Pelatihan Penyusunan Instrumen Penilaian pada Guru di SMA Negeri 2 Indralaya Utara
DOI:
https://doi.org/10.31851/dedikasi.v5i2.8394Keywords:
assesmentAbstract
Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan para guru agar dapat melakukan proses assesment sehingga menjadi lebih baik. Selain itu juga dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan instrumen penilaian pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor dengan benar. Intrumen penilaian pembelajaran yang berkualitas merupakan alat ukur untuk mengetahui pencapaian hasil belajar siswa. Pentingnya instrumen penilaian didasari dengan kegunaan instrumen tersebut yang dapat memberi penilaian yang autentik serta ketercapaian dalam kompetensi dalam melakukan kegiatan proses pembelajaran. Tes sering dijadikan sebagai satu-satunya alat pengambil keputusan tentang peserta didik pada pembelajaran. Padahal seluruh hasil belajar tidak dapat dinilai hanya menggunakan tes. Instrumen penilaian di sekolah terdiri dari instrumen penilaian ranah kognitif, afektif maupun psikomotorik. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini para guru diberikan wawasan sekaligus kemampuan secara teknis dalam menyusun instrumen penilaian, dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab serta penugasan. Berdasarkan hasil observasi dan penilaian angket dari kegiatan ini kegiatan berjalan dengan lancar dan mendapatkan respon yang positif dari peserta guru di SMA Negeri 2 Indralaya Utara.
References
Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educatioanl Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.
Bloom, B.S., Engelhart, M.D., Furst, E.J., Hill, W.H., dan Krathwohl, D.R. 1956. The Taxonomy of Educational Objectives The Classification of Educational Goals, Handbook I: Cognitive Domain. New York: David McKay.
Arikunto. 1997. Penilaian Program Pendidikan. Edisi III. Jakarta: Bina Aksara.
Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah. 2017. Modul Penyususnan Soal HOTS. Jakarta
Maria, M., Shahbodin, F., & Pee, N. C. (2016). Malaysian higher education system toward industry 4.0 – Current trends overview. Proceeding of the 3 rd International Conference on Applied Science and Technology (AIP Publishing), 1-7.
Purwanto. 2014. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sukmadinata. 2010. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sugiarti Sugiarti, Patricia HM Lubis, Lukman hakim, Rita Sulistyowati, Sulistiawati Sulistiawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works