Pelatihan Perencanaan Dan Penerapan Media Loose Parts Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Bagi Guru PAUD Kecamatan Rumbai Pesisir

Authors

  • Destina Kasriyati Universitas Lancang Kuning
  • Sri Wahyuni Universitas Lancang Kuning
  • Reswita Reswita Universitas Lancang Kuning

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i2.5906

Keywords:

Media, Loose Parts, Anak Usia Dini

Abstract

Periode kritis bagi adalah anak Periode emas yang mana perkembangan yang didapatkan pada tahap ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan pada periode berikutnya hingga masa dewasanya. Mengingat betapa pentingnya perkembangan anak usia dini ini, maka perlu diberikan stimulus yang tepat. Namun kenyataannya di lapangan pemahaman  para pendidik anak usia dini terhadap anak masih rendah. Banyak pendidik yang  sudah  terpola  dengan  pembelajaran tradisional dan monoton. Berdasarkan  permasalahan  tersebut, maka  pendidikan anak usia dini (PAUD)  memerlukan  inovasi  pembelajaran  agar  menyenangkan  bagi  anak, salah satunya dengan menggunakan media loose parts. Hasil dari pelatihan penerapan loose part bahwa 67% peserta atau sekitar 10 orang paham dalam mengikuti atau memahami metode loose part, sedangkan terdiri dari 20% peserta atau sekitar 3 orang hanya memiliki tingkat pemahaman sedikit paham dan yang terakhir terdapat 13% atau 2 peserta tidak paham dalam mengikuti pelatihan ini.

 

Author Biographies

Destina Kasriyati, Universitas Lancang Kuning

Education Department

Sri Wahyuni, Universitas Lancang Kuning

Pendidikan Anak Usia Dini

Reswita Reswita, Universitas Lancang Kuning

Pendidikan Anak Usia Dini

References

Anna Permanasari. (2016). STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Kimia UPI. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Direktorat PADU (2002). Acuan menu pembelajaran pada pendidikan anak dini usia (Menu Pembelajaran Generik) Jakarta : Direktorat PADU – Ditjen PLSP- Depdiknas.

Kurniawan, K., Andriani, R., & Kasriyati, D. (2017). Pengembangan Media Animasi Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Sekecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 68-73.

Permono, H. (2013). Peran Orangtua Dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak untuk Membangun Karakter Anak Usia Dini. Universitas Persada Indonesia, Jakarta. Diakses 07 Februari 2020, dari https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/3994/02.pdf?seq

Widawati. (2010). Implementasi Pembelajaran Berhitung di Taman Kanak-kanak Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Skripsi Sarjana pada FIP UPI. Bandung. Tidak diterbitkan

Downloads

Published

2021-07-16