Workshop Pembelajaran Kreatif Sekolah Dasar Di Seberang Ulu II

Authors

  • Aldora Pratama PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang
  • Ali Fakhrudin
  • Arief Kuswidyanarko
  • Henni Riyanti
  • Putri Dewi Nurhasana
  • Muhammad Rizki
  • Rian Setiawan

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i2.5870

Keywords:

Layanan Masyarakat, Pembelajaran Kreatif, Workshop

Abstract

Kreativitas sebagai sebuah bentuk pembelajaran, merupakan bagian vital dari pengembangan kognisi, yang dapat membantu menjelaskan dan menginterpretasikan konsep-konsep abstrak dengan melibatkan keterampilan keingintahuan juga kemampuan menemukan, eksplorasi, pencarian kepastian dan antusiasme, yang semuanya merupakan kualitas-kualitas yang sangat besar yang terdapat pada anak. Aspek-aspek ini dapat diperkuat dengan memberikan penguasaan teknis dan visi yang lebih luas kepada anak, sehingga kretivitas dapat menginformasikan berbagai pembelajaran lainnya. Kegiatan pengabdian ini berbentuk workshop, berupa pelatihan guru dalam merancang pembelajaran kreatif. tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan kratifitas guru dalam proses pembelajaran daring untuk membuat pembelajaran yang kreatif. Metode yang di gunakan dalam workshop ini yaitu; metode ceramah digunakan untuk memberikan penjelasan tentang materi yang akan disampaikan, metode tanya jawab digunakan untuk menggali pemahaman peserta kegiatan dan metode simulasi digunakan untuk mempraktikan proses penilaian hasil pembelajaran kreatif. Khalayak sasaran pada kegiatan pengabdian pada masyarakat ini yaitu guru SD  di Kecamatan Seberang Ulu Dua sebanyak 50 Orang.

 

Creativity as a form of learning, is a part of cognitive development, which can help explain and interpret abstract concepts by involving the skills of curiosity as well as the ability to find, explore, seek certainty and enthusiasm, all of which are very large qualities contained in child. These aspects could be strengthened by giving children technical mastery and a broader vision,thus creativity can inform various other learnings. This activity was in the form of a workshop, in the form of teacher training in designing creative learning. the purpose of this service activity is to increase teacher creativity in the online learning process to create creative learning. The methods used in this workshop are;is used to provide an explanation of the material to be delivered, the question and answer method were used to explore the understanding of the activity participants and the simulation method is used to practice the process of assessing creative learning outcomes. The target audience for this community service activity was 50 elementary school teachers in Seberang Ulu II District.

Keywords: Community Service, Creative Learning Workshop

References

Ahmad, H., Mulyadi, A., Oklianda, A., Putra, D. D., & Warmi, A. (2021). Student Responses during Online Learning in the Covid-19 Pandemic Period. In J. Phys. Conf. Ser..

Almubarak, M., & Rahmat, R. (2021). Tehnik Pemeriksaan dan Pengolahan Hasil Asesmen. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 4(1).

Aqmarani, A., Magdalena, I., & Ayudhiya, N. (2021). Evaluasi Pembelajaran Pada Tingkat Sekolah Dasar. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 57-63.

Choiroh, M. (2021). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Media E Learning. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 3(1), 41-47.

Dinata, F. R. (2020). Teknik Pengolahan Hasil Asesmen Pendidikan Agama Islam (Penentuan Standar Asesmen, Teknik Pengolahan dengan Menggunakan Pendekatan Penilaian Acuan Patokan (PAP), dan Acuan Norma (PAN) di SMK Muhammadiyah Mlati Yogyakarta). Jurnal Al Hikmah, 1(1), 8-24.

Oktaviani, R. E. (2021). Prinsip Prinsip Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI. Pentas: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 1-9. Padilah, P., Utami, F., Jaya, M. P. S., Sinaga, S. I., Novianti, R., & Noverina, R. (2018). Sosialisasi Inovasi Media Pembelajaran Permainan Tunas Integritas Untuk Perkembangan Anak Usia Dini Di PAUD Kasih Bunda Yuliani Kec. Ilir Barat I. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 1(2).

Pramusinta, Y., & Rifanah, F. D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik dalam Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 4(1), 47-58.

Ramadhani, E., & Putri, R. D. (2019). Pelaksanaan konseling pada anak jalanan. Wahana dedikasi, 2(1).

Sarifuddin, A. (2021). Pelaksanaan Teknik Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan, 8(2), 99-104.

Sawaluddin, S., & Muhammad, S. (2020). Langkah-langkah dan Teknik Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal PTK dan Pendidikan, 6(1).

Zainal, N. F. (2020). Pengukuran, Assessment dan Evaluasi dalam Pembelajaran Matematika. LAPLACE: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 8-26.

Downloads

Published

2021-07-02