Diseminasi pemanfaatan media pembelajaran bagi guru untuk pembelajaran siswa sekolah dasar

Authors

  • Tanzimah Tanzimah Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kemas.v2i2.14346

Keywords:

Diseminasi, media pembelajaran, sekolah dasar

Abstract

Keterbatasan ketersediaan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa masih menjadi salah satu tantangan utama dalam proses pendidikan di tingkat sekolah dasar. Permasalahan ini dipengaruhi oleh rendahnya frekuensi pemanfaatan media pembelajaran oleh guru sebagai alat pendukung proses pembelajaran serta kurangnya pemahaman mereka mengenai konsep dan implementasi media pembelajaran secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menyelenggarakan diseminasi terkait pemanfaatan media pembelajaran bagi guru guna meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di SDN 6 Rantau Panjang. Pelaksanaan kegiatan mencakup tiga tahap utama, yaitu penyampaian materi tentang media pembelajaran, simulasi penerapan media, dan evaluasi untuk mengukur keberhasilan program. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa guru mampu memanfaatkan serta mengembangkan media pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan siswa. Selain itu, penggunaan media ini terbukti mempermudah proses pengajaran, menciptakan variasi dalam metode pembelajaran, serta meningkatkan keterlibatan siswa secara keseluruhan. Temuan ini menegaskan pentingnya diseminasi sebagai upaya strategis dalam mendorong inovasi dan kualitas pendidikan di sekolah dasar.

References

M. Kahfi, N. Nurparida, and E. Srirahayu, “Penerapan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA,” J. Petik, vol. 7, no. 1, pp. 63–70, 2021, doi: 10.31980/jpetik.v7i1.986.

M. Kartika, N. Khoiri, N. A. Sibuea, and F. Rozi, “Learning By Doing, Training And Life Skills,” MUDABBIR J. Reserch Educ. Stud., vol. 1, no. 2, pp. 91–103, 2023, doi: 10.56832/mudabbir.v1i2.80.

M. Ardiansyah, “Inovasi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran efektif,” in Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi (SEMNAS RISTEK) 2021, 2021, vol. 5, no. 1, pp. 851–857. [Online]. Available: https://www.imf.org/external/np/exr/ib/2008/053008.htm

M. Ridwan, M. Tahir, and S. Istiningsih, “Pengembangan Media Pembelajaran Papan Kata Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SDN 1 Sabelia Tahun Ajaran 2021/2022,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 8, no. 1, pp. 184–191, 2023, doi: 10.29303/jipp.v8i1.1095.

M. Cholilah, A. G. P. Tatuwo, Komariah, S. P. Rosdiana, and A. N. Fatirul, “Pengembangan kurikulum merdeka dalam satuan pendidikan serta implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran abad 21,” Sanskara Pendidik. dan Pengajaran, vol. 1, no. 02, pp. 56–67, 2024, doi: 10.58812/spp.v1.i02.

W. Putri, M. A. Kurniawan, and Nuraini, “Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa ( Studi Kasus di MI Al-Khoeriyah Bogor ),” Jayapangus Press, vol. 4, no. 4, pp. 1–14, 2024.

A. D. Rahayu and M. S. Haq, “Sarana dan Prasarana Dalam Mendukung Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Inspirasi Manaj. Pendidik., vol. 9, no. 1, pp. 186–199, 2021.

M. F. Al Hakim, “Tantangan dan Solusi Pembelajaran Online Berbasis Digital pada Masa Pandemic Covid-19,” Tarikhuna J. Hist. Hist. Educ., vol. 4, no. 1, pp. 44–56, 2022, doi: 10.15548/thje.v4i1.4249.

I. Fatmawati, “Peran guru dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran,” Revorma, J. Pendidik. dan Pemikir., vol. 1, no. 1, pp. 20–37, 2021, [Online]. Available: http://ejournal-revorma.sch.id

D. Saputra, M. Fidri, Fatoni, and Nurhayati, “Penggunaan Media Flashcard Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Penguasaan Kosa Kata,” J. AS-SAID, vol. 2, no. 1, pp. 127–137, 2022.

S. Firmansyah and Sungkono, “Diseminasi Informasi Melalui Media Sosial Pada Badan Pusat Statistik Karawang,” Optim. J. Ekon. dan Manaj., vol. 3, no. 3, pp. 52–61, 2023, doi: 10.55606/optimal.v3i3.1791.

T. Astari, “Evaluasi diseminasi virtual reality (VR) sebagai pembelajaran inovatif,” J. Penelit. Pendidik., vol. 13, no. 2, pp. 113–120, 2021, doi: 10.21137/jpp.2020.13.2.7.

S. K. S. H. Khotimah, “Pemanfaatan Media Pembelajaran, Inovasi di Masa Pandemi Covid-19,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 4, pp. 2149–2158, 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i4.857.

L. Indriyani, “Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kognitif siswa,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2019, vol. 2, no. 1, pp. 17–26.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Tanzimah, T. (2024). Diseminasi pemanfaatan media pembelajaran bagi guru untuk pembelajaran siswa sekolah dasar. Kemas Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 9–14. https://doi.org/10.31851/kemas.v2i2.14346