Sosialisasi Dampak Handphone Terhadap Perkembangan Karakter Anak

Authors

  • Dewi Lestari Universitas Baturaja
  • Ratih Utami Ramadhaniati
  • Emilia Contessa

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v5i1.7816

Keywords:

Handphone, Karakter, Anak

Abstract

Perkembangan teknologi digital terutama ponsel semakin tidak terkendali, sehingga penting adanya pembatasan. Metode pembelajaran yang efektif untuk bisa mengetahui bagaimana perkembangan karakter seorang anak dengan sebuah pengamatan yang dilakukan orang tua dalam mendidik. Namun, bukan berarti metode pembelajaran yang lama harus ditinggalkan begitu saja, orang tua diharapkan dapat berinovasi dan kreatif dalam mengembangkan pembelajaran khususnya bahan ajar yang dapat guru gunakan pada setiap pertemuan pada setiap pembelajaran, era Globalisasi seperti sekarang dunia pendidikan luar sekolah pun ikut bersaing untuk dapat menghasilkan anak yang kompeten. Untuk Menghasilkan anak yang berkompeten, orang tua harus dapat kreatif dan inovatif dalam mengembangkan karakter anak untuk bersemangat dalam belajar sehingga pengaruh handphone dapat selalu dalam pengawasan, pada masa pandemic seperti ini orang tua dituntut dapat berinovatif dan kreatif dalam memberikan semangat yang dikemas secara menarik dan dapat diterima berbagai bentuk penghargaan dalam belajarnya, salah satunya dalam penggunaan handphone yang dibatasi dengan perilaku positif sehingga bisa menggunakan handphone dalam waktu tertentu sebagai hadiah. mengingat banyak anak-anak yang sudah lupa dengan waktu pada permainan digital, oleh karena itu dalam aworkshop ini akan memberikan sosialisasi offline dan online  dalam belajar

References

Afriani, L., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Berbantuan Adobe Flash Cs6 untuk Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2141–2148.

Alpiyanto, A. (2012). Rahasia Mudah Mendidik dengan Hati (Hypno Heart Teaching). Jakarta: PT. Tujuh Samudera Alfath.

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330.

Hallatu, T. G. (2016). Studi tentang Dampak Handphone terhadap Moralitas dan Karakter Remaja. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 58–68.

Kogoya, D. (2015). DAMPAK PENGGUNAAN HANDPHONE PADA MASYARAKAT Studi Pada Masyarakat Desa Piungun Kecamatan Gamelia Kabupaten Lanny Jaya Papua. Acta Diurna Komunikasi, 4(4).

Lickona, T. (2009). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam.

Supriyanto, A. (2020). DAMPAK HANDPHONE BAGI PENDIDIKAN DI INDONESIA KHUSUSNYA ANAK ANAK. Seminar Nasional Arah Manajemen Sekolah Pada Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19.

Taufiqurrahman, F., Martutik, M., Widyartono, D., Santoso, A., Susilowati, N. E., Jayanti, C. T., Suparno, S., & Ibrahim, A. S. (2020). TRAINING AND MENTORING OF SCIENTIFIC WRITING BASED ON CORPUS LINGUISTICS. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(2), 20–28.

Downloads

Published

2022-05-31