Pendampingan Latihan Berbasis Online Pada Atlet Cricket Sumatera Barat Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19

Authors

  • Romi Mardela Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang
  • Yendrizal Yendrizal
  • Septri Septri
  • Jeki Haryanto

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i1.5654

Keywords:

Atlet kriket, Aplikasi latihan online, Program kemitraan masyarakat

Abstract

Disaat wabah pandemi Covid-19 melanda dunia, seluruh kegiatan masyarakat terpaksa berhenti untuk menghindari meluasnya penyebaran virus tersebut. Begitu pula dengan kegiatan latihan atlet Kriket Sumatera Barat dalam rangka persiapan Pekan Olahraga Nasional tahun 2021 di Papua juga sempat terhenti dan mengalami kendala sehubung pandemi tersebut. Kriket merupakan olahraga tim, jadi ketika latihan harus bersama-sama (14-20 orang dalam satu tim) agar maksimal dalam mencapai tujuan latihan. Untuk mengumpulkan semua atlet dalam satu sesi latihan menjadi sulit dengan adanya protokol kesehatan untuk pembatasan jarak dan jumlah orang yang berkumpul dalam suatu kegiatan. Hal ini berimbas pada tujuan latihan yang menjadi sulit tercapai. Terhadap persoalan yang dialami mitra tersebut maka perlu untuk dicarikan solusi agar atlet dapat terus latihan tanpa harus berkumpul bersama (dengan menjaga jarak) dan tujuan latihan dapat terus tercapai. Salah satu solusi yang diberikan yaitu dengan melaksanakan distance training berbasis online (latihan secara terpisah) menggunakan aplikasi Cricket Conditioning Physical Workload Monitoring. Fasilitas ini dapat dimanfaatkan oleh para atlet dalam menjalankan program latihan mereka terutama bagi para pelatih dapat dijadikan rujukan dan pedoman dalam mengontrol latihan para atlet dengan menggunakan aplikasi tersebut. Melalui program Kemitraan Masyarakat dari Universitas Negeri Padang pada tahun 2020, beserta dengan kepakaran yang dimiliki oleh para dosen di Fakultas Ilmu Keolahragaan, persoalan yang dialami Tim PON Kriket Sumatera Barat tersebut dapat diatasi dengan menggunakan aplikasi tersebut. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini diantaranya melalui beberapa tahapan. Pertama, sosialisasi dan pengenalan program aplikasi tersebut kepada atlet dan pelatih. Kedua mengujicobakan untuk beberapa kali pertemuan, dan ketiga evaluasi terhadap penerapan aplikasi tersebut. Dan terakhir revisi program/aplikasi. Sehingga luaran yang diharapkan nantinya akan ada kemudahan bagi atlet dan pelatih dalam menjalankan program latihan pada masa kebiasaan baru ini.

References

CricketConditioning. 2019. Cricket Conditioning Physical Workload Monitoring Tutorial. Publis 1 September 2009. https://www.youtube.com/watch?v=mt- UbNxqVI0 diakses pada 25 Januari 2020

Cricket Indonesia. 2015. Buku Panduan Cricket Indonesia. Persatuan Cricket Indonesia. Jakarta.

Daniel Dhakidae, ed. (2003). Profil Daerah: Kabupaten dan Kota Jilid 2. Penerbit Buku Kompas.

Malaysia Cricket Association. (2017) Sesions Plans, dan Games. MCA Level 1 Couching Course materi.

Peraturan pemerintah. 2000. Peraturan pemerintah republik Indonesia nomor 25 tahun 2000 tentang kewenangan pemerintan dan kewenangan provinsi sebagai daerah otonom.

Downloads

Published

2021-05-30