Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Konsep Dinamika Gerak Di SMA Negeri 2 Gorontalo
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi (pada minat belajar siswa) dengan model problem based learning terhadap hasil belajar konsep fisika pada materi dinamika gerak. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain one gruop pretest-posttes design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA 2 Kota Gorontalo dengan sampel penelitian adalah kelas XI 1 dan kelas XI 2 dengan teknik simple random sampling . Hasil uji hipotesis kelas eksperimen dan kontrol dimana t hitung > t tabel. Hasil rata-rata yang diperoleh pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 89,65 dan 78,55. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pada hasil belajar siswa dengan model problem based learning.
References
Ahmad, A. F. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Fisika Melalui Problem Based Learning (PBL) dengan Aplikasi Tracker. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(01), 114–122.
Fauziah, Y., Mahadi, I., & Alhuda, M. (2018). Analisis Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Melalui Penggunaan Teknik Icebreaker Pada Pembelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 215–220.
Lestiawan, F., & Johan, A. B. (2018). Penerapan metode pembelajaran example nonexample untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar dasar-dasar pemesinan. Jurnal Taman Vokasi, 6(1), 98–106.
Nasution, R. H., Sibuea, A. M., & Mursid, R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Optik Geometri Berbasis Inkuiri untuk Mahasiswa Pendidikan Fisika. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 5(1), 52–63. https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i1.12522
Novalia & Syazali, M. (2013). Olah Data Penelitian Pendidikan. Aura Publishing, Lampung.
Setiyowati, P., & Panggayuh, V. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan video scribe sparkol terhadap hasil belajar SMK Perwari Tulungagung kelas X tahun ajaran 2017/2018. JOEICT (Jurnal of Education and Information Communication Technology), 3(1), 12–21.
Sudjana. (2013). Metode Statistika. PT Tarsito.
Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil belajar proses belajar mengajar. In Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tyas, R. (2017). Kesulitan penerapan problem based learning dalam pembelajaran matematika. Jurnal Tecnoscienza, 2(1), 43–52.
Verdiana, V., Munawaroh, H., & Fatiatun, F. (2024). Analisis Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Pada Penerapan Model Pembelajaran PBL Menggunakan Soal Hots. Biochephy: Journal of Science Education, 4(1), 70–74.
Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas pembelajaran statistika pendidikan menggunakan uji peningkatan n-gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.