ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERUPA PESERTA DIDIK SMA
DOI:
https://doi.org/10.31851/luminous.v4i2.11982Keywords:
lembar kerja peserta didik, fisika, media pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengemukakan media pembelajaran yang perlu dikembangkan dalam proses
pembelajaran fisika dan mendeskripsikan analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran fisika untuk
peserta didik SMA. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data
adalah penyebaran angket melalui Google form kepada peserta didik kelas XI. Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa media pembelajaran fisika yang perlu
dikembangkan yaitu ringkasan materi, modul praktikum bergambar, dan LKS/LKPD. Selain itu, media pembelajaran
yang perlu dikembangkan berbentuk elektronik dan salah satu materinya adalah gerak parabola.
References
Abdillah, M. S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Simulasi Game Pada Pokok Bahasan Gerak Parabola Untuk Mendukung Ketuntasan Hasil Belajar Siswa. Inovasi Pendidikan Fisika, 5(2).
Andani, T., Mawaddah, I. Z., & Yuliani, H. (2020). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran komik berbasis web pada pokok bahasan efek doppler di SMA. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF) (Vol. 4, pp. 26-32).
Anesia, R., Anggoro, B. S., & Gunawan, I. (2018). Pengembangan media komik berbasis android pada pokok bahasan gerak lurus. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(2), 149-153.
Aslamiyah, L., Masturi, M., & Nugroho, S. E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Fisika Berbasis Integrasi-Interkoneksi Nilai-Nilai Alquran [Development of Physics Comics Learning Media Based on Integration-Interconnection of Quranic Values]. UPEJ Unnes Phys. Educ. J, 6(3), 44-52.
Dewi, M. A. R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Fisika Berbasis Cartoon Story Maker Pada Materi Kalor Untuk Tingkat SMP/MTs Kelas VII (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Joenaidy, A. M. (2019). Konsep dan Strategi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Laksana, 144-148.
Nesti, E. W., Medriati, R., & Purwanto, A. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Aplikasi Lectora Inspire. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 379-385.
Putri, S. E., & Suwarna, I. P. (2020). The Experimental Study of Kinesthetic Style Student Learning Outcomes in Remedial Teaching Assisted by Projectile Motion Props. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 6(1), 25-36.
Rahmah, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Penegtahuan Konseptual Siswa Di Sma Swasta Eria Medan TP 2018/2019 (Doctoral dissertation, UNIMED).
Simarmata J., Sari D. C., Purba D. W., Mufarizuddin, dan Hasibuan, M. S. (2019). Inovasi Pendid ikan Lewat Transformasi Digital. Yogyakarta: Yayasan Kita Menulis.
Sutiah (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sidoarjo: Nirzami Learning Center.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.