ANALISIS KECERDASAN BUATAN CHATGPT DALAM PENYELESAIAN SOAL FISIKA BERGAMBAR PADA MATERI RESISTOR
DOI:
https://doi.org/10.31851/luminous.v4i2.12232Keywords:
ChatGPT, soal fisika, bergambar, resistorAbstract
Penggunaan teknologi merupakan hal yang tidak dapat dihindarkan saat ini, termasuk juga dalam bidang Pendidikan. Salah satu teknologi yang banyak digunakan siswa saat ini adalah kecerdasan buatan ChatGPT untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dan tugas dari guru. Sebagaimana bentuk kecerdasan buatan yang tetap memiliki kelemahan, ChatGPT juga masih memilki kelemahan yaitu model Bahasa yang terbatas, sehingga hasil yang dikerjakan oleh Chat GPT harus ditinjau ulang kembali. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan ChatGPT dalam menyelesaikan persoalan fisika bergambar. Metode dalam penelitian ini adalah menggabungkan antara studi literatur dan eksperimen dengan mencoba berbagai ragam soal fisika bergambar untuk dikerjakan oleh ChatGPT kemudian dianalisis kebenaran dan tingkat penjelasan yang diberikan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ChatGPT dapat menjawab soal rangkaian resistor dengan gambar yaitu dengan memasukkan deskripsi gambar dengan baik pada prompt. Walaupun deskripsi gambar sudah baik akan tetapi belum tentu mendapatkan jawaban yang benar. Diharapkan dengan adanya hasil penelitian ini, pengguna ChatGPT dapat lebih detail dalam meninjau kembali hasil yang didapatkan. Guru juga diharapkan dapat menilai dengan jelas siswa yang mengerjakan tugas menggunakan ChatGPT dan yang benar mengerjakan secara mandiri
References
Ahmad, A. (2017). Mengenal Artificial Intelligence, Machine Learning, Neural Network, dan Deep Learning. Jurnal Teknologi Indonesia. www.teknoindonesia.com
Almaududi Ausat, A. M., Massang, B., Efendi, M., Nofirman, & Riady, Y. (2023). Can Chat GPT Replace the Role of the Teacher in the Classroom: A Fundamental Analysis. Jurnal on Education, 05(04), 16100–16106.
Amelia Irwan, A., & Lubis, P. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Software Tracker Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Luminous, 3(1). https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/luminous
Amrizal, V., & Aini, Q. (2013). naskah kecerdasan buatan (Q. Aini, Ed.). Halaman Moeka Publishing.
Chen, L., Chen, P., & Lin, Z. (2020). Artificial Intelligence in Education: A Review. IEEE Access, 8, 75264–75278. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.2988510
Dos Santos, R. P. (2023). Enhancing Physics Learning with ChatGPT, Bing Chat, and Bard as Agents-to-Think-With: A Comparative Case Study. ArXiv Preprint ArXiv.
Küchemann, S., Steinert, S., Revenga, N., Schweinberger, M., Dinc, Y., Avila, K. E., & Kuhn, J. (2023). Physics task development of prospective physics teachers using ChatGPT. RXiv Preprint ArXiv. http://arxiv.org/abs/2304.10014
Liu, Y., Han, T., Ma, S., Zhang, J., Yang, Y., Tian, J., He, H., Li, A., He, M., Liu, Z., Wu, Z., Zhu, D., Li, X., Qiang, N., Shen, D., Liu, T., & Ge, B. (2023). Summary of ChatGPT/GPT-4 Research and Perspective Towards the Future of Large Language Models. RXiv Preprint ArXiv:2304.01852. http://arxiv.org/abs/2304.01852
Manik, E., Marbun, Y., Br Simanjuntak, R. A., & Simamarta, R. J. (2023). Video Youtube dalam Proses Pembelajaran dengan chatGPT. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2). https://chat.openai.com/chat
Misnawati. (2023). ChatGPT: Keuntungan, Risiko, Dan Penggunaan Bijak Dalam Era Kecerdasan Buatan. 54–67.
Pakpahan, R. (2021). Analisa Pengaruh Implementasi Artificial Intelligence Dalam Kehidupan Manusia. Journal of Information System, Informatics and Computing Issue Period, 5(2), 506–513. https://doi.org/10.52362/jisicom.v5i2.616
Rachbini, W., Evi, T., & Suyanto. (2023). Pengenalan ChatGPT Tips dan Trik bagi Pemula. CV AA Rizky.
Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. Jurnal PETISI, 04(01). https://chat.openai.com.
Sujarwanto, E., & Hidayat, A. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Pada Modeling Instruction Pada Siswa Sma Kelas Xi. In JPII (Vol. 3, Issue 1). http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii
West, C. G. (2023a). Advances in apparent conceptual physics reasoning in GPT-4. RXiv Preprint ArXiv:2304.01852. http://arxiv.org/abs/2303.17012
West, C. G. (2023b). AI and the FCI: Can ChatGPT Project an Understanding of Introductory Physics? RXiv Preprint ArXiv. http://arxiv.org/abs/2303.01067
Wulandari, A., Sulistyowati, R., & Hakim, L. (2022). Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Google Sites Pada Materi Usaha Dan Energi Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Luminous, 3(2). https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/luminous
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.