Pelatihan Pembuatan Konten Video Pembelajaran Daring Di MI Al-Falaah Banaran Kota Kediri

Authors

  • Febri Taufiqurrahman Universitas Negeri Malang
  • Didin Widyartono
  • Anang Santoso
  • Suparno Suparno
  • Abdul Syukur Ibrahim

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v5i1.6787

Keywords:

Video Pembelajaran, Pembelajaran Daring, Teknologi Digital

Abstract

Perubahan paradigma penyelenggaraan pendidikan di era revolusi industri 4.0 mendorong terjadinya perubahan dan pembaruan pada beberapa aspek pembelajaran. Setiap lembaga pendidikan dituntut untuk beradaptasi dengan metode pembelajaran yang baru. Setiap pendidik harus mengubah metode pembelajaran lama yang konvensional dengan metode pembelajaran yang menggunakan teknologi digital. Apalagi ketika di masa pandemi seperti ini, metode pembelajaran yang harus digunakan adalah metode pembelajaran daring (online). MI Al Falaah Kota Kediri merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian  Agama yang beralamatkan di Jalan Masjid Timur No. 449a Kelurahan Banaran Pesantren Kota Kediri. Adapun lokasi MI Al Falaah Kota Kediri terletak pada geografis yang sangat cocok untuk proses belajar mengajar yang terletak di tengah pemukiman penduduk. MI ini dibangun dengan pertimbangan tata letak bangunan yang memberikan kenyamanan untuk belajar. Hal ini dapat di lihat dari tata letak ruang belajar yang agak jauh dari jalan raya sehingga kebisingan dari kendaraan bermotor dan kendaraan umum yang melintasi jalan raya dapat diminimalisir dan siswa tetap belajar dengan nyaman. Namun demikian, berdasarkan survei dan pengamatan, MI Al-Falaah Kota Kediri memiliki kekurangan yaitu a. masih banyaknya guru yang menggunakan metode pembelajaran lama; b.masih banyaknya guru yang belum bisa mengoperasikan IT; dan c. kurangnya alat peraga dan media pembelajaran. Oleh karena itu, Tim Pengabdian Masyarakat FS UM bermaksud untuk mengadakan program kegiatan “Pelatihan Pembuatan Konten Video Pembelajaran Daring di MI Al-Falaah Banaran Kota Kediriâ€. Adapun tujuan diadakan kegiatan ini adalah agar para guru dapat membuat video pembelajaran daring secara mandiri sehingga para siswa dapat mencerap pelajaran dengan baik dan maksimal, terutama di era pandemi seperti ini..

References

Agustiningsih, A. (2015). Video

sebagai alternatif media

pembelajaran dalam rangka

mendukung keberhasilan

penerapan kurikulum 2013 di

sekolah dasar. PEDAGOGIA:

Jurnal Pendidikan, 4(1), 50–

Al Fasyi, M. C. (2015). Pengaruh

penggunaan media video

terhadap hasil belajar IPA

siswa kelas IV SD Negeri

Ngoto Bantul Yogyakarta.

Basic Education, 4(16).

Arikunto, S. (2013). Prosedur

penelitian suatu pendekatan

praktik.

Daryanto, D. (2013). Menyusun

modul bahan ajar untuk

persiapan guru dalam

mengajar. Yogyakarta: Gava

Media.

Fakunle, I. (2008). Enhancing the

Teaching and Learning of

Mathematics through

Effective Utilization of

Instructional Materials.

Journal of Teacher Education,

(1), 102–111.

Fathurrohman, P., & Sutikno, M. S.

(2009). Strategi Belajar

Mengajar: PT. Refika

Aditama.

Fatunmbi, O. O. (2005). Effect of

video tape presentation on

senior secondary school

students attitudes towards

physical education. Journal of

Teacher Education, 8(1), 56–

Rahmah, S. A., & Widyartono, D.

(2021). Pengembangan Modul

Elektronik Menulis Teks

Tanggapan Berbasis LMS

Moodle dengan Muatan

Ekoliterasi untuk Kelas 9.

Diglosia: Jurnal Kajian

Bahasa, Sastra, Dan

Pengajarannya, 4(4), 473–

Taufiqurrahman, Febri, dkk. (2020).

Training and Mentoring of

Scientific Writing Based on

Corpus Linguistics, Wahana

Dedikasi, Vol. 3, No. 2.

Taufiqurrahman, Febri. (2021).

Budaya Digital: Tetap

Berkarya di Era Digital (.ppt).

Malang: Universitas Negeri

Malang

Downloads

Published

2022-05-31