PENGEMBANGAN ALAT PERAGA RING ELECTROMAGNETIC ACCELERATOR PADA PERKULIAHAN LISTRIK MAGNET MATERI MEDAN MADNET BERARUS
DOI:
https://doi.org/10.31851/luminous.v5i1.13130Abstract
Penelitian ini dilakukan mengembangkan alat peraga Ring Electromagnetic Accelerator pada materi medan magnet berarus, untuk mengetahui respon dari Mahasiswa/i dalam menggunakan alat peraga dan untuk mengetahui kelayakan alat peraga dalam perkuliahan yang memenuhi konsep Medan magnet berarus. Penelitian ini dilakukan di tiga universitas, seperti Universitas Indraprasta PGRI, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development dengan model pengembangan Akker. Pada tahap Preliminary research dilakukan studi Pustaka dan analisis kebutuhan untuk menjadi landasan dari penelitian ini. Pada tahap Prototyping stage, dimulai dengan pembuatan storyboard alat peraga, mendesain alat peraga menggunakan AutoCAD, mendesain modul, hingga rancangan untuk alat peraga. Pada tahap ini terdapat pembuatan instrumen validasi untuk tim ahli serta diujikannya produk kepada tim ahli. Selanjutnya, pada tahap Assessment Phase dilakukan uji lapangan dengan skala kecil 16 Mahasiswa/i dan skala besar 40 Mahasiswa/i. Data yang diperoleh dari analisis kebutuhan, uji validasi tim ahli menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik delphi untuk menganalisa. Sedangkan data yang diperoleh dari uji lapangan dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Nilai rekapitulasi yang diperoleh oleh dari ahli media sebesar 89.5% (sangat baik), ahli materi sebesar 91% (sangat baik), uji skala kecil 81% (baik), dan uji skala besar 85.67% (sangat baik). Sehingga dapat disimpulkan bahwa alat peraga Ring Electromagnetic Accelerator pada materi medan magnet berarus layak digunakan dalam proses perkuliahan.
References
Abdul Kudus, I., Wibowo, K., Sidik Permana Pusat Sains dan Teknologi Akselerator, F., & Babarsari Kotak Pos, J. (2017). Perbandingan Hasil Konstruksi Terhadap Hasil Simulasi Dari Isokronus Magnet Siklotron DECY-13. Jurnal Iptek Nuklir Ganendra, 20, 83–90. http://ganendra.batan.go.id
Al-Aryachiyah, C. J., & Handayani, N. (2021). Review: Literature Study of Particle Accelerator Development and Its Applications In Material Physics Research. PROC. INTERNAT. CONF. SCI. ENGIN, 4.
Ary, D., Jacobs, L. C., & Sorensen, C. (2010). Introduction to Research in Education (Vol. 8).
Fitri, U. R., Desnita, D., & Raihanati, R. (2015). Pengembangan Alat Peraga Momentum dengan Sistem Sensor. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 01(2), 75–80. https://doi.org/10.21009/1.01212
Fuada, S. (2015). Pengujian Validitas Alat Peraga Pembangkit Sinyal (Oscillator) Untuk Pembelajaran Workshop Instrumentasi Industri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, (December), 854–86.
Hartini, S., Dewantara, D., & Mahtari, S. (2018). Pengembangan Alat Peraga Fisika Energi Melalui Perkuliahan Berbasis Project Based Learning. Vidya Karya, 33(1), 42. https://doi.org/10.20527/jvk.v33i1.5393
Kementerian PPN. (2019). Indonesia 2045 Berdaulat, Maju, Adil, dan Makmur.
Martin, Hartini, T. I., & Ermawati, I. R. (2022). Pengujian Validasi Alat Peraga Instalasi Listrik 1 Phase dalam Perkuliahan Fisika Dasar 2. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 6(2), 107–112. https://doi.org/10.30599/jipfri.v6i2.1667
Riyana, C. (2019). Media Pembelajaran. Media Pembelajaran, 5. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=ku0_DwAAQBAJ&printsec=frontcover&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false
Sandjaja, D. P., Roza, L., Hidayat, M. N., Rosyid, F. A., & Makdiani, N. (2020). The Development of Viscosity Practice Tools Based on Information and Communication Technology Using Arduino and Android on Static Fluid Material for Grade XI Senior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1491(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1491/1/012042
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.