Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Menjadikan Guru Sekolah Dasar Profesional

Authors

  • Rury Rizhardi Universitas PGRI Palembang
  • Imelda Ratih Ayu Universitas PGRI Palembang
  • David Budi Irawan
  • Moh. Reza Ifnuari
  • Upy Raudotul Jannah

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v5i1.6955

Keywords:

Pelatihan, Artikel Ilmiah, Sekolah Dasar

Abstract

Kemampuan menulis artikel bagi guru menjadi tuntutan profesinya serta bagi pengembangan karirnya guru wajib memenuhi syarat berupa penulisan Karya Tulis Ilmiah. Keluhan tidak bisa menulis masih saja menjadi hambatan bagi guru untuk menangkap peluang-peluang tersebut, sehingga pengembangan diri dan karirnya berjalan tidak seperti yang diharapkan. Secara umum ada beberapa kendala yang bisa ditemukan sehingga membuat tingkat partisipasi menulis di kalangan guru ini rendah. Selama ini guru lebih banyak disibukkan dengan aktivitas mengajar di kelas sehingga kewajiban membaca untuk pengembangan dirinya menjadi tidak terpenuhi. Keterbatasan ketersediaan bahan bacaan yang bisa menjadi bahan tulisan serta tidak adanya rasa percaya diri dan kurangnya pengalaman untuk menulis. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan penulisan artikel bagi guru dengan cara memberikan pelatihan serta penyuluhan penulisan artikel. Metode kegiatan ini dilaksanakan dengan pelatihan, penyuluhan, dan pendampingan.

References

Eni Nur Aisyah, Putri Mahanani. (2017). PELATIHAN MENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU SEKOLAH DASAR DAN TAMAN KANAK-KANAK KECAMATAN TAJINAN KABUPATEN MALANG. ABDIMAS PEDAGOGI.

Gie, T. L. (1992). Pengantar Dunia Karang Mengarang. Yogyakarta: Liberty.

Khisbiyah, Y. (2000). Melawan Kekerasan Tanpa Kekerasan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Maryadi. (2010). Pedoman Penulisan Skripsi FKIP . Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Downloads

Published

2022-01-22