PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PAPAN SELUNCUR (PANSLUR) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI HUKUM NEWTON UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA

Authors

  • Niken Ayu Ariani Yanti Universitas PGRI silampari
  • Ovilia PU Gumay Universitas PGRI Silampari
  • Ahmad Amin Universitas PGRI Silampari

DOI:

https://doi.org/10.31851/luminous.v4i2.11965

Keywords:

penelitian pengembangan, alat peraga,meningkatkan minat dan hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu media pembelajaran berupa alat peraga papan seluncur untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa pada materi hukum newton. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode research and development (R&D) dengan model ADDIE. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil validasi oleh ahli media sebesar 36 dengan kategori Sangat Baik dan ahli materi sebesar 33 dengan kategori Sangat Baik. Keefektifan alat peraga papan seluncur sebagai media pembelajaran fisika dapat diketahui dari tumbuhnya minat belajar siswa dengan hasil 85,17% dengan kategori Sangat Tinggi. Serta peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat rata-rata N-Gain (0,7039). Maka dapat disimpulkan alat peraga papan seluncur sebagai media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini dapat digunakan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar fisika

References

Angkowo, R., & Kosasih, A. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grasindo.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Ledermann, Norman. (2007). Nature of Science: past, present and future Dalam Handbook of Research On Science Eduction. hal. 831-879

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. 8(1), 19-35. DOI: 10.21831/jep.v8i1.706.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuanlitatif dan R&D (10th ed.). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiana, I. N., Harjono, A., Sahidu, H., & Gunawan. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 61-65.

Shiha, S.N. & Prabowo, P. (2014). Pengembangan Alat Peraga Percepatan Benda untuk Menunjang Pembelajaran pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 3(2), 180-184.

Sundayana, R. (2014). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Triyanto, (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.

Widoyoko, E. P. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

31-07-2023

How to Cite

Yanti, N. A. A., Ovilia PU Gumay, & Amin , A. (2023). PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PAPAN SELUNCUR (PANSLUR) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI HUKUM NEWTON UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 56–61. https://doi.org/10.31851/luminous.v4i2.11965

Issue

Section

Articles