Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru-Guru SMKN I Benakat Muara Enim

Authors

  • Yessi Fitriani
  • Ratu Wardarita
  • Missriani Missriani
  • Dessy Wardiah
  • Muhammad Ali
  • Siti Rukiyah
  • Puspa Indah Utami

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i2.6706

Keywords:

Pelatihan, Penelitian Tindakan Kelas, Pengabdian Kepada Masyarakat

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat merupakan bentuk pelaksanaan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya (IPTEKS) langsung pada masyarakat secara formal dalam usaha mengembangkan kemampuan masyarakat. Oleh karena itu, fokus dari kegiatan ini adalah peningkatan kemampuan atau profesionalitas guru/pendidik dalam bidang penelitian, yakni melalui penelitian tindakan kelas (PTK). Kegiatan pengabdian ini berbentuk workshop, berupa pelatihan guru dalam melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Metode pelatihan ini dilakukan dengan metode: ceramah dan tanya jawab, demonstrasi, latihan dan praktik. Materi pelatihan disajikan dengan lebih banyak praktik daripada teori, dengan rasio perbandingan 25% teori dan 75% praktik. Tempat pelatihan dilakukan di ruang pertemuan di SMKN 1 Benakat, Muara Enim. Sasaran pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu guru-guru SMKN 1 di Benakat, Muara Enim.

References

Arikunto, Suharsimi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Muslich, Masnur. (2014). Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Itu Mudah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Tampubolon, Saur. (2014). Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.
Undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Wiriaatmadja, Rochiati. (2007). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-11-21