Bimbingan Teknis Memahami Perilaku Peserta Didik di Kelas Daring dan luring
DOI:
https://doi.org/10.31851/dedikasi.v5i1.7334Abstract
Memahami karakteristik peserta didik di masa Pandemi Covid-19 menjadi bagian dalam pembelajaran yang luar biasa. Memahami perilaku atau karakteristik peserta didik di masa Pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi guru. Permasalahan yang muncul pada guru saat pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Maninjau ini adalah, Pertama: masih ada kendala guru dalam memahami karakteristik dan perilaku yang ditampilkan oleh peserta didik dalam pembelajaran. Kedua: masih ada guru yang belum mengetahui bagaimana cara merespon perilaku yang ditampilkan oleh peserta didik secrara tepat. Ketiga: Adanya guru yang merasa jenuh dalam menghadapi perilaku yang tunjukan oleh peserta didik dalam pembelajaran. Pelaksanaan PKM di SMA Negeri 1 Tanjung Raya dilaksanakan dengan prinsip partisipatif dan Kolaboratif. Kegiatan Bimtek yang dilakukan secara berkesinambungan dan terjadwal. Pelaksanaan kegiatan PKM dilakukan melalui Bimbingan Teknis (BIMTEK) menggunakan metode Focus Group Discation (FGD) dan Metode Simulation sehingga guru manjadi terampil dalam memahami perilaku peserta didik di kelas daring dan luring. Metode ini akan diterapkan dalam semua tahapan kegiatan untuk mencapai tujuan dari PKM. Hasil yang diperoleh adalah bahwa para Guru sangat antusias, serius dan dapat memahami perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran
References
Aisyah, S. (2015). Perkembangan peserta didik dan bimbingan belajar. Deepublish.
Darmadi, H. (2016). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161–174.
Ledang, I. (2015). Pembentukan dan Proses Kreatif Perspektif Beaviorisme. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 67–80.
Okilanda, A., Dlis, F., Humaid, H., Putra, D. D., & Arisman, M. (2021). Defense warm-up exercise material for 13-age athlete using video technology in covid-19 era. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 629–634.
Rahmat, P. S. (2021). Psikologi pendidikan. Bumi Aksara.
Rosyid, M. Z. (2018). Reward & punishment dalam pendidikan. Literasi Nusantara.
Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285–312.
Sudrajat, J. (2020). Kompetensi guru di masa pandemi COVID-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 100–110.
Supriadi, O. (2020). Peranan Kepala PAUD dalam Penyelenggaraan Pendidikan Sebelum dan Saat Terjadi Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 841–856.
Wati, N. I., Budiono, A. N., & Ernawati, S. (2018). Bimbingan Kelompok Teknik Psikodrama untuk Menurunkan Burnout. Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 1(2), 51–57.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works