Sekolah Dasar se Desa Empat Balai, Kecamatan Kuok sangat tinggi hal ini di karenakan belum adanya pelatihan atletik dasar khusus untuk guru sekolah dasar. Manfaat utama kegiatan ini adalah guru memahami mengenai pelatiahn atletik dasar sehingga nantinya bisa diterapkan ditengah – tengah pembelajaran olahraga disekolah. Kegiatan pengabdian ini juga memberikan suatu pengetahuan dan pemahanan tentang olahraga yang sangat disukai oleh siswa.

References

Adang Suherman, (2002). Pendidikan Kebugaran Jasmani Sepanjang Hayat. Bandung: UPI Bandung.

Awali, M. (2020). Pengaruh Latihan Standing Broad Jump Terhadap Lompat Jauh Gaya Jongkok Siswa Smp Negeri 2 Lahat. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 3(2), 188-198.

IAAF Kids Athletics (Atletik Bocah — IAAF). Alih Bahasa oleh H. Suvono Ds. Jakarta: Staf Set-IAAF RDC. (2002)

Hera, T., Rochayati, R., Diah, N., Elvandari, E., & Nurdin, N. (2018). Pelatihan tari lenggang patah sembilan dalam konteks pementasan tari pada siswa-siswi smp negeri 30 kota palembang. Wahana dedikasi, 1(2).

Junaidi, I. A., Nasrullah, N., Imansyah, F., Bayu, I. M. A., Manullang, J. G., Handayani, W., & Asriansyah, A. (2018).Pelatihan pencegahan dan perawatan cidera dalam berolahraga.Wahana dedikasi, 1(2).

Okilanda, A., Iswana, B., & Wanto, S. (2021). Pelatihan Pelatih Fisik Level I Nasional Oku. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(2), 13-19.

Risma, N., Kamarudin, K., & Henjilito, R. (2021). Construction Of 100 Meters Short Distance Test In Penjaskesrek Students FKIP Islamic University Of Riau. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 4(2).

Sugarwanto, S., & Okilanda, A. (2020). Pengaruh Latihan Single Leg Hops Terhadap Hasil Lompat Jangkit Siswa Smp 1 Sungai Lilin. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(1), 85-89.

Downloads

Published

2021-04-30