Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Pelajar (Studi Pada SMA Negeri 1 Lempuing Jaya)

Authors

  • Ermini Ermini FKIP, Universitas PGRI Palembang
  • Suryati Suryati FKIP, Universitas PGRI Palembang
  • Ramanata Disurya FKIP, Universitas PGRI Palembang
  • Layang Sardana FKIP, Universitas PGRI Palembang
  • Sri Husnulwati FKIP, Universitas PGRI Palembang
  • Sri Wahyuningsih FKIP, Universitas PGRI Palembang
  • Yasir Arafat

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v5i2.9343

Keywords:

Sosialisasi, Pilar, Kebangsaan, Siswa

Abstract

Keberagaman ini merupakan jati diri bangsa Indonesia yang harus dijaga agar tidak luntur akibat kemajuan zaman yang sangat pesat saat ini. Perlu ada upaya untuk tetap mengikat dan menyadarkan generasi muda khususnya untuk tetap bersatu menjaga kesatuan Indonesia. Implementasi 4 pilar kebangsaan menjadi upaya yang sangat penting dalam menjaga tujuan tersebut. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa khususnya di SMA Negeri 1 Lempuing Jaya akan pentingnya 4 pilar kebangsaan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini setidaknya ada 3 (tiga) yaitu, Workshop, FGD (Focus Group Discussion) dan Pendampingan. Berdasarkan kegiatan pengabdian masyarakat di SMA Negeri 1 Lempuing Jaya diperoleh data rata-rata pengetahuan siswa mengenai Empat Pilar Kebangsaan mengalami kenaikan mencapai 30.8 % setelah mendapatkan materi yang diberikan oleh tim pengabdian masyarakat.

References

Aidulsyah, F. (2016). Berebut Ruang Publik Sekolah Pasca Orde Baru: Studi Kasus Pertarungan Politik Ideologi di Kerohanian Islam (ROHIS) SMAN Eks- Karesidenan Surakarta. Gadjah Mada.Jurnal Studi Pemuda, 5(1), 370–385.

Angelia, N. (2017). Pemahaman Penanaman Empat Pilar Kebangsaan terhadap Siswa SMA Negeri 4 Medan. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA, 5(1), 15-20.

Azca, N. (2018). Pemuda Pasca Orba: Pemuda (i) dan Radikalisme Agama (Sebuah Ikhtiar Eksploratif). Yogyakarta: Youth Studies Centre FISIPOL UGM.

Disurya, R., Suryati, S., Ermini, E., Husnulwati, S., Sardana, L., & Wahyuningsih, S. (2018). OPTIMALISASI NILAI-NILAI KEBANGSAAN MELALUI PROGRAM BELA NEGARA DI SMK PGRI PAGAR ALAM. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat). https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v2i1.190

Munip, A. (2018). Menangkal Radikalisme Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 159–181.

Suryati, S., Disurya, R., Ermini, E., Sardana, L., Husnulwati, S., Wahyuningsih, S., & Jumroh, J. (2019). Sosialisasi Praktik dan Perlindungan Pengguna Internet di SMA Negeri 1 Sungai Liat. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v2i02.3466

Widiatmika, P. (2016). Pembangunan Karakter Nasionalisme Peserta Didik Di Sekolah Berbasis Agama Islam. JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(1), 25–33.

Downloads

Published

2022-11-27