PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PAPAN SELUNCUR (PANSLUR) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI HUKUM NEWTON UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA
DOI:
https://doi.org/10.31851/luminous.v4i2.11965Keywords:
penelitian pengembangan, alat peraga,meningkatkan minat dan hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu media pembelajaran berupa alat peraga papan seluncur untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa pada materi hukum newton. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode research and development (R&D) dengan model ADDIE. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil validasi oleh ahli media sebesar 36 dengan kategori Sangat Baik dan ahli materi sebesar 33 dengan kategori Sangat Baik. Keefektifan alat peraga papan seluncur sebagai media pembelajaran fisika dapat diketahui dari tumbuhnya minat belajar siswa dengan hasil 85,17% dengan kategori Sangat Tinggi. Serta peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat rata-rata N-Gain (0,7039). Maka dapat disimpulkan alat peraga papan seluncur sebagai media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini dapat digunakan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar fisika
References
Angkowo, R., & Kosasih, A. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grasindo.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Ledermann, Norman. (2007). Nature of Science: past, present and future Dalam Handbook of Research On Science Eduction. hal. 831-879
Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. 8(1), 19-35. DOI: 10.21831/jep.v8i1.706.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuanlitatif dan R&D (10th ed.). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiana, I. N., Harjono, A., Sahidu, H., & Gunawan. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 61-65.
Shiha, S.N. & Prabowo, P. (2014). Pengembangan Alat Peraga Percepatan Benda untuk Menunjang Pembelajaran pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 3(2), 180-184.
Sundayana, R. (2014). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Triyanto, (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.
Widoyoko, E. P. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.