Learning Forehand Service Badminton Using Teaching Games For Understanding (TGFU) Students

Authors

  • Silvi Aryanti Universitas Sriwijaya
  • Soleh Solahuddin
  • Samsul Azhar

DOI:

https://doi.org/10.31851/hon.v4i2.5675

Keywords:

service, badminton, TGFU, Classroom Action Research

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran servis bulu tangkis melalui teaching games for understanding (TGFU) pada siswa kelas IX.1 SMAN 19 Palembang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian tindakan kelas adalah 32 siswa kelas IX.1 yang berjumlah 32 orang. Hasil penelitian pretest (data pendahuluan) diperoleh aspek afektif secara klasikal dikatakan tuntas, karena sebanyak 23 siswa (71,87%) telah memenuhi KKM, dari ranah kognitif sebanyak 29 siswa (90,63) sangat baik, dan nilai rata-ratanya Rata-rata kelas untuk ranah psikomotorik tidak tuntas sebanyak 19 siswa dengan presentasi 59,38 (kurang). Oleh karena itu, dilakukan siklus I untuk meningkatkan nilai rata-rata domain psikomotorik, hasil yang diperoleh persentasenya sebesar 84,38 (kategori baik), sehingga secara klasikal siswa sudah tuntas pada ranah psikomotorik. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pada aspek psikomotorik mengalami peningkatan. Implikasi dari penelitian ini adalah pembelajaran servis bulutangkis dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran TGFU.

Author Biography

Silvi Aryanti, Universitas Sriwijaya

Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

References

Abad, M.T.; Collado-Mateo, D.; Fernández-Espínola, C.; Castillo, E.; Giménez, F.J. Effects of Teaching Games on Decision Making and Skill Execution: A Systematic Review and Meta-Analysis. Int. J. Environ. Res. Public Health 2020, 17, 505.

Adi, S., & Fathoni, A. F. (2019, November). Development of Learning Model Based on Blended Learning in Sports School. In 5th International Conference on Physical Education, Sport, and Health (ACPES 19) (pp. 8-12). Atlantis Press.

Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, dan Prosedur.Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.

Aryanti, S., Victorian, A. R., & Yusfi, H. (2018). Pengembangan Teknik Pembelajaran Servis Bulutangkis bagi Siswa Putra Sekolah Menengah Atas. Sebatik, 22(2), 181-187.

Barba-Martín, R. A., Bores-García, D., Hortigüela-Alcalá, D., & González-Calvo, G. (2020). The application of the teaching games for understanding in physical education. Systematic review of the last six years. International journal of environmental research and public health, 17(9), 3330.

Chan, F., & Indrayeni, Y. (2018). Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah dalam Permainan Bola Voli Melalui Pendekatan Tgfu Pada Siswi Kelas VIII SMP Negeri 11 Muaro Jambi. Journal Physical Education, Health and Recreation, 2(2), 186-197.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta.

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Gil-Arias, A., Harvey, S., García-Herreros, F., González-Víllora, S., Práxedes, A., & Moreno, A. (2020). Effect of a hybrid teaching games for understanding/sport education unit on elementary students’ self-determined motivation in physical education. European Physical Education Review, 1356336X20950174.

Harvey, S., Gil-Arias, A., & Claver, F. (2020). Effects of Teaching Games for Understanding on tactical knowledge development in middle school physical education. Journal of Physical Education and Sport, 20(3), 1369-1379.

Hardini, Isriani dan Dewi Puspitasari. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep, & Implementasi). Yogyakarta: Familia.

Hutapea, R. H. (2019). Instrumen Evaluasi Non-Tes dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif dan Psikomotorik. BIA': Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2(2), 151-165.

Iqbal, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Tgfu (Teahing Game For Understanding) Pada Permainan Rounders Melalui Pentahapan Pembelajaran Closed–Open Skill: Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa kelas 5 SDN Cigondewah 3 Kab. Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Jaya, B. S. Penerapan Model Teaching Games for Understanding dalam Permainan Sepakbola di Sekolah Dasar. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 3(1), 35-38.

Juliantine, dkk. (2015). Model-Model Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani. Bandung: CV. Bintang Warliartika.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Resesarch Planner (ISBN 978-9). Singapore: Springer.

Kinnerk, P., Harvey, S., MacDonncha, C., & Lyons, M. (2018). A review of the game-based approaches to coaching literature in competitive team sport settings. Quest, 70(4), 401–418.

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munadi, Yudhi. (2010). Media pembelajaran Jakarta : Gaung persada (GP) press.

Pambudi, A. F. (2010). Target Games: Sebuah Pengembangan Konsep Diri Melalui Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 7(2).

Paramitha, S. T., & Anggara, L. E. (2018). Revitalisasi pendidikan jasmani untuk anak usia dini melalui penerapan model bermain edukatif berbasis alam. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 3(1), 41-51.

Pujianto, A. (2014). Persepsi Guru Pendidikan Jasmani terhadap Model Teaching Games For Understanding (TGFU). Journal of Physical Education Health and Sport, 1(2), 86-92.

Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Singleton, E. From command to constructivism: Canadian secondary school physical education curriculum and teaching games for understanding. Curric. Inq. 2009, 39, 321–342.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta. Pustaka Media.Zaini, H. (2015). Karakteristik kurikulum 2013 dan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01), 15-31.

Okilanda, A., Dlis, F., Humaid, H., Putra, D. D., Arisman, A., & Muslimin, M. (2021). Defense Warm-Up Exercise Material for 13-Age Athlete Using Video Technology in Covid-19 Era. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 9(4), 629–634. https://doi.org/10.13189/saj.2021.090404

Downloads

Additional Files

Published

2021-07-09