Pelatihan Penulisan Naskah Drama Untuk Semester IV Pada Program Studi PBSI Universitas Baturaja

Authors

  • Muhamad Doni Sanjaya Universitas Baturaja
  • Muhammad Rama Sanjaya

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v5i2.7532

Keywords:

Naskah, Drama, Pelatihan, Petunjuk Pengetahuan, Materi

Abstract

Pelatihan penulisan naskah drama sangat diperlukan bagi seorang mahasiswa, khususnya mahasiswa Program Studi PBSI Universitas Baturaja. Hal ini diperlukan terkait penerapan ilmu yang akan mereka aplikasikan ketika mengajar di sekolah nantinya. Penulisan naskah drama yang baik tidak selalu tergantung akan teks naskah drama yang tersedia pada buku-buku pelajaran khususnya mata pelajaran bahasa Indonesia. Anak-anak sedini mungkin harus dilatih mengembangkan intelegensi dan bakatnya agar lebih mandiri dan berdaya guna bagi mereka nantinya. Metode yang diterapkan pada kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode pelatihan, pendampingan, dan praktik penulisan. Untuk tahap persiapan, kegiatan ini dilakukan koordinasi dengan mitra, menunjuk tim pendamping, dan mempersiapkan materi pelatihan, serta memastikan kesiapan alat dan bahan penunjang pelatihan. Pada tahap pelaksanaan, tim menyampaikan materi pelatihan peserta. Setiap kelompok diberikan contoh naskah drama yang sudah ada, selanjutnya mereka diminta untuk membuat naskah drama hasil karya mereka sendiri. Pada tahap evaluasi, tim pelaksana melakukan monitoring dan evaluasi mengenai tingkat pengetahuan mitra setelah kegiatan pelatihan dan pendampingan dilakukan. Secara keseluruhan, pelaksanaan kegiatan PKM Pelatihan Penulisan Naskah Drama yang dilaksanakan di semester IV Program Studi PBSI Universitas Baturaja ini mendapatkan respon dan antusias yang baik dari para peserta untuk mengikuti pelatihan ini.

References

Sanjaya, M. D., & Sanjaya, M. R. (2022). Upaya Peningkatan

Implementasi Pendidikan Di Era Milenial Di Desa Tanjung Dalam Kabupaten OKU. Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 3(1), 21-33.

Sanjaya, M. D., Sanjaya, M. R., & Mustika, D. (2021). Analisis Nilai Moral dalam Kumpulan Cerpen Keluarga Ku Tak Semurah Rupiah Karya R Ayi Hendrawan Supriadi dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal Bindo Sastra, 5(1), 19-24.

Sanjaya, M. D., Sanjaya, M. R., & Kusuma, A. B. (2020). PENYUSUNAN BAHAN AJAR BAGI GURU MTS SATU ATAP OKU. JURNAL

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (ABDIMAS) UNIVERSITAS BATURAJA, 1(1), 11-17.

Nilawijaya, R., Contessa, E., Sanjaya, M. R., & Sanjaya, M. D. (2021). TINJAUAN SEMIOTIK NOVEL HIDAYAH DALAM CINTA KARYA ROHMAT

NURHADI ALKASTANI DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA. BASTRANDO, 1(1), 7-16.

Suryaman, Isman H (2010). Oksimoron. Jakarta: Gramedia.

Wiyanto. (2002). Terampil Bermain Drama. Jakarta: Grasindo.

Downloads

Published

2022-06-14