BERWIRAUSAHA BERBASIS LINGKUNGAN BAGI SISWA DI SMK NEGERI 2 KAYUAGUNG

Authors

  • Mega Kusuma Putri Universitas PGRI Palembang
  • Nina Damayati
  • Maharani Oktavia
  • Eni Heldayani
  • Helfa Septinar

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v5i2.8593

Keywords:

Wirausaha, Berbasis Lingkungan, Ramah Lingkungan

Abstract

Enterpreneur selain menghasilkan income juga harus memperhatikan lingkungan sekitar. Pengabdian masyarakat ini dilakukan di SMK Negeri 2 Kayu Agung, berdasarkan observasi awal sudah ada beberapa usaha yang telah dijalankan oleh siswa siswi tersebut, seperti pembuatan kain khas dari kayu Agung dan pembuatan kerupuk. Selain itu produk-produk hasil produksi siswa belum ada yang didaftarkan pada lembaga resmi yang mengatur tersebut. metode ceramah terbimbing dengan pendekatan student center approaches yang mana pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa. Hasil kegiatan PKM dapat diterapkan kedalam usaha mereka dan menciptakan usaha yang ramah lingkungan, serta  mendaftarkan hasil usaha mereka kepada KEMENKUMHAM dan mendapatkan sertifikat HKI. kepada bahwa wirausaha berbasis lingkungan dapat dilakukan di SMK Negeri 2 Kayu Agung dengan cara yaitu membuka toko produk yang ramah lingkungan, bisnis menjaul kebun mini, membuka usaha bengkel sepeda cara ini dapat diterapkan  langsung di SMK Negeri 2 Kayu Agung, adapun peluang usaha yang menjanjikan kedepanya yaitu Bisnis Konsultan Green Lifestyle, Bisnis Usaha kontraktor Ramah Lingkungan.

References

Babatunde, E. B., & Durowaiye, B. E. (2014). The Impact of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Intentions Among Nigerian Undergraduates. International Journal of Research in Humanities and Literature (IJRHAL), 2(11), 15-26.

Mustakim, M. (2016). Pembelajaran Kewirausahaan Melalui Kolaborasi Antara Sekolah Dengan Dunia Usaha (Dunia Industri) Pada Siswa Smk Negeri 3 Kudus Tahun 2013. Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1).

Saiman, Leonardus. (2012). Kewirausahaan: Teori, Praktik, dan Kasus-kasus. Jakarta: Salemba Empat.

Suryana. (2013). Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Slamet, Franky., Hetty Karunia Tunjungsari., & Mei Le. (2014). Dasar-Dasar Kewirausahaan. Jakarta: Indeks Permata Puri Media

Sumadi, S., & Fitria, T. N. (2020). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Berbasis Manajemen Organisasi di Karang Anom Klaten. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.29040/budimas.v2i2.1441

Downloads

Published

2022-08-11