Pengembangan Literasi Dasar Untuk Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita Di RA Miftahul Jannah Bagolo

Authors

  • Aang Andi Kuswandi STIT NU AL-FARABI PANGANDARAN
  • Adah Adah
  • Jenal Abidin
  • Imas Masitoh
  • Yayat Hidayat
  • Prima Oktora
  • Ipah Karomah
  • Etin Safitri

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v5i1.7778

Keywords:

Literasi Dasar, Metode Bercerita, Anak Usia Dini

Abstract

Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Pengenalan literasi sejak dini dapat menerapkan karakter positif bagi anak yang salah satunya adalah minat membaca. Indonesia  memiliki impian untuk generasi masa depan Indonesia yaitu memiliki kecerdasan yang komprehensif yakni produktif dan inovatif, damai dalam interaksi sosialnya dan berkarakter yang kuat, sehat dan menyehatkan dalam interaksi alamnya dan berperadaban unggul. Namun menurunnya minat literasi pada anak  saat ini sangat minim, mereka lebih memilih gudget dibandingkan buku.  Anak usia dini di Desa Bagolo khususnya di RA Miftahul Jannah setelah melakukan observasi ternyata harus lebih ditingkatkan kembali minat membacanya dan metode yang digunakan yaitu kegiatan workshop metode bercerita. Pelaksanaan program literasi dasar yang terencana dengan baik, mulai dari tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan hingga evaluasi akan berhasil apabila didukung dengan sumber daya yang memadai guna mencapai tujuan program. Selain itu juga didukung dengan adanya bahan bacaan, jumlah bacaan, frekuensi membaca dan partisipasi masyarakat.  Tujuan penelitian ini adalah memahami dan mendeskripsikan pengembangan literasi dasar pada anak usia dini yang dilakukan oleh ketiga elemen penting dalam pengembangan literasi dasar ini. Minat membaca anak di RA Miftahul Jannah menjadi lebih baik setelah diadakannya workshop terhadap orang tua, guru dan fasilitatornya.

References

Afnida, M., & Suparno, S. (2020). Literasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Persepsi dan Praktik Guru di Prasekolah Aceh. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 971–981.

Aritonang, B. D., Citra, I. A., Ningsih, N. P. D. T., & Nuriasih, K. A. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK SD MELALUI METODE BERCERITA. Prosiding Pedalitra, 1(1), 297–309.

Cahyono, A. H., & Ardhyantama, V. (2020). PENGEMBANGAN LITERASI BACA TULIS DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AR RAHMAH PACITAN. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 8–16.

Fadillah, I., & Dini, K. (2021). Digital storytelling sebagai strategi baru meningkatkan minat literasi generasi muda. Journal of Education Science, 7(2), 81–98.

Kurniawan, A. R., Destrinelli, D., Hayati, S., Rahmad, R., Riskayanti, J., Wasena, I. S., & Triyadi, Y. (2020). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 48–57.

Mansour, T. B. (2002). Teaching research to undergraduate nursing students. University of Missouri-Columbia.

Masitoh, I., & Kuswandi, A. A. (2021). Program Satu Hari Berbahasa Indonesia (Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Baku Anak di TK Mawar Cikalong. AUD Cendekia, 1(1), 58–67.

Muktiono, J. D. (2003). Aku cinta buku: Menumbuhkan minat baca pada anak. Elex Media Komputindo.

Rahman, A., Marpaung, E. P., Lubis, H. F., Sinaga, M. N. F., & Nawawi, Z. M. (2021). Pengembangan Literasi Dasar dalam Meningkatkan Minat Membaca dan Menulis pada Anak Usia Dini di Perumahan Indah Permai Desa Petatal. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 674–680.

Rohim, A., Cahyono, M. A., & Syaifudin, M. (2020). PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DESA SEBAGAI UPAYA INISIALISASI BUDAYA LITERASI MASYARAKAT DI DESA BALONGDOWO. Jurnal Pengabdian Masyarakat: BAKTI KITA, 1(2), 5–8.

SEVIMA, A. (2020). Pengertian Literasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Prinsip. Retrieved November, 17, 2021.

Taulabi, I., Imron, A., & Khoiruddin, M. A. (2017). RETRACTED: MENUMBUHKAN MINAT BACA SEJAK DINI DI TAMAN BACA MASYARAKAT. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 11(1), 137–158.

Downloads

Published

2022-05-12