Pelatihan dan Workshop Kewirausahaan Berbasis Digital di Sekolah

Authors

  • Erma Yulaini Universitas PGRI Palembang
  • Depi Pramika Universitas PGRI Palembang
  • Zahruddin Hodsay Universitas PGRI Palembang
  • Diana Widhi Rachmawati Universitas PGRI Palembang
  • Hendri Gunawan Universitas PGRI Palembang
  • M. Toyib Universitas PGRI Palembang
  • Nuryanti Permatasari Universitas PGRI Palembang
  • Ida Suryani Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v5i1.7806

Keywords:

Pelatihan dan Workshop, Kewirausahaan Berbasis Digital, Siswa, Sekolah

Abstract

Tingginya tingkat pengangguran di Indoensia, terbatasnya lowongan pekerjaan dan adanya tantangan menangkap peluang usaha atau bisnis digital (kwirausahaan digital) dengan memakai pertumbuhan ilmu pengetahuan serta teknologi yang berkaitan dengan internet serta seringnya internet dimanfaatkan oleh siswa atau kalangan akademik namun tidak dimanfaatkan dengan baik dalam memulai maupun mengelolah usaha sehingga dibutuhkan pelatihan dan workshop kewirausahaan berbasis digital di sekolah agar siswa lebih unggul dan siap bersaing dalam menghadapi tuntutan percepatan perubahan zaman dan menjadi penggerak roda perekonomian secara global serta mengurangi pengangguran dan meningkatkan pendapata. Metode kegiatan Pengabdian kepada Masyarakt (PkM) dilaksanakan melalui metode pelatihan dan workshop, tanya jawab,  reward, dan diskusi. Hasil kegiatan adanya semangat membuka usaha dari peserta melalui digital hal ini terlihat dari interaksi yang sangat aktif antara peserta dan pemateri pada saat pelaksanaan kegiatan. Kesimpulan dari kegiatan PkM ini adalah adanya peningkatan kemampuan siswa dan guru dalam wirausaha berbasis digital hal ini terlihat dari adanya keterampilan dalam pemanfaatan digital terutama media sosial dalam proses untuk memulai usaha baru berbasis digital (wirausaha berbasis digital)

References

Allen, J. P. (2019). Digital Entrepreneurship. Routledge. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9780429506567

Guthrie, C. (2014). The Digital Factory: A Hands-on Learning Project in Digital Entrepreneurship. Journal of Entrepreneurship Education, 17(1), 115–133.

Harding, D., Kadiyono, A. L., Hidayat, Y., & Yuniarti, N. (2018). Pelatihan dan Pengembangan SDM sebagai Salah Satu Upaya Menjawab Tantangan MEA. Jurnal Psikologi Sains Dan Profesi, 2(2), 185–192. https://doi.org/10.24198/jpsp.v2i2.21196

Kusuma, I. L., Fitria, T. N., & Dewi, M. W. (2021). Pelatihan Kewirausahaan Sebagai Peluang Bisnis untuk Generasi Milenial di Soloraya Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal BUDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 315–321. 10.29040/budimas.v3i2.2450

Listiorini, & Ika, D. (2018). Pengaruh Jenjang Pendidikan Dan Pelatihan Akuntansi Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha UMKM Mitra Binaan Bank Sumut Medan. JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi, 4(1). https://doi.org/10.31289/jab.v4i1.1503

Maysari, S. (2022). Pengertian Media Online serta Kelebihan & Kekurangannya. Akudigital. https://www.akudigital.com/bisnis-tips/pengertian-media-online/

Nanda, A. A., & Farida, L. E. (2018). Strategi Pengembangan Digital Entrepreneur di Kota Banjarmasin dalam Menghadapi Era Asean-China Free Trade Agreement. Prosiding Seminar Nasional ASBIS 2018, 6014(1), 81–90. http://e-prosiding.poliban.ac.id/index.php/asbis/article/view/290

Setyawan, M. B., Alwi, A., & Munirah. (2018). Konstruksi Jiwa Kewirausahaan Melalui Pelatihan Startup Digital 4.0 Bagi Siswa SMA. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 2(1), 19–28. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/1333/pdf

Statistik, B. P. (2021). Berita Resmi Statistik. Badan Pusat Statistik.

Downloads

Additional Files

Published

2022-05-31