Sosialisasi Dan Pendampingan Digital Marketing Pada UMKM Desa Rejoslamet Mojowarno

Authors

  • Putri Nur Anggraeni
  • Eny Suryowati
  • Nurul Aini

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v5i1.7737

Keywords:

Digital Marketing, E-Commerce, Sosialisasi

Abstract

Perkembangan teknologi mendorong UMKM untuk berevolusi dalam digital marketingnya. UMKM di Desa Rejoslamet belum menggunakan digital marketing dengan sepenuhnya, penggunaan digital marketingnya masih terbatas. Sehingga perlu adanya kegiatan sosialisasi tentang digital marketing. Kegiatan sosialisasi dan pendampingan tentang digital marketing dilakukan agar UMKM semakin berkembang dan mengikuti kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.  Kegiatan ini diawali dengan observasi dan wawancara, setelah itu pemberian materi tentang digital marketing dan praktik menggunakan digital marketing. Pendampingan juga dilakukan agar memudahkan dan terarah sebagai pelaku UMKM untuk praktik.

References

Cant, M. C., & Wiid, J. A. (2016). The use of traditional marketing tools by SMEs in an emerging economy: a South African perspective. Problems and Perspectives in Management, 14(1).

Elida, T., & Raharjo, A. (2019). Pemasaran Digital. IPB Press.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran, alih bahasa Benyamin Molan. PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kurniawan, A., & Asharudin, M. (2018). Small and Medium Enterprises (SMEs) Face Digital Marketing. Muhammadiyah International Journal of Economics and Business, 1(2).

Musnaini, S., & Hadian, W. (2020). Digital Marketing. CV. Pena Persada.

Permana, S. H. (2017). Strategi Peningkatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Aspirasi, 8(1).

Purwana, E. S., Dedi, R., & Shandy, A. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing. Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1).

Sarip, & Muaz, A. (2020). Dampak Covid 19 Terhadap Perekonomian Masyarakat dan Pembangunan Desa. Al-Mustashfa Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 5(1).

Sholihin, R. (2019). Digital Marketing di Era 4.0. Quadran.

Taiminen, H. M., & Karjaluoto, H. (2014). The usage of digital marketing channels in SMEs. Journal of Small Business and Enterprise Development, 22(4), 633–651.

Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati. (2020). Digital Marketing. Edultera.

Downloads

Published

2022-05-12