ANALISIS KESULITAN BESERTA TINJAUAN TINGKAT MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN FISIKA PADA PESERTA DIDIK SMA
Keywords:
kesulitan belajar, motivasi belajar, fisikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar serta tingkat motivasi belajar mata pelajaran fisika pada peserta didik SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bantul dan SMA Negeri 2 Bantul. Sampel penelitian sebanyak 91 peserta didik Kelas XI MIPA. Pengumpulan data menggunakan teknik angket yang dibagikan melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan untuk angket kesulitan belajar dan motivasi belajar adalah deskriptif kuantitaif. Hasil penelitian menunjukkan (1) analisis kesulitan belajar Fisika memperoleh rata-rata persentase 69,54% dalam kategori tinggi; (2) tinjauan tingkat motivasi belajar Fisika memperoleh rata-rata persentase 67,73% pada kategori sedang. Dari hasil analisis dan tinjauan diperoleh bahwa tingkat kesulitan belajar Fisika pada peserta didik di SMA Negeri 1 Bantul dan SMA Negeri 2 Bantul masih tergolong tinggi. Kemudian tinjauan tingkat motivasi belajar Fisika SMA Negeri 1 Bantul dan SMA Negeri 2 Bantul masih tergolong sedang.
References
Abbas, A., & Hidayat, M. Y. (2018). Faktor-faktor kesulitan belajar fisika pada peserta didik kelas IPA sekolah menengah atas. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 6(1), 45–50.
Ady, W. N., & Warliani, R. (2022). Analisis kesulitan belajar siswa sma terhadap mata pelajaran fisika pada materi gerak lurus beraturan. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 2(1), 104–108.
Anggraeni, N. E. (2019). Strategi pembelajaran dengan model pendekatan pada peserta didik agar tercapainya tujuan pendidikan di era globalisasi. ScienceEdu, 2(1), 72–79.
Aspian, A. (2018). Menumbuhkan Motivasi Belajar dalam Rangka Perbaikan Hasil Belajar Peserta Didik. Shautut Tarbiyah, 24(1), 1–18.
Ginanjar, E. G., Darmawan, B., & Sriyono, S. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya partisipasi belajar peserta didik smk. Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin), 6(2), 206–219.
Gupita, N. A. A., & Minsih, S. A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di SD Negeri Joglo No. 76 Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Haqiqi, A. K. (2018). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar IPA siswa SMP Kota Semarang. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 6(1), 37–43.
Hendrayana, A. S. (2014). Motivasi belajar, kemandirian belajar dan prestasi belajar mahasiswa beasiswa bidikmisi di upbjj ut bandung. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 15(2), 81–87.
Maulidya, N. S., & Nugraheni, E. A. (2021). Analisis hasil belajar matematika peserta didik ditinjau dari self confidence. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2584–2593.
Mulyadi, M. (2011). Penelitian kuantitatif dan kualitatif serta pemikiran dasar menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128–137.
Novidawati, W. (2019). E-modul fisika SMA kelas X: hakikat fisika.
Purwanto, N. (2010). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahmat, P. S. (2018). Perkembangan peserta didik. Bumi Aksara.
Sari, N., Sunarno, W., & Sarwanto, S. (2018). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 17. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.591
Shidik, M. A. (2020). Hubungan antara motivasi belajar dengan pemahaman konsep fisika peserta didik MAN Baraka. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 91–98.
Wahyudi, A. (2024). Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Unisan Jurnal, 3(3), 345–353
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.