Meningkatan "Coaching Skill" Pelatih Bulutangkis Sumatera Barat Melalui Pendekatan BSDM (Badminton Skill Diagnosis Model) Berbasis Kinovea Software
DOI:
https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i2.6702Keywords:
Coaching Skill, BSDM(Badminton Skill Diagnosis Model), Kinovea SoftwareAbstract
Terkait dengan pembelajaran dan pelatihan cabang olahraga bulutangkis, dari observasi di lapangan ditemui beberapa klub pembinaan di Sumatera Barat ditemukan beberapa permasalahan mendasar, yakniMasih banyak pelatih belum memahami hakekat, fungsi dan tujuan dan cara memberikan koreksi terhadap kesalahan gerak atlet, Kebanyakan koreksi yang diberikan belum berdasarkan diagnosa yang tepat, Masih banyak pelatih belum memahami dengan baik analisis kesalahan gerak dan Kebanyakan koreksi gerakan yang diberikan berdasarkan pengamatan pelatih secara parsial, dengan kata lain koreksi yang diberikan mengabaikan dialog antara pelatih dan atlet.BSDM (Badminton Skill Diagnosis Model) merupakan sebuah temuan dalam mengevaluasi dengan menggunakan pendekatan situasional melalui Diagnosa, Koreksi, dan Terapi terhadap Kesalahan gerak yang terjadi, yang bertujuan untuk: Menentukan diagnosa kesalahan gerak yang terjadi, Melakukan koreksi atas kesalahan gerak yang terjadi dan memberikan terapi atas koreksi dari kesalahan gerak tersebut.Kinovea adalah pemutar video/visualyang telah dibuat khusus untuk para profesional olahraga dan pelatih. Pengguna dapat mengunggah video dariÂmereka yang mempraktikkan olahraga yang berbeda sehingga mereka dapat menganalisis gerakan olahragadan mendapatkan gambaran gerak yang dibutuhkan butuhkan untuk dianalisis, diperbaiki dan ditingkatkan performa gerak tersebutPenerapan teknologi BSDM berbasiskan kinovea software bagi pelatih dalam kegiatan evaluasi keterampilan teknik bermain bulutangkis akan keterampilan melatih (coaching Skill) khususnya dalam melakukan diagnosa, koreksi, dan perbaikan perbaikan yang lebih akurat dan tepat sasaran untuk memperbaiki keterampilan bermain bulutangkis secara keseluruhan. Kegiatan ini akan dikenalkan dan diterapkan pada seluruh pelatih bulutangkis Sumatera Barat yang mewakili dari masing masing utusan kabupaten kota dan klub-klub yang eksis dalam melakukan pembinaan sebanyak 40 orang. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan di Kota Padang karena sangat pesat pertumbuhan klub pembinaan dan memiliki fasilitas yang baik untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Kegiatan ini merupakan kerjasama dengan mitra terkait yaitu PBSI Provinsi Sumatera Barat dengan FIK dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan khususnya cabang bulutangkis sebagai mata kulia wajib tingkat jurusan
References
Komaini, A., & Mardela, R. (2017). Fundamental Motor Skills of Kindergarten Students ( A Survey Study of the Influence of Financial Condition , Playing Activity , and Nutritional Status ) Fundamental Motor Skills of Kindergarten Students ( A Survey Study of the Influence of Financial Condi. https://doi.org/10.1088/1742-6596/755/1/011001
Kiram, Y. (n.d.). ( Edisi Revisi ) Universitas Negeri Padang.
Knudson, D. (2004). The Hill Muscle Model. Fundamentals of Biomechanics. https://doi.org/10.1016/S0031-9406(05)61176-5
Milanese, C., Cavedon, V., Corte, S., & Agostini, T. (2017). The effects of two different correction strategies on the snatch technique in weightlifting. Journal of Sports Sciences, 35(5), 476–483.
Asnaldi, A. (2019). Panduan Pelatihan Komponen Motor Ability Bagi Pelatih Lemkari Dojo Angkasa Lanud Padang. ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/332709190_Panduan_Pelatihan_Komponen_Motor_Ab
ility_Bagi_Pelatih_Lemkari_Dojo_Angkasa_Lanud_Padang
Ability in the Level of Development on Control Objects of Early Childhood Education Students in Pariaman City and Padang Panjang City. Proceedings of the 1st International Conference of Physical Education (ICPE 2019), 97–100. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200805.028
Barnett, F., & Thomas, Y. (2012). The impact of exercise on the mental health and quality of life of people with severe mental illness : a critical review. March 2014, 47–60. https://doi.org/10.4276/030802212X13286281650956
BPS. (2018). No Title.
Didik Rilastiyo Budi, Arfin Deri Listiandi, Rifqi Festiawan , Neva Widanita, D. A. (2020). Indeks Masa Tubuh (IMT): Kajian Analisis Pada Atlet Renang Junior Usia Sekolah Dasar Didik. Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 3(2), 46–53. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/tegar.v3i2.24452
Drachsler, H. (2011). Learner Characteristics. January. https://doi.org/10.1007/978-1-4419-1428-6
Glasow, P. (2005). Fundamentals of Survey Research Methodology.
Harackiewicz, J. M., & Hulleman, C. S. (2010). The Importance of Interest : The Role of Achievement Goals and Task Values in Promoting the Development of Interest. 1, 42–52.
Harper, S. (2012). The Leader Coach: A Model of Multi-Style Leadership. Journal of Practical Consulting, 4(1), 22–31.
Kirca, A. H., Jayachandran, S., & Bearden, W. (2005). Market Orientation : A Meta-Analytic Review and Assessment of Its. April. https://doi.org/10.1509/jmkg.69.2.24.60761
Omar, D., & Aman, M. S. (2009). Sports Facilities Development and Urban Generation. April. https://doi.org/10.3844/jssp.2009.460.465
Osborne, R. E. (2013). Journal of Online Learning and Teaching It Can Be Taught : Explorations into Teaching the Foundations for Multicultural Effectiveness in an Online Course. December.
Papa, S. (2017). The Effects of Physical Activity on Social Interactions : The Case of Trust and Trustworthiness The Effects of Physical Activity on Social Interactions : The Case of Trust and Trustworthiness. July. https://doi.org/10.1177/1527002517717299
Science, I., Queen, H., & Queen, H. (2013). Guideline adaptation and implementation planning : A prospective observational study. December 2016. https://doi.org/10.1186/1748-5908-8-49
Takaloo, N. M., & Ahmadi, M. R. (2017). The Effect of Learners ’ Motivation on Their Reading Comprehension Skill : A Literature Review. 10–21.
Woodward, M. (2011). SHUTTLE TIME. BWF Journal.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works