Pelatihan Perencanaan Dan Penerapan Media Loose Parts Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Bagi Guru PAUD Kecamatan Rumbai Pesisir
DOI:
https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i2.5906Keywords:
Media, Loose Parts, Anak Usia DiniAbstract
Periode kritis bagi adalah anak Periode emas yang mana perkembangan yang didapatkan pada tahap ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan pada periode berikutnya hingga masa dewasanya. Mengingat betapa pentingnya perkembangan anak usia dini ini, maka perlu diberikan stimulus yang tepat. Namun kenyataannya di lapangan pemahaman  para pendidik anak usia dini terhadap anak masih rendah. Banyak pendidik yang sudah terpola dengan pembelajaran tradisional dan monoton. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka pendidikan anak usia dini (PAUD) memerlukan inovasi pembelajaran agar menyenangkan bagi anak, salah satunya dengan menggunakan media loose parts. Hasil dari pelatihan penerapan loose part bahwa 67% peserta atau sekitar 10 orang paham dalam mengikuti atau memahami metode loose part, sedangkan terdiri dari 20% peserta atau sekitar 3 orang hanya memiliki tingkat pemahaman sedikit paham dan yang terakhir terdapat 13% atau 2 peserta tidak paham dalam mengikuti pelatihan ini.
Â
References
Anna Permanasari. (2016). STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Kimia UPI. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Direktorat PADU (2002). Acuan menu pembelajaran pada pendidikan anak dini usia (Menu Pembelajaran Generik) Jakarta : Direktorat PADU – Ditjen PLSP- Depdiknas.
Kurniawan, K., Andriani, R., & Kasriyati, D. (2017). Pengembangan Media Animasi Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Sekecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 68-73.
Permono, H. (2013). Peran Orangtua Dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak untuk Membangun Karakter Anak Usia Dini. Universitas Persada Indonesia, Jakarta. Diakses 07 Februari 2020, dari https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/3994/02.pdf?seq
Widawati. (2010). Implementasi Pembelajaran Berhitung di Taman Kanak-kanak Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Skripsi Sarjana pada FIP UPI. Bandung. Tidak diterbitkan
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works