Bimbingan Teknis Memahami Perilaku Peserta Didik di Kelas Daring dan luring

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v5i1.7334

Abstract

Memahami karakteristik peserta didik di masa Pandemi Covid-19 menjadi bagian dalam pembelajaran yang luar biasa. Memahami perilaku atau karakteristik peserta didik di masa Pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi guru. Permasalahan yang muncul pada guru saat pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Maninjau ini adalah, Pertama: masih ada kendala guru dalam memahami karakteristik dan perilaku yang ditampilkan oleh peserta didik dalam pembelajaran. Kedua: masih ada guru yang belum mengetahui bagaimana cara merespon perilaku yang ditampilkan oleh peserta didik secrara tepat. Ketiga: Adanya guru yang merasa jenuh dalam menghadapi perilaku yang tunjukan oleh peserta didik dalam pembelajaran. Pelaksanaan PKM di SMA Negeri 1 Tanjung Raya dilaksanakan dengan prinsip partisipatif dan Kolaboratif. Kegiatan Bimtek yang dilakukan secara berkesinambungan dan terjadwal. Pelaksanaan kegiatan PKM dilakukan melalui Bimbingan Teknis (BIMTEK) menggunakan metode Focus Group Discation (FGD) dan Metode Simulation sehingga guru manjadi terampil dalam memahami perilaku peserta didik di kelas daring dan luring. Metode ini akan diterapkan dalam semua tahapan kegiatan untuk mencapai tujuan dari PKM. Hasil yang diperoleh adalah bahwa para Guru sangat antusias, serius dan dapat memahami perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran

References

Aisyah, S. (2015). Perkembangan peserta didik dan bimbingan belajar. Deepublish.

Darmadi, H. (2016). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161–174.

Ledang, I. (2015). Pembentukan dan Proses Kreatif Perspektif Beaviorisme. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 67–80.

Okilanda, A., Dlis, F., Humaid, H., Putra, D. D., & Arisman, M. (2021). Defense warm-up exercise material for 13-age athlete using video technology in covid-19 era. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 629–634.

Rahmat, P. S. (2021). Psikologi pendidikan. Bumi Aksara.

Rosyid, M. Z. (2018). Reward & punishment dalam pendidikan. Literasi Nusantara.

Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285–312.

Sudrajat, J. (2020). Kompetensi guru di masa pandemi COVID-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 100–110.

Supriadi, O. (2020). Peranan Kepala PAUD dalam Penyelenggaraan Pendidikan Sebelum dan Saat Terjadi Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 841–856.

Wati, N. I., Budiono, A. N., & Ernawati, S. (2018). Bimbingan Kelompok Teknik Psikodrama untuk Menurunkan Burnout. Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 1(2), 51–57.

Downloads

Published

2022-02-01