Pengembangan Model Permainan Pembelajaran Renang Untuk Mahasiswa

Authors

  • Whalsen Duli Agus Lauh IKIP PGRI Pontianak
  • ilham surya fallo IKIP PGRI Pontianak
  • utami dewi

DOI:

https://doi.org/10.31851/hon.v3i2.4476

Keywords:

model permainan, pembelajraran, renang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat (1) bentuk permainan dalam pembelajaran renang untuk mahasiswa. (2) Hasil pelaksanaan tahap uji coba pada kelompok kecil dan kelompok besar model permainan dalam pembelajaran renang untuk mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan. Hasil penelitian yang diperoleh (1) Tersusunnya 15 model bentuk permainan dalam pembelajaran renang termasuk: nama permainan, tujuan permainan, peralatan yang diatur, jumlah peserta dan aturan permainan. (2) Pada uji penggunaan model permainan oleh mahasiswa dalam uji coba kelompok kecil, terlihat bahwa model permainan yang dikembangkan mencapai skor rata-rata 3,11 dengan kategori sangat baik dan pada uji penggunaan model permainan pada uji kelompok besar diperoleh skor rata-rata 3,28 dengan kategori sangat baik.

References

Abdillah, A. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Motorik Berbasis Permainan. Jurnal Pendidikan Olahraga, 8(2), 138–147.

Harjanto. (2011). Perencanaan Pengajaran.

Imansyah, F. (2018). Hubungan Antara Kekuatan Otot Tungkai Dan Kekuatan Otot Lengan Terhadap Hasil Kecepatan Renang 50 Meter Gaya Bebas Pada Atlet Putri Club Bangka Swimming. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 1(1).

Juliantine, T. (2010). Strategi Mengajar Melalui Model Bermain Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar. Motion: Journal Research Of Physical Education, 1(1), 1–9.

Karnadi, I. (2007). Renang. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kurniawan, W. P., & Suharjana, S. (2018). Pengembangan model permainan poloair sebagai pembelajaran pendidikan jasmani bagi siswa sekolah dasar kelas atas. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 14(2), 50–61.

Lesmana, H. S. (2019). Profil delayed onset muscle soreness (doms) pada mahasiswa fik unp se℡ah latihan fisik. Halaman olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 2(1), 50–59.

Mulyatiningsih, E. (2012). Applied Research Methods in Education. Bandung: Alfabeta, 194–195.

Ningrum, J. S. (2014). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Rosdiani, D. (2012). Dinamika olahraga dan pengembangan nilai. Bandung: Alfabeta.

Rusman, D., & Pd, M. (2012). Model-model pembelajaran. Raja Grafindo, Jakarta.

Sungkowo, S., & Rahardjo, H. P. (2012). Pengembangan Pembelajaran Renang Melalui Pendekatan Bermain Motor Boat Estafet. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 1(5).

Downloads

Published

2020-07-31