Pelatihan Pemanfaatan Quizizz Untuk Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Rambutan Untuk Pembelajaran Tematik
DOI:
https://doi.org/10.31851/dedikasi.v5i1.7758Keywords:
Pelatihan, Quizziz, Pembelajaran Tematik, Guru Sekolah DasarAbstract
Pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 terdapat keterbatasan selama pembelajaran dan guru belum banyak memanfaatakn platgorm pembelajaran khususnya Quizziz. Karena itu, kegiatan PKM ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi para peserta mengenai Quizziz, mempraktikkan  Quizziz untuk pembelajaran tematik melalui pelatihan. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini berupa metode pelatihan dengan tahapan kegiatan diantaranya tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pengumpulan data yang digunakan berupa Tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan PKM menunjukkan bahwa selama pelatihan berlangsung peserta terlihat antusias dan tertarik menggunakan Quizziz untuk pembelajaran. Kemudian, hasil tes peserta dapat terlihat di Quizziz, dimana hasil tes peserta dengan nilai tertinggi 8,6 dan nilai terendah 6,0. Berdasarkan hasil tes tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dari hasil tes sebelumnya dimana hasil pretes nilai tertinggi 6,7 meningkat menjadi 8,6 dan nilai terendah pretest 2,6 meningkat menjadi 6,0. Maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan Quizziz dapat mempengaruhi antusias peserta dan meningkatkan hasil belajar. Kegiatan PKM dapat menjadi rekomendasi bagi guru untuk memanfaatkan Quizziz untuk pembelajaran pada siswa sekolah dasar.
References
Anggraini, W., Utami, A., Santi, P., Gery, M., Ahmad, J. K. H. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz untuk Tematik dalam Pembelajaran Jarak Jauh Kelas III Di SDN Kebayoran Lama Utara 07 Pagi. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit
Hayati, N., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160–180. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1027
Hartawan, Sukarta, I.N, Sugiarta, .M, Pranata, K.M, Saraswati, L.G, Wikantari, K.S (2011). Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Daring Bagi Guru-Guru SD Gugus II Kecamatan Tembuku Bangli. Proceeding Senadimas Undiksha: Bali.
Jusra, H., & Alyani, F. (2021). Pelatihan untuk Guru-Guru SD dalam Membuat Instrumen HOTs. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 167-172 ISSN 2087-3565 (Print) Dan ISSN 2528-5041 (Online)., 12(1), 167–172.
Muttaqien, Z. (2011). Pemanfaatan Blog sebagai Media dan Sumber Belajar Alternatif Qur’an Hadits Tingkat Madrasah Aliyah.
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605
Ulhusna, M., Dewimarni, S., Rismaini, L. (2021). Sosialisasi Quizizz sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital pada Masa Pandemi. In Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1, Issue 2). http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Pekomas156http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Pekomas
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works