PENGEMBANGAN MEDIA SCIENCE COMIC BERBANTUAN PIXTON TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI TEKANAN ZAT
DOI:
https://doi.org/10.31851/luminous.v4i2.11851Keywords:
science comic, pixton, pemahaman konsep, tekanan zatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari media science comic, mengetahui respon siswa dan guru, serta hasil pemahaman konsep siswa sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan media science comic. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah para siswa/i kelas VIII di SMP Negeri 1 Kuala. Subjek uji coba skala kecil sebanyak 6 siswa, sedangkan subjek uji coba skala besar sebanyak 20 siswa pada kelas VIII-I. Hasil validitas produk dari segi materi didapatkan nilai rata-rata sebesar 85% dan validitas dari segi media didapatkan nilai rata-rata sebesar 86,6%, artinya produk sangat layak digunakan. Hasil kepraktisan dari guru diperoleh persentase rata-rata sebesar 85% dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil respon siswa skala kecil dan besar diperoleh persentase berturut-turut 88,75% dan 81,75% dengan kategori sangat baik. Data hasil pemahaman konsep siswa dilakukan uji normalitas, uji T-test one sample dan uji N-Gain. Hasil rata-rata pada pretest dan posttest siswa berturut-turut adalah 29,5 dan 71,75. Pengembangan media science comic mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan memperoleh nilai N-Gain rata-rata sebesar 59% sedangkan hasil uji T-test menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan science comic.
References
Ananda, R. & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan (Teori dan Praktik dalam Pendidikan). 1st edn. Edited by S. Saleh. Medan: CV. Widya Puspita.
Abbas & Yusuf Hidayat, M. (2018) ‘Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Fisika Pada Peserta Didik Kelas IPA Sekolah Menengah Atas’, JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 6(1), pp. 45–49.
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Damopolii, I. (2018) ‘Menggunakan Komik Sains dalam Mengajarkan Konsep Sistem Pencernaan pada Manusia Insar’, Lectura: Jurnal Pendidikan, 9(1), pp. 35–42.
Dewi, Et Al. (2021). Book Chapter Pengembangan Buku Ajar Berorientasi Pada Pembelajaran Presprospec Berbantuan Tik. 1st Edn. Edited By Andriyanto. Jawa Tengah: Lakeisha.
Fatmi, N. & Hadiya, I. (2020) ‘Pengembangan Bahan Ajar Fisika Lingkungan Berbasis Keterampilan Generik Sains Berupa Modul dalam Bentuk Buku Saku ditinjau dari Minat Belajar Mahasiswa’, Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), pp. 35–41.
Hidayat, A. A. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas Reliabilitas. Surabaya: Health Books Publishing.
Mariana, M. A. & Praginda, W. (2009) Hakikat IPA dan Pendidikan IPA, PPPPTK IPA. Bandung: PPPPTK IPA.
Nugroho, G. A., Lisdiana & Tyas Agung Pribadi (2013). ‘Pengembangan Komik Sains Berbasis Kontekstual pada Pembelajaran Sistem Pernapasan’, Unnes Journal of Biology Education, 2(2), pp. 319–329.
Rayanto, Y. H., & Sugianti (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.
Sahlan (2020) Ilmu Kealaman Dasar. 4th edn, Journal of Chemical Information and Modeling. 4th edn. Edited by A. Kindi. Bandung: Mujahid Press.
Samudra, G. B., Suastra, I. W. & Suma, K. (2014) ‘Permasalahan-Permasalahan yang Dihadapi Siswa SMA di Kota Singaraja dalam Mempelajari Fisika’, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1), pp. 1–7.
Saputro, A. D. (2017) ‘Peran Media Pembelajaran Komik Sains dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Pendidikan Dasar’, Holistik, 2(1), pp. 69–80.
Setiyawan, R. T., Sutarto, & Subiki. (2021). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika dengan Metode Demonstrasi yang Dilengkapi Media Lingkungan pada Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 13 Jember. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.