Pemanfaatan media sosial upaya meningkatkan penjualan UMKM di Cikarang Utara
DOI:
https://doi.org/10.31851/kemas.v2i2.14903Keywords:
UMKM Cikarang Utara, e-commerce, sosial mediaAbstract
Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menghadapi berbagai tantangan di era saat ini, termasuk penurunan penjualan, keterbatasan modal, gangguan distribusi, serta kesulitan dalam memperoleh bahan baku. Selain itu, pelaku UMKM perlu menyesuaikan orientasi pemasaran mereka karena meningkatnya persaingan. Banyak UMKM mulai beralih ke perdagangan elektronik (e-commerce) untuk mendukung peningkatan penjualan. Namun, transisi ini sering terkendala oleh keterbatasan kemampuan teknis para pelaku UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM di Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, terkait pemanfaatan media sosial sebagai alat promosi dan penjualan yang efektif serta efisien. Selain itu, kegiatan ini juga mencakup pendampingan dalam penggunaan berbagai platform marketplace berbasis internet untuk mendukung pemasaran produk. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendekatan kontekstual, dimulai dengan penyampaian materi teori yang dilanjutkan dengan lokakarya praktis, termasuk proses unggah produk oleh para pelaku UMKM secara langsung. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman mitra terkait strategi pemasaran melalui media sosial, kemampuan dalam membuat toko daring di marketplace, serta keterampilan untuk secara mandiri memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi produk mereka.
References
Y. Wangdra, Realize, and K. Sumanti, “Analisis Faktor-Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Kepuasan Serta Loyalitas Pelanggan Di Portal Belanja E-Commerce,” J. Manaj. dan Bisnis, vol. 4, no. 1, pp. 475–486, 2022.
V. Amalina and H. Riofita, “Pengaruh Strategi Pemasaran Live Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen,” J. Inov. Pendidik., vol. 6, no. 2, pp. 386–400, 2024, [Online]. Available: https://journalpedia.com/1/index.php/jip/index
P. Wulandari and H. Riofita, “Peran media sosial dalam meningkatkan brand awarness dan reputasi bisnis,” Esensi Pendidik. Inspiratif, vol. 6, no. 2, pp. 159–172, 2024, [Online]. Available: https://journalpedia.com/1/index.php/epi/index
T. P. Hasiholan, R. Pratami, and U. Wahid, “Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan Di Indonesia Untuk Mencegah Covid-19,” Communiverse J. Ilmu Komun., vol. 5, no. 2, pp. 70–80, 2020, doi: 10.36341/cmv.v5i2.1278.
L. Azizah, J. Gunawan, and P. Sinansari, “Pengaruh Pemasaran Media Sosial TikTok terhadap Kesadaran Merek dan Minat Beli Produk Kosmetik di Indonesia,” J. Tek. ITS, vol. 10, no. 2, 2021, doi: 10.12962/j23373539.v10i2.73923.
S. Simatupang, E. Efendi, and D. E. Putri, “Facebook Marketplace Serta Pengaruhnya Terhadap Minat Beli,” J. Ekbis, vol. 22, no. 1, p. 28, 2021, doi: 10.30736/je.v22i1.695.
S. Nolanda, D. Lestari, N. Alfi, F. Furau’ki, and Nurrahmawati, “Perilaku Self Disclosure Mahasiswa Kota Bandung Melalui Instagram Bandung Student’S Self Disclosure Behavior Through on Instagram,” J. Spektrum Komun., vol. 9, no. 1, pp. 66–77, 2021.
M. Angelia and K. G. Widagdyo, “Analisis Pemasaran Digital Pelaku UMKM Pada Kawasan Wisata Situ Gede Kota Bogor,” J. Bisnis Event, vol. 5, no. 17, pp. 22–29, 2024.
V. A. M. Kusuma, Z. A. Sahabuddin, and P. S. J. K. Hutasoit, “Strategi digital marketing pada usaha mikro dan menengah (UMKM) di masa Pandemi Covid-19 melalui pendekatan pemberdayaan ekonomi rakyat,” J. Cafe., vol. 3, no. 1, pp. 24–35, 2022.
I. M. C. Mandira and P. S. A. Jaya Kusuma, “Strategi Digitalisasi Ekonomi Kerakyatan,” Manag. Account. Expo., vol. 5, no. 1, pp. 11–22, 2022, doi: 10.36441/mae.v5i1.633.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 suherdi maulana, Fitri Meiyla Wulandari, Siti Nurfatimah, Maria Amelia, Sinta Elviani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.