Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dalam Pembelajaran E-Learning Bagi Guru SMK Pembangunan YPT Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31851/dedikasi.v5i1.7026Keywords:
Publikasi Ilmiah, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Untuk menjadi guru yang profesional, pemerintah mencanangkan Program Profesi Berkelanjutan (PKB). Salah satu komponen PKB adalah publikasi ilmiah. Seorang guru yang akan melakukan publikasi ilmiah harus mengawali kegiatannya dengan membuat proposal penelitian. Pembuatan proposal penelitian diawali dengan mencari masalah pendidikan yang dapat diangkat sebagai masalah penelitian. Masalah yang paling dekat dengan guru adalah proses pembelajaran di sekolah yang saat ini menggunakan e-learning akibat kondisi COVID-19. Masalah ini dapat diselesaikan melalui penelitian tindakan kelas (PTK). Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pelatihan ini adalah metode ceramah, tanya jawab, diskusi dengan target audiens adalah guru-guru di SMK Pembangunan YPT Palembang. Hal ini terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh peserta dan hasil dari kuisioner yang diberikan. Kesimpulan dari hasil kegiatan pelatihan ini adalah kegiatan telah dilaksanakan dengan lancar dan mendapat respon yang positif dari para peserta. Pelatihan ini telah memberikan informasi bagi guru dalam penyusunan proposal PTK. Harapannya, guru dapat memahami dan selanjutnya mampu mengembangkan proposal penelitian tindakan kelas untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada di kelas.
References
Arikunto, Suhardjono, Supardi (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Aqib, Zainal, dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya
Hunaepi, Prayogi, S., Samsuri, T., Asy’ari, M., Firdaus, L., Fitriani, H. (2016). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah bagi Guri di MTs. NW Merataknao, Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1) 38-40, Oktober 2016.
Jana, P., Pamungkas, B. (2018). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SD Negeri Guwosari, Abdimas Dewantara, 1(1) 39-46, Maret 2018.
Kelana, N. S. (2019), Mencermati Komponen Pengembangan Diri dalam PKB Guru, https://siedoo.com/berita-19527-mencermati-komponen-pengembangan-diri-dalam-pkb-guru/
Lembaran Negara Republik Indonesia (1959) Nomor 75, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, https://www.mkri.id/public/content/infoumum/regulation/pdf/UUD45%20ASLI.pdf
Lembaran Negara Republik Indonesia (2005) Nomor 4586, Undang-undang Dasar Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen, https://jdih.usu.ac.id/phocadownload/userupload/Undang-Undang/UU%2014-2005%20Guru%20dan%20Dosen.pdf
Lembaran Negara Republik Indonesia (2005) Nomor 4496, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, https://pelayanan.jakarta.go.id/download/regulasi/peraturan-pemerintah-nomor-19-tahun-2005-tentang-standar-pendidikan-nasional.pdf
Masnunah, D., Wahyuni, D., Antono, A., Ambarukmi, S. (2012), Kebijakan pengembangan profesi guru (Bahan Ajar PPG), Badan PSDMPK-PMP, https://www.usd.ac.id/fakultas/pendidikan/f1l3/PLPG2017/KEBIJAKAN%20PEMBINAAN%20DAN%20PENGEMBANGAN%20GURU.pdf
Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (2009), Peraturan Mentri Negara Pembergayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, https://jdih.menpan.go.id/data_puu/PERMENPAN2009_016.pdf
Muslich, M. (2014). Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) itu mudah, Jakarta: Bumi Aksara
Tampubolon, S. (2014). Penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan profesi pendidik dan keilmuan: Penerbit Erlangga, Jakarta
Widyaningsih, S., Yusuf, I., Damopolii, I. (2019), Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru IPA Kabupaten Manokwari Papua Barat. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 3(2), 115-124, Desember 2019.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works