Sosialisasi Olahraga Bola Tangan Pada Pengurus Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Kabupaten Rokan Hulu

Authors

  • Zulkifli Zulkifli Universitas Islam Riau
  • Ahmad Yani Universitas Islam Riau
  • Alficandra Alficandra Universitas Islam Riau
  • Dea Ramadhini
  • Muhammad Reski Alfindo

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v5i1.7100

Keywords:

Bola tangan

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan pada pengurus Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Kabuipaten Rokan Hulu tanggal 17 Desember 2021. Kegiatan ini merupakan Sosialisasi Olahraga Bola Tangan. Kegiatan permainan bola tangan belum pernah dilakukan kedaerah – daerah, sehingga bola tangan belum terlalu diketahui oleh Sebagian pengurus ABTI Kabupaten Rokan Hulu. Induk organisasi olahraga bola tangan ini baru masuk ke provinsi Riau pada tahun 2016, dan sekarang sudah terdaftar menjadi anggota KONI provinsi Riau. Jadi dengan adanya pengabdian ini, kita semua berharap bisa mengenalkan olahraga baru yang masuk ke Riau dan bisa lebih mengembangkannya. Kegiatan pengabdian yang dilaku oleh Tim Dosen  dan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau, kita beharap dengan adanya sosialisai olahraga bola tangan ini dapat memberikan suatu informasi terhadap olahraga yang baru masuk ke provinsi Riau. sehinga kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada peserta dan bisa mengetahi mengenai permainan bola tangan baik secara teori maupun praktik langsung dilapangan. Berdasarkan sosialisasi yang akan dilakukan, diharapkan pengurus mengerti nantikan akan sejarah perkembangan permainan bola tangan, pengertian permainan bola tangan, tehnik-tehnik dasar dalam permainan bola tangan dan aturan-aturan yang terdapat dalam permainan bola tangan.

References

Henjilito, R., Jatra, R., Dupri, Zulkifli, & Aridho, R. (2021). Pelatihan Atletik Dasar Bagi Guru-Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Desa Empat Balai Kecamatan Kuok. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 4(1), 74–81.

Okilanda, A., Iswana, B., & Wanto, S. (2021). Pelatihan Pelatih Fisik Level I Nasional KONI Ogan Komering Ulu. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(2), 13.

Syafruddin, M. A., Jahrir, A. S., & Karim, A. (2021). PKM Sosialisasi Olahraga Bola Tangan di UKM SPORT STKIP YPUP Makassar. Jurnal Pengabdian Olahraga Di Masyarakat, 2(1), 19–22.

Downloads

Published

2022-01-19