Peningkatan Kemampuan SDM Sekolah dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 di SMK 2 OKU Selatan
DOI:
https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i2.5909Keywords:
Peningkatan SDM, Revolusi Industri 4.0, SMK 2 OKU SelatanAbstract
Salah satu masalah yang dihadapi oleh sumber daya manusia (SDM) khususnya di sekolah adalah tuntutan percepatan beradaptasi dalam menghadapi perubahan zaman, karena perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membuat banyak perubahan besar dan cepat dalam kehidupan khususnya di era industri 4.0, sehingga kemampuan SDM di Sekolah harus terus ditingkatkan agar dapat menghasilkan lulusan yang unggul dan mempu bersaing. Metode pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakt (PkM) yang dilaksanakan oleh dosen-dosen Tetap Yayasan (DTY) dan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang ini akan dilaksanakan dengan menggunakan metode pelatihan/pembekalan teori, diskusi dan tanya jawab. Hasil kegiatan menunjukkan terjadinya interaksi yang sangat aktif antara peserta dan pemateri dimana peserta semangat dalam menyimak materi serta berperan langsung dalam mempraktekkan teori-teori mengenai materi yang dipaparkan. Dari hasil kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan SDM sekolah dalam menghadapi revoluasi industri 4.0, hal ini terlihat dari adanya keterampilan dalam pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran maupun lainnya yang merupakan salah satu ciri revolusi industri 4.0.
References
A, W. A. (2019). Strategi Pengembangan SDM dalam Persaingan Bisnis Industri Kreatif di Era Digital. ‘Adliya Jurnal Hukum dan Kemanusian, 13(1), 115-126.
Almasri, M. N. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia: Imlementasi dalam Pendidikan Islam. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2).
Hamdani, A. (2018). Model Pengelolaan SDM yang Inovatif di SMK. Jurnal Educandum, 11(1), 1-11.
Harding, Diana. dkk. (2018). Pelatihan dan Pengembangan SDM sebagai Salah Satu Upaya Menjawab Tantangan MEA. Jurnal Psikologi Sains dan Profesi, 2(3), 185-192.
Listiorini, & Ika, D. (2018). Pengaruh Jenjang Pendidikan dan Pelatihan Akuntansi Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha UMKM Mitra Binaan Bank Sumut Medan. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 4(1), 27-42.
Pratiwi, N., Hodsay, Z., Lestari, N. D., Pramika, D., Gunawan, H., Yulaini, E., et al. (2018). Pelatihan dan Workshop Desain Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Wahana Dedikasi, 1(2), 32-40.
Pratiwi, S. N. (2020). Manajemen Strategi Sumber Daya Manusia Pendidikan di Era 4.0. Jurnal EduTech, 6(1).
Purnamasari, I., Tanuatmodjo, H., & Yuliyanti, L. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dengan Menggunakan Media Modul Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Pada Siswa Sma Se-Kota Bandung. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 2(3), 457-472.
Putri, V. K. (2021, Februari 2). Apa itu Revolusi Industri 4.0? Retrieved from Kompas.com: https://www.kompas.com/skola/read/2021/02/02/193045869/apa-itu-revolusi-industri-40?page=all
Widayati, S. (2019). Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Revolusi Industri 4.0. Infofeed Media Pakan Ternak, 6(2), 1-44.
Wikipedia. (2020, Agustus 26). Sumber Daya Manusia. Retrieved Mei 17, 2021, from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Sumber_daya_manusia
Zulfadli. (2021). 9 Teknologi Pilar Utama Dalam Revolusi Industri 4.0. Retrieved Mei 17, 2021, from https://fti.bunghatta.ac.id/2020/12/21/9-teknologi-pilar-utama-dalam-revolusi-industri-4-0/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works