Berjiwa Seni Melalui Olah Tubuh Sehat Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 4 OKU

Authors

  • Treny Hera Universitas PGRI Palembang
  • Nurdin Nurdin
  • Efita Elvandari
  • Naomi Diah Budi Setyaningrum
  • Rio Eka Putra
  • Deria Sepdwiko
  • Rully Rochayati
  • Auzy Madona Adoma

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v5i1.6081

Keywords:

Berjiwa Seni, Gerak Indah, Pandemi Covid 19.

Abstract

Kegitan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) adalah salah satu tugas pokok di dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas PGRI Palembang. Capaian kegiatan PkM yang dilakukan adalah guru dan siswa khususnya di SMA Negeri 4 OKU agar mampu menguasai gerak sehat melalui seni “Zapin Coronaâ€. Pendidikan kesenian khususnya seni memiliki banyak potensi dan peran dalam menghadapi pandemi Covid-19 terutama untuk mengurangi kecemasan dan ketakutan yang meangkibatkan sesorang bisa stress. Melalui seni jiwa kita bisa mengungkapkan potensi seni sehingga daya ekspresi bisa menimbulkan relaksasi bagi kita yang telah mengalami kejenuhan di rumah saja. Melaui olah tubuh seni jiwa menjadi sehat dan pikiran menjadi terhibur sehingga kecemasan terhadap pandemi bisa berkurang. Seni merupakan sesuatu yang menarik untuk diapresiasi. Peran seni dapat mendalam pada pikiran dan tubuh. kesenian memiliki dampak secara aktif menjadi kreatif. Kegiatan PkM merupakan kegiatan melatih guru dan siswa menari tari Zapin Corona melalui workshop berjiwa seni melalui olah tubuh sehat dalam menghadapi pandemi Covid-19 di SMA Negeri 4 OKU Sumatera Selatan

References

Hera, T. (2018). Aspek-Aspek Penciptaan Tari Dalam Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 387.

Hera, T. (2020). Fungsi Tari Tanggai Palembang. Geter, 3, 64-77.

Hera, T. d. (2021). Workshop Virtual Cipta Kreasi Sebagai Daya Kreatifitas Tari Melaju Dengan Mutu. Wahana Dedikasi.

Purwanto, A. d. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID- 19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of education, pyshology and counseling.

Rochayati, R. d. (2018). Pelatihan dan Workshop Unsur- Unsur Pendukung Karya Seni Tari Tradisi Sumatera Selatan Pada Siswa-Siswi Se-Kota Palembang. Wahana Dedikasi.

Widyastutieningrum, S. R. (2012). Tayub Di Blora Jawa Tengah Pertunjukan Ritual Kerakyatan. Surakarta: ISI Surakarta.

Yurianto, d. (2020). Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian aCoronavirus Disease (Covid-19) .

Downloads

Published

2022-01-16