Peningkatan pengetahuan dan keterampilan bagi anak-anak Desa Talang Balai Lama melalui KKN-Kreatif

Authors

  • Imelda Ratih Ayu Universitas PGRI Palembang
  • Anggun Mahesti Universitas PGRI Palembang
  • Dwi Afriani Universitas PGRI Palembang
  • Andre Ardiansyah Rahman Universitas PGRI Palembang
  • Fakhri Enno Alfati Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kemas.v2i1.13848

Keywords:

Pengabdian, peningkatan, pengetahuan dan keterampilan, seni budaya

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata ini bertujuan untuk mengevaluasi salah satu dampak program KKN-Kreatif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anak-anak Desa Talang Balai Lama. Pemilihan desa ini  sebagai tempat pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata mempertimbangkan kebutuhan masyarakat setempat, khususnya dari tingkat pendidikan dan akses terhadap sumber daya pendidikan yang masih terbatas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengabdian kepada masyarakat melalui data dan dokumentasi yang dikumpulkan pada tahap observasi, pelaksanaan kegiatan, dan dokumentasi langsung. Peserta KKN-Kreatif dilibatkan dalam menyusun dan melaksanakan program untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anak-anak di Desa Talang Balai Lama. Program ini mencakup berbagai kegiatan seperti pelatihan literasi, pengembangan keterampilan, dan pengenalan budaya lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dan keterampilan anak-anak di Desa Talang Balai Lama meningkat secara signifikan setelah mengikuti program KKN-Kreatif. Secara khusus, terjadi peningkatan literasi, numerasi, dan keterampilan seni. Selain itu, anak-anak juga mengalami peningkatan dalam kepercayaan diri dan partisipasi dalam kegiatan sosial di masyarakat. Studi ini memberikan kontribusi penting terhadap literatur tentang pendidikan partisipatif dan pemberdayaan masyarakat. Program KKN-Kreatif terbukti efektif  meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak di daerah terpencil. Implikasi kebijakan yang timbul dari studi ini adalah perlunya dukungan yang lebih besar terhadap program serupa di berbagai daerah pedesaan untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan.

References

Carles, N. R. Betty, and F. Eliza, “Hubungan pengetahuan dan sikap remaja putri dalam kesiapan menghadapi menarche di SDN 111 Pekanbaru,” Ensiklopedia J., vol. 6, no. 3, pp. 192–196, 2024, doi: 10.33559/eoj.v6i3.2335.

C. Anastasiani, F. Ningsih, and R. Ovany, “Hubungan Pengetahuan Ibu dengan Penanganan Diare pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Pahandut,” J. Surya Med., vol. 9, no. 1, pp. 104–111, 2023, doi: 10.33084/jsm.v9i1.5156.

A. Putra et al., “Peran mahasiswa dalam kegiatan pendampingan pendidikan dan keagamaan sebagai wujud pegabdian kepada masyarakat,” LESTARI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 49–58, 2024.

Norhidayah et al., “Kuliah Kerja Nyata (Kkn) Di Desa Sungai Namang Kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara,” J. Community Dedication, vol. 2, no. 2, pp. 26–36, 2022.

D. Hasanah, A., Cahyana, Y., & Frianto, “Edukasi Penerapan Perilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHBS) pada Siswa SDN Kemiri I,” Abdima J. Pengabdi. Mhs., vol. 2, no. 2, pp. 7653–7657, 2023.

R. R. Aliyyah, Rahmawati, W. Septriyani, J. Safitri, and S. N. P. Ramadhan, “Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan Pendidikan,” J. Masy. Mandiri, vol. 5, no. 2, pp. 663–676, 2022, doi: 10.31764/jmm.v5i2.4122.

M. Lenniawati, “Meningkatkan Kepedulian Sosial Mahasiswa Melalui Pengabdian Masyarakat Pada Para Siswa Taman Kanak-Kanak,” Empower. Community, vol. 1, no. 1, pp. 11–20, 2020, doi: 10.31543/ecj.v1i1.358.

F. Sidiq, I. Ayudia, T. M. Sarjani, and Juliati, “Optimalisasi gerakan literasi sekolah melalui desain kelas literasi numerasi di Sekolah Dasar kota Langsa,” J. Hum. Educ., vol. 3, no. 3, pp. 69–75, 2023.

N. Ilim, A. K. Wahyudi, F. Kurniadi, S. Hairunnisa, and M. I. Anshori, “Pengaruh pengalaman kerja, pelatihan, dan motivasi kerja karyawan dalam meningkatkan kinerja karyawan,” J. Manaj. dan Bisnis Ekon., vol. 2, no. 1, pp. 39–54, 2024, doi: 10.54066/jmbe-itb.v2i1.983.

E. Halimatusadiyah, “Menciptakan Sekolah Berkarakter,” JMPAI J. Manaj. dan Pendidik. Agama Islam, vol. 2, no. 1, pp. 261–267, 2024, doi: 10.61132/jmpai.v2i1.161.

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

Imelda Ratih Ayu, Anggun Mahesti, Dwi Afriani, Andre Ardiansyah Rahman, & Fakhri Enno Alfati. (2024). Peningkatan pengetahuan dan keterampilan bagi anak-anak Desa Talang Balai Lama melalui KKN-Kreatif. Kemas Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 25–33. https://doi.org/10.31851/kemas.v2i1.13848