Pelatihan Penulisan Naskah Drama Untuk Semester IV Pada Program Studi PBSI Universitas Baturaja
DOI:
https://doi.org/10.31851/dedikasi.v5i2.7532Keywords:
Naskah, Drama, Pelatihan, Petunjuk Pengetahuan, MateriAbstract
Pelatihan penulisan naskah drama sangat diperlukan bagi seorang mahasiswa, khususnya mahasiswa Program Studi PBSI Universitas Baturaja. Hal ini diperlukan terkait penerapan ilmu yang akan mereka aplikasikan ketika mengajar di sekolah nantinya. Penulisan naskah drama yang baik tidak selalu tergantung akan teks naskah drama yang tersedia pada buku-buku pelajaran khususnya mata pelajaran bahasa Indonesia. Anak-anak sedini mungkin harus dilatih mengembangkan intelegensi dan bakatnya agar lebih mandiri dan berdaya guna bagi mereka nantinya. Metode yang diterapkan pada kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode pelatihan, pendampingan, dan praktik penulisan. Untuk tahap persiapan, kegiatan ini dilakukan koordinasi dengan mitra, menunjuk tim pendamping, dan mempersiapkan materi pelatihan, serta memastikan kesiapan alat dan bahan penunjang pelatihan. Pada tahap pelaksanaan, tim menyampaikan materi pelatihan peserta. Setiap kelompok diberikan contoh naskah drama yang sudah ada, selanjutnya mereka diminta untuk membuat naskah drama hasil karya mereka sendiri. Pada tahap evaluasi, tim pelaksana melakukan monitoring dan evaluasi mengenai tingkat pengetahuan mitra setelah kegiatan pelatihan dan pendampingan dilakukan. Secara keseluruhan, pelaksanaan kegiatan PKM Pelatihan Penulisan Naskah Drama yang dilaksanakan di semester IV Program Studi PBSI Universitas Baturaja ini mendapatkan respon dan antusias yang baik dari para peserta untuk mengikuti pelatihan ini.
References
Sanjaya, M. D., & Sanjaya, M. R. (2022). Upaya Peningkatan
Implementasi Pendidikan Di Era Milenial Di Desa Tanjung Dalam Kabupaten OKU. Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 3(1), 21-33.
Sanjaya, M. D., Sanjaya, M. R., & Mustika, D. (2021). Analisis Nilai Moral dalam Kumpulan Cerpen Keluarga Ku Tak Semurah Rupiah Karya R Ayi Hendrawan Supriadi dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal Bindo Sastra, 5(1), 19-24.
Sanjaya, M. D., Sanjaya, M. R., & Kusuma, A. B. (2020). PENYUSUNAN BAHAN AJAR BAGI GURU MTS SATU ATAP OKU. JURNAL
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (ABDIMAS) UNIVERSITAS BATURAJA, 1(1), 11-17.
Nilawijaya, R., Contessa, E., Sanjaya, M. R., & Sanjaya, M. D. (2021). TINJAUAN SEMIOTIK NOVEL HIDAYAH DALAM CINTA KARYA ROHMAT
NURHADI ALKASTANI DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA. BASTRANDO, 1(1), 7-16.
Suryaman, Isman H (2010). Oksimoron. Jakarta: Gramedia.
Wiyanto. (2002). Terampil Bermain Drama. Jakarta: Grasindo.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works