Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dalam Pembelajaran E-Learning Bagi Guru SMK Pembangunan YPT Palembang

Authors

  • Sulistiawati Sulistiawati UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
  • Patricia H.M. Lubis UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
  • Lukman Hakim UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
  • Rita Sulistyowati UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
  • Sugiarti Sugiarti UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
  • Linda Lia UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
  • Lefudin Lefudin UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v5i1.7026

Keywords:

Publikasi Ilmiah, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Untuk menjadi guru yang profesional, pemerintah mencanangkan Program Profesi Berkelanjutan (PKB). Salah satu komponen PKB adalah publikasi ilmiah. Seorang guru yang akan melakukan publikasi ilmiah harus mengawali kegiatannya dengan membuat proposal penelitian. Pembuatan proposal penelitian diawali dengan mencari masalah pendidikan yang dapat diangkat sebagai masalah penelitian. Masalah yang paling dekat dengan guru adalah proses pembelajaran di sekolah yang saat ini menggunakan e-learning akibat kondisi COVID-19. Masalah ini dapat diselesaikan melalui penelitian tindakan kelas (PTK). Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pelatihan ini adalah metode ceramah, tanya jawab, diskusi dengan target audiens adalah guru-guru di SMK Pembangunan YPT Palembang. Hal ini terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh peserta dan hasil dari kuisioner yang diberikan. Kesimpulan dari hasil kegiatan pelatihan ini adalah kegiatan telah dilaksanakan dengan lancar dan mendapat respon yang positif dari para peserta. Pelatihan ini telah memberikan informasi bagi guru dalam penyusunan proposal PTK. Harapannya, guru dapat memahami dan selanjutnya mampu mengembangkan proposal penelitian tindakan kelas untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada di kelas.

References

Arikunto, Suhardjono, Supardi (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Aqib, Zainal, dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya

Hunaepi, Prayogi, S., Samsuri, T., Asy’ari, M., Firdaus, L., Fitriani, H. (2016). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah bagi Guri di MTs. NW Merataknao, Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1) 38-40, Oktober 2016.

Jana, P., Pamungkas, B. (2018). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SD Negeri Guwosari, Abdimas Dewantara, 1(1) 39-46, Maret 2018.

Kelana, N. S. (2019), Mencermati Komponen Pengembangan Diri dalam PKB Guru, https://siedoo.com/berita-19527-mencermati-komponen-pengembangan-diri-dalam-pkb-guru/

Lembaran Negara Republik Indonesia (1959) Nomor 75, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, https://www.mkri.id/public/content/infoumum/regulation/pdf/UUD45%20ASLI.pdf

Lembaran Negara Republik Indonesia (2005) Nomor 4586, Undang-undang Dasar Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen, https://jdih.usu.ac.id/phocadownload/userupload/Undang-Undang/UU%2014-2005%20Guru%20dan%20Dosen.pdf

Lembaran Negara Republik Indonesia (2005) Nomor 4496, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, https://pelayanan.jakarta.go.id/download/regulasi/peraturan-pemerintah-nomor-19-tahun-2005-tentang-standar-pendidikan-nasional.pdf

Masnunah, D., Wahyuni, D., Antono, A., Ambarukmi, S. (2012), Kebijakan pengembangan profesi guru (Bahan Ajar PPG), Badan PSDMPK-PMP, https://www.usd.ac.id/fakultas/pendidikan/f1l3/PLPG2017/KEBIJAKAN%20PEMBINAAN%20DAN%20PENGEMBANGAN%20GURU.pdf

Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (2009), Peraturan Mentri Negara Pembergayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, https://jdih.menpan.go.id/data_puu/PERMENPAN2009_016.pdf

Muslich, M. (2014). Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) itu mudah, Jakarta: Bumi Aksara

Tampubolon, S. (2014). Penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan profesi pendidik dan keilmuan: Penerbit Erlangga, Jakarta

Widyaningsih, S., Yusuf, I., Damopolii, I. (2019), Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru IPA Kabupaten Manokwari Papua Barat. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 3(2), 115-124, Desember 2019.

Downloads

Published

2022-01-20