EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI INDUKSI ELEKTROMAGNETIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.31851/luminous.v4i2.11732Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri berbasis real laboratorium pada materi induksi elektromagnetik dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas XII IPA SMAN 1 Batur. Data-data dikumpulkan melalui studi pustaka, penyebaran angket, dan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan berupa pre-Eksperimen One-Group Prestest-Postest Design yaitu model ekperimen dengan memberikan tes awal sebelum diberikan perlakuan dan memberikan tes akhir setelah diberi perlakuan. Instrumen yang digunakan berupa soal tes dan angket respon siswa. Teknik analisis soal tes berupa uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji hipotesis menggunakan uji t dan Uji Gain. Hasil analisis data uji-t pemahaman konsep menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel (5,5709 > 2,0452) sedangkan nilai N-gain sebesar 0,70213 yang menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman konsep sebelum dan setelah pembelajaran sangat tinggi. Respon peserta didik kelas XII IPA SMAN 1 Batur terhadap penerapan juga sangat baik. Hal ini didasarkan pada hasil persentase rata-rata respon peserta didik terhadap pembelajaran sebesar 86%. Kajian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri berbasis real laboratorium pada materi Induksi Elektromagnetik dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik kelas XII IPA SMAN 1 Batur.
References
Erwin, M. I., & Mangkurat, U. L. (2021). Proposal Skripsi Kuantitatif ( M . Ian erwin najamudin 1810111110011 ). April.
Ni, M., & Widodo, W. (2022). Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains. 10(2), 296–304.
Noviwati, Mursalin, & Odja, A. H. (2023). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Konsep Suhu dan Kalor. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1-6. doi:https://doi.org/10.31851/luminous.v4i1.9193
Pramesti, O. B., Astutik, S., Studi, P., & Fisika, P. (2020). ISSN ( online ): 2549-6158 ISSN ( print ): 2614-7467 ISSN ( online ): 2549-6158 ISSN ( print ): 2614-7467. 4(1), 21–30.
Putria, A. N., Serevina, V., & Budi, A. S. (2019). Lembar Kerja Elektronik Peserta Didik Dilengkapi Simulasi Phet Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Pada Siswa Sma. VIII, SNF2019-PE-135–142. https://doi.org/10.21009/03.snf2019.01.pe.17
Rohmantika, N., & Pratiwi, U. (2022). Pengaruh Metode Eksperimen Dengan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika. 1(1), 9–17. https://doi.org/10.26877/lpt.v1i1.10340
Subeki, R. S., Astriani, D., & Qosyim, A. (2022). Media Simulasi PhET Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Getaran dan Gelombang Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 10(1), 75–80. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/41459/37610
Sudiartha, I. N. (2022). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas XI P MIPA2 SMA negeri 1 Ubud semester ganjil tahun …. Indonesian Journal of Educational Development, 2, 571–579. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/ijed/article/view/1666
Supriyanto, A., Studi, P., Fisika, P., Tengah, J., & Wonosobo, D. I. (2020). Pengembangan Media Pembel Ajaran Powtoon.
Ulfah, Y. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Inkuiri dengan Media Simulasi Phet untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(2), 80.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.