Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Daring Guru Penjaskes
DOI:
https://doi.org/10.31851/dedikasi.v5i1.7116Keywords:
Media Pembelajaran, Hasil Belajar, SiswaAbstract
Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Pemanfaatan media seharusnya merupakan bagian yang harus mendapat perhatian guru / fasilitator dalam setiap kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu guru / fasilitator perlu mempelajari bagaimana menetapkan media pembelajaran agar dapat mengefektifkan pencapaian tujuan pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Pada kenyataannya media pembelajaran masih sering terabaikan dengan berbagai alasan, antara lain: terbatasnya waktu untuk membuat persiapan mengajar, sulit mencari media yang tepat, tidak tersedianya biaya, dan lain-lain. Hal ini sebenarnya tidak perlu terjadi jika setiap pendidik / fasilitator telah mempunyai pengetahuan dan ketrampilan mengenai media pembelajaran. Di masa pandemik seperti saat ini peranan pengunaan Media dalam pembelajaran, memegang peranan penting dalam mencapai sebuah tujuan belajar. Penggunaan Media pembelajaran harus bervariasi, menarik perhatian, lebih menyenangkan, dan dapat memberikan pengalaman belajar sehingga peserta didik dapat menangkap materi pelajaran dengan mudah. Pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran dari rumah bukanlah hal mudah bagi guru untuk dilakukan. Banyak faktor yang mengakibatkan sulit untuk dilakukan antara lain, yaitu keterbatasan kemampuan guru dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi, sarana dan prasarana yang dimiliki guru dan siswa serta kondisi lingkungan yang kurang mendukung.Berdasarkan sosialisasi pengunaan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran daring diharapkan guru-guru penjasorkes di Desa Topang mampu memanfaatkan teknologi dalam memberikan materi pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami oleh siswaReferences
Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Danim, S. (1995). Media komunikasi pendidikan: pelayanan profesional pembelajaran dan mutu hasil belajar. Bumi Aksara.
Edwar, Z. S., Ardie, R., Nulhakim, L., Pendidikan, T., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2022). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengembangan Media Pembelajaran Adobe Flash CS6 pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. 4(1), 498–507.
Febri, Al Rasyid, Primawati, Irzal, & Rifelino. (2022). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN APPLICATION OF VIDEO TUTORIAL LEARNING MEDIA TO INCREASE STUDENT LEARNING OUTCOMES IN PDTM AT SMK NEGERI 1 BUKITTINGGI Abstrak. 4(1), 65–69.
Hamalik, O. (1982). Media Pendidikan .Citra. Citra Aditya Bakti.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3).
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1). https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Jatra, R. (2017). Pengaruh metode latihan interval ekstensif dan fartlek wasit sepakbola kota padang. Sport area, 26, 79–87.
Kemendikbud. (2014). 103 tahun 2014 tentang pembelajaran pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. In jakarta: kementerian pendidikan dan kebudayaan.
Maya maghrobi arum, d., suryaningtyas, w., & soemantri, s. (2021). Efektivitas komik digital sebagai media pembelajaran daring pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Journal of education and teaching (jet), 3(1), 24–36. Https://doi.org/10.51454/jet.v3i1.127
Nadziroh, f. (2017). Analisa efektifitas sistem pembelajaran berbasis e-learning. Jurnal ilmu komputer dan desain komunikasi visual (jikdiskomvis), 2(1).
Siregar, h. S., sugilar, h., & hambali, h. (2020). Merekonstruksi alam dalam kajian sains dan agama studi kasus pada masa pembatasan sosial berskala besar ( psbb ) dampak covid-19. Karya tulis ilmiah uin sunan gunung djjati bandung.
Suhada, i., kurniati, t., pramadi, a., listiawati, m., biologi, p. P., gunung, s., & bandung, d. (2020). Pembelajaran daring berbasis google classroom mahasiswa pendidikan biologi pada masa wabah covid-19. Jurnal pembelajaran daring, 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works