Pelatihan Penyusunan Instrumen Penilaian pada Guru di SMA Negeri 2 Indralaya Utara

Authors

  • Sugiarti Sugiarti Universitas PGRI Palembang
  • Patricia HM Lubis Universitas PGRI Palembang
  • Lukman Hakim Universitas PGRI Palembang
  • Rita Sulistyowati Universitas PGRI Palembang
  • Sulistiawati Sulistiawati Universitas PGRI Palembang
  • Linda Lia Universitas PGRI Palembang
  • Lefudin Lefudin Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v5i2.8394

Keywords:

assesment

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan para guru agar dapat melakukan proses assesment sehingga menjadi lebih baik. Selain itu juga dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan instrumen penilaian pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor dengan benar. Intrumen penilaian pembelajaran yang berkualitas merupakan alat ukur untuk mengetahui pencapaian hasil belajar siswa. Pentingnya instrumen penilaian didasari dengan kegunaan instrumen tersebut yang dapat memberi penilaian yang autentik serta ketercapaian dalam kompetensi dalam melakukan kegiatan proses pembelajaran. Tes sering dijadikan sebagai satu-satunya alat pengambil keputusan tentang peserta didik pada pembelajaran. Padahal seluruh hasil belajar tidak dapat dinilai hanya menggunakan tes. Instrumen penilaian di sekolah terdiri dari instrumen penilaian ranah kognitif, afektif maupun psikomotorik. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini para guru diberikan wawasan sekaligus kemampuan secara teknis dalam menyusun instrumen penilaian, dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab serta penugasan. Berdasarkan hasil observasi dan penilaian angket dari kegiatan ini kegiatan berjalan dengan lancar dan mendapatkan respon yang positif dari peserta guru di SMA Negeri 2 Indralaya Utara.

References

Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educatioanl Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Bloom, B.S., Engelhart, M.D., Furst, E.J., Hill, W.H., dan Krathwohl, D.R. 1956. The Taxonomy of Educational Objectives The Classification of Educational Goals, Handbook I: Cognitive Domain. New York: David McKay.

Arikunto. 1997. Penilaian Program Pendidikan. Edisi III. Jakarta: Bina Aksara.

Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah. 2017. Modul Penyususnan Soal HOTS. Jakarta

Maria, M., Shahbodin, F., & Pee, N. C. (2016). Malaysian higher education system toward industry 4.0 – Current trends overview. Proceeding of the 3 rd International Conference on Applied Science and Technology (AIP Publishing), 1-7.

Purwanto. 2014. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sukmadinata. 2010. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-07-18