Sistem Pengelolaan Sampah Dengan Prinsip 3R Di SMAN 1 Pulau Beringin Kabupaten Oku Selatan

Authors

  • Ita Emilia Universitas PGRI Palembang
  • Syaiful Eddy Universitas PGRI Palembang
  • Andi Arief Setiawan Universitas PGRI Palembang
  • Wahyu Saputra Universitas PGRI Palembang
  • Jumingin Universitas PGRI Palembang
  • Helfa Septinar Universitas PGRI Palembang
  • Yunita Panca Putri Universitas PGRI Palembang
  • Parasmita Anggraini Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kemas.v1i2.13572

Keywords:

Jenis-jenis sampah, pengelolaan sampah, 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle)

Abstract

Sampah secara sederhana dapat diartikan sebagai segala barang padat yang tidak terpakai lagi. Seringkali sampah menimbulkan masalah yang serius jika tidak dikelola dengan tepat. Manajemen pengelolaan sampah yang kompleks dengan multi tahapan, mulai dari sampah dihasilkan pada tingkatan rumah tangga, sampah industri atau sampah agraris, pengumpulan sampah, transportasi sampah, fasilitas-fasilitas pengelolaan sampah sampai pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Sampah harus mendapat perhatian yang serius dari semua komponen masyarakat dengan tujuan memperkecil pencemaran yang dapat ditimbulkan. Dengan melihat permasalahan di atas, maka kami bermaksud melakukan   sosialisasi kepada peserta didik/siswa dan guru dengan tema kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat “Pengelolaan Sampah dengan Prinsip 3R di SMAN 1 Pulau Beringin Kabupaten Oku Selatan”. Program PkM ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam hal pemanfaatan dan pengelolaan sampah yang dihasilkan dalam kegiatan sehari-hari terutama sampah yang berasal dari lingkungan sekolah melalui prinsip 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle). Dalam kegiatan ini diberikan contoh pemanfaatan sampah di lingkungan sekolah menjadi sesuatu yang berguna, misalnya pemanfaatan pipet plastik minuman menjadi bunga hias, dan stik ice cream menjadi miniatur hiasan rumah.

References

J. Sahil, M. Henie Irawati Al Muhdar, F. Rohman, and I. Syamsuri, “Sistem Pengelolaan dan Upaya Penanggulangan Sampah Di Kelurahan Dufa-Dufa Kota Ternate,” 2016.

W. Purnami, “Pengelolaan Sampah di Lingkungan Sekolah untuk Meningkatkan Kesadaran Ekologi Siswa,” INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, vol. 9, no. 2, p. 119, Apr. 2021, doi: 10.20961/inkuiri.v9i2.50083.

P. C. Pertiwi et al., “POTENSI REDUKSI TPST DESA JANTI, KECAMATAN WARU, KABUPATEN SIDOARJO.”

S. A. Mulasari, M. Bayu, and A. Inaz, “Peningkatan Kesadaran Lingkungan Dengan Pelatihan Pengolahan Sampah Di Desa Sumbermulyo Kecamatan Bambanglipuro,” Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 4, no. 2, pp. 167–172, Jul. 2020, doi: 10.12928/jp.v4i2.1972.

A. Ratnasari, I. S. Asharhani, M. G. Sari, S. R. Hale, and H. Pratiwi, “Edukasi Pemilahan Sampah Sebagai Upaya Preventif Mengatasi Masalah Sampah Di Lingkungan Sekolah,” 2019. [Online]. Available: https://geotimes.co.id

P. Widiyaningrum and E. Purwantoyo Jurusan Biologi, “Evaluasi Partisipasi Siswa Dalam Pengelolaan Sampah Untuk Mendukung Program Sekolah Adiwiyata.”

W. Purnami, “Pengelolaan Sampah di Lingkungan Sekolah untuk Meningkatkan Kesadaran Ekologi Siswa,” INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, vol. 9, no. 2, p. 119, Apr. 2021, doi: 10.20961/inkuiri.v9i2.50083.

D. N. Azizah, I. H. Aqila, V. Rezania, and Z. Fihayati, “Pemanfaatan Sampah Anorganik Sebagai Simulasi Kewirausahaan Siswa MI,” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), vol. 6, no. 5, Oct. 2022, doi: 10.31764/jmm.v6i5.10307.

P. W. Lestari, B. Charisca Septaria, and C. E. Putri, “Edukasi ‘Minim Plastik’ Sebagai Wujud Cinta Lingkungan Di SDN Pejaten Timur 20 Pagi,” Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 16, no. 1, pp. 43–52.

A. Hari Kristianto, S. Tinggi Ilmu Manajemen Shanti Bhuana, and shantibhuanaacid Pramatatya Resindra Widya, “Pendampingan dan Pelatihan Pengelolaan Limbah Organik Menjadi Produk Bernilai Ekonomi di SMA Negeri 1 Bengkayang,” 2020. [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas

R. Fauziah, S. Siahaan, J. K. Lingkungan, and K. Jambi, “Edukasi dan Pembinaan Penerapan Pengelolaan Sampah Berbasis 3R di MTSS Jauharul Islam Desa Penyengat Olak,” 2022. [Online]. Available: https://pengabmas.nchat.id

S. Diana, Z. Amalia, and A. Kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk Kerajinan Tangan Bernilai Ekonomis, “Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk Kerajinan Tangan Bernilai Ekonomis Bagi Remaja Putus Sekolah,” 2017.

Downloads

Published

2023-12-17

How to Cite

Emilia, I., Eddy, S., Arief Setiawan, A., Saputra, W., Jumingin, Septinar, H., Panca Putri, Y., & Anggraini, P. (2023). Sistem Pengelolaan Sampah Dengan Prinsip 3R Di SMAN 1 Pulau Beringin Kabupaten Oku Selatan. Kemas Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 70–76. https://doi.org/10.31851/kemas.v1i2.13572