Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Konsep Dinamika Gerak Di SMA Negeri 2 Gorontalo

Authors

  • Atma Husain Universitas Negeri Gorontalo
  • Abdul Haris Odja Universitas Negeri Gorontalo
  • Trisnawaty Junus Buhungo Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi (pada minat belajar siswa) dengan model problem based learning terhadap hasil belajar konsep fisika pada materi dinamika gerak. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain one gruop pretest-posttes design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA 2 Kota Gorontalo dengan sampel penelitian adalah kelas XI 1 dan kelas XI 2 dengan teknik simple random sampling . Hasil uji hipotesis kelas eksperimen dan kontrol dimana t hitung > t tabel. Hasil rata-rata yang diperoleh pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 89,65 dan 78,55. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pada hasil belajar siswa  dengan model problem based learning.

References

Ahmad, A. F. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Fisika Melalui Problem Based Learning (PBL) dengan Aplikasi Tracker. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(01), 114–122.

Fauziah, Y., Mahadi, I., & Alhuda, M. (2018). Analisis Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Melalui Penggunaan Teknik Icebreaker Pada Pembelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 215–220.

Lestiawan, F., & Johan, A. B. (2018). Penerapan metode pembelajaran example nonexample untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar dasar-dasar pemesinan. Jurnal Taman Vokasi, 6(1), 98–106.

Nasution, R. H., Sibuea, A. M., & Mursid, R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Optik Geometri Berbasis Inkuiri untuk Mahasiswa Pendidikan Fisika. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 5(1), 52–63. https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i1.12522

Novalia & Syazali, M. (2013). Olah Data Penelitian Pendidikan. Aura Publishing, Lampung.

Setiyowati, P., & Panggayuh, V. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan video scribe sparkol terhadap hasil belajar SMK Perwari Tulungagung kelas X tahun ajaran 2017/2018. JOEICT (Jurnal of Education and Information Communication Technology), 3(1), 12–21.

Sudjana. (2013). Metode Statistika. PT Tarsito.

Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil belajar proses belajar mengajar. In Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tyas, R. (2017). Kesulitan penerapan problem based learning dalam pembelajaran matematika. Jurnal Tecnoscienza, 2(1), 43–52.

Verdiana, V., Munawaroh, H., & Fatiatun, F. (2024). Analisis Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Pada Penerapan Model Pembelajaran PBL Menggunakan Soal Hots. Biochephy: Journal of Science Education, 4(1), 70–74.

Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas pembelajaran statistika pendidikan menggunakan uji peningkatan n-gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045.

Downloads

Published

31-01-2024

How to Cite

Husain, A., Odja, A. H., & Buhungo, T. J. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Konsep Dinamika Gerak Di SMA Negeri 2 Gorontalo. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 01–071. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/luminous/article/view/14312