ANALISIS KECERDASAN BUATAN CHATGPT DALAM PENYELESAIAN SOAL FISIKA BERGAMBAR PADA MATERI RESISTOR

Authors

  • Didik Nurhuda Universitas Indraprasta PGRI
  • Siti Ayu Kumala Universitas Indraprasta PGRI
  • Fita Widiyatun Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31851/luminous.v4i2.12232

Keywords:

ChatGPT, soal fisika, bergambar, resistor

Abstract

Penggunaan teknologi merupakan hal yang tidak dapat dihindarkan saat ini, termasuk juga dalam bidang Pendidikan. Salah satu teknologi yang banyak digunakan siswa saat ini adalah kecerdasan buatan ChatGPT untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dan tugas dari guru. Sebagaimana bentuk kecerdasan buatan yang tetap memiliki kelemahan, ChatGPT juga masih memilki kelemahan yaitu model Bahasa yang terbatas, sehingga hasil yang dikerjakan oleh Chat GPT harus ditinjau ulang kembali. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan ChatGPT dalam menyelesaikan persoalan fisika bergambar. Metode dalam penelitian ini adalah menggabungkan antara studi literatur dan eksperimen dengan mencoba berbagai ragam soal fisika bergambar untuk dikerjakan oleh ChatGPT kemudian dianalisis kebenaran dan tingkat penjelasan yang diberikan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ChatGPT dapat menjawab soal rangkaian resistor dengan gambar yaitu dengan memasukkan deskripsi gambar dengan baik pada prompt. Walaupun deskripsi gambar sudah baik akan tetapi belum tentu mendapatkan jawaban yang benar. Diharapkan dengan adanya hasil penelitian ini, pengguna ChatGPT dapat lebih detail dalam meninjau kembali hasil yang didapatkan. Guru juga diharapkan dapat menilai dengan jelas siswa yang mengerjakan tugas menggunakan ChatGPT dan yang benar mengerjakan secara mandiri

References

Ahmad, A. (2017). Mengenal Artificial Intelligence, Machine Learning, Neural Network, dan Deep Learning. Jurnal Teknologi Indonesia. www.teknoindonesia.com

Almaududi Ausat, A. M., Massang, B., Efendi, M., Nofirman, & Riady, Y. (2023). Can Chat GPT Replace the Role of the Teacher in the Classroom: A Fundamental Analysis. Jurnal on Education, 05(04), 16100–16106.

Amelia Irwan, A., & Lubis, P. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Software Tracker Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Luminous, 3(1). https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/luminous

Amrizal, V., & Aini, Q. (2013). naskah kecerdasan buatan (Q. Aini, Ed.). Halaman Moeka Publishing.

Chen, L., Chen, P., & Lin, Z. (2020). Artificial Intelligence in Education: A Review. IEEE Access, 8, 75264–75278. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.2988510

Dos Santos, R. P. (2023). Enhancing Physics Learning with ChatGPT, Bing Chat, and Bard as Agents-to-Think-With: A Comparative Case Study. ArXiv Preprint ArXiv.

Küchemann, S., Steinert, S., Revenga, N., Schweinberger, M., Dinc, Y., Avila, K. E., & Kuhn, J. (2023). Physics task development of prospective physics teachers using ChatGPT. RXiv Preprint ArXiv. http://arxiv.org/abs/2304.10014

Liu, Y., Han, T., Ma, S., Zhang, J., Yang, Y., Tian, J., He, H., Li, A., He, M., Liu, Z., Wu, Z., Zhu, D., Li, X., Qiang, N., Shen, D., Liu, T., & Ge, B. (2023). Summary of ChatGPT/GPT-4 Research and Perspective Towards the Future of Large Language Models. RXiv Preprint ArXiv:2304.01852. http://arxiv.org/abs/2304.01852

Manik, E., Marbun, Y., Br Simanjuntak, R. A., & Simamarta, R. J. (2023). Video Youtube dalam Proses Pembelajaran dengan chatGPT. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2). https://chat.openai.com/chat

Misnawati. (2023). ChatGPT: Keuntungan, Risiko, Dan Penggunaan Bijak Dalam Era Kecerdasan Buatan. 54–67.

Pakpahan, R. (2021). Analisa Pengaruh Implementasi Artificial Intelligence Dalam Kehidupan Manusia. Journal of Information System, Informatics and Computing Issue Period, 5(2), 506–513. https://doi.org/10.52362/jisicom.v5i2.616

Rachbini, W., Evi, T., & Suyanto. (2023). Pengenalan ChatGPT Tips dan Trik bagi Pemula. CV AA Rizky.

Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. Jurnal PETISI, 04(01). https://chat.openai.com.

Sujarwanto, E., & Hidayat, A. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Pada Modeling Instruction Pada Siswa Sma Kelas Xi. In JPII (Vol. 3, Issue 1). http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii

West, C. G. (2023a). Advances in apparent conceptual physics reasoning in GPT-4. RXiv Preprint ArXiv:2304.01852. http://arxiv.org/abs/2303.17012

West, C. G. (2023b). AI and the FCI: Can ChatGPT Project an Understanding of Introductory Physics? RXiv Preprint ArXiv. http://arxiv.org/abs/2303.01067

Wulandari, A., Sulistyowati, R., & Hakim, L. (2022). Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Google Sites Pada Materi Usaha Dan Energi Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Luminous, 3(2). https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/luminous

Downloads

Published

31-07-2023

How to Cite

Nurhuda, D., Kumala, S. A., & Widiyatun, F. (2023). ANALISIS KECERDASAN BUATAN CHATGPT DALAM PENYELESAIAN SOAL FISIKA BERGAMBAR PADA MATERI RESISTOR. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 62–70. https://doi.org/10.31851/luminous.v4i2.12232

Issue

Section

Articles